Bukan Hanya Prosesor Saja, Memory New Nintendo 3DS Juga Ikut Terdongkrak

N3DS-9

Nintendo mengatakan jika New Nintendo 3DS yang mereka umumkan kemarin memiliki prosesor yang lebih kuat. Seperti biasanya, Nintendo memang terlalu malu menyebutkan seberapa cepat prosesor N3DS mereka kali ini, apalagi dibandingkan 3DS lawas. Namun ada rumor yang berkembang jika N3DS mengusung jatah memory RAM 2X lebih besar dari 3DS, serta bahkan VRAM-nya juga berlipat ganda.

Para coder yang menggali informasi mengarah pada N3DS melalui update firmware baru Nintendo 3DS tidak sengaja menemukan beberapa informasi baru mengenai N3DS. Coder tersebut mengklaim jika Nintendo menambah FCRAM dari 128MB menjadi 256MB dan juga menambahkan 4MB VRAM. Untuk yang satu ini memang perlu klaim resmi dari Nintendo. Sedangkan sejauh ini mereka hanya menyebutkan prosesornya saja yang lebih cepat. Namun logikanya, memperbesar memory saja sebenarnya sudah cukup mempercepat sistem, bukan!?

N3DS-11

Menurut sumber kami, N3DS menarik berkat judul game yang spesifik dikembangkan untuknya. Dan di dalam software akan ada kunci enkripsi untuk mencegah game yang eksklusif untuknya bisa dimainkan oleh 3DS lawas. Selain itu mereka juga menyebutkan beberapa perubahan yang dibenamkan Nintendo di sisi hardware, seperti prosesor yang lebih cepat, teknologi layar 3D yang lebih baik, slot microSD, dukungan NFC, ada dua circle-pad, tombol baru ZR dan ZL, dan yang tidak muncul selama Nintendo Direct kemarin adalah, berdasarkan data update firmware 8.0.0-18 yang mulai mengudara awal juli 2014 lalu (lihat melalui tautan ini detil perubahannya), FCRAM yang bertambah dari 128MB menjadi 256MB, serta menambahkan VRAM lainnya sebesar 4MB.

Nintendo-3DS-Spec

Untuk 3DS lawas, Nintendo memberikan 128MB RAM dan 6MB dedicated VRAM, dan dengan penambahan ini, jelas akan memberi dorongan kinerja yang cukup besar di sisi hardware, selain peningkatan CPU yang mereka lakukan diperkirakan CPU meningkat 50-100%. Berapa perkiraan kecepatan prosesor N3DS saat ini? Bisa kalian lihat tabel di atas adalah konfigurasi hardware 3DS. Prosesor utamanya kecepatannya dual-core 268 MHz. Jika meningkat 50-100%, maka seharusnya kita mendapatkan kecepatan prosesor utama N3DS saat ini berada di sekitar dual-core 500 MHz. Jika peningkatan itu juga berlaku untuk prosesor sekundernya yang kecepatannya single-core 134 MHz di 3DS, maka seharusnya kini juga bertambah menjadi sekitar 250 Mhz.

Bandingkan dengan rivalnya, PS Vita, yang di atas kertas mengusung prosesor Cortex-A9 quad-core yang kecepatannya bisa mencapai 2 GHz. N3DS ini pun tetap tidak sebanding dengan PS Vita di sisi kekuatan prosesornya.

Sepertinya kita perlu menunggu sampai menggenggam N3DS itu sendiri dan membandingkannya dengan 3DS lawas untuk melihat perbedaannya. Semoga saja Nintendo memberi banyak N3DS selama TGS 2014 nanti untuk dicoba.

Sumber: 3dbrew dan NeoGAF


SHARE
Previous articleNew Nintendo 3DS FAQ. Ada Petunjuk Update Fitur Baru 3DS Lawas
Next articleBapak Gundam Ternyata Sudah Tidak Percaya Padamu Lagi
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.