Developer PES Sebut Gameplay FIFA Seperti Ping Pong!

duniaku-pes2015-2
PES 2015

Di ranah game sepak bola, tidak ada game sepak bola lain yang sanggup menyamai atau hanya sekedar menggangu persaingan antara Pro Evolution Soccer (PES) dan FIFA. Setiap tahun, dua judul ini selalu bertarung sengit untuk mendapatkan perhatian para penggemar game sepak bola. Tak terkecuali dengan tahun ini, dimana baik PES Productions selaku pengembang PES maupun EA Sports selaku pengembang FIFA sudah menyiapkan andalan masing-masing: PES 2015 dan FIFA 15.

Namun pernyataan dari beberapa punggawa PES Productions ini sepertinya akan semakin “memanaskan” persaingan antara dua judul ini. Entah terlalu percaya diri dengan PES 2015 atau sekedar melakukan psy war kepada FIFA 15, Adam Bhatti yang merupakan PES European Brand Manager dan Klaus Garner yang merupakan Assistant Producer secara bergantian mengkritik game besutan EA Sports tersebut.

Adam Bhatti mengungkapkan, bahwa PES 2015 akan lebih realistis, serta memiliki elemen shooting dan kiper yang lebih baik. Pendapat Bhatti ini pun langsung ditimpali oleh Klaus Garner, bahkan secara terang-terangan menyebutkan bahwa gameplay FIFA seperti permainan ping pong! “Kami memiliki sebuah game yang membuatmu bisa memainkan sepak bola yang nyata; kamu bisa memainkan serangan balik, mengandalkan ball possession, dan umpan-umpan panjang,” ungkap Klaus. “Yang mana tidak bisa kamu lakukan di judul lain, yang lebih mirip dengan ping pong,” kritiknya.

FIFA 15
FIFA 15

FIFA seluruhnya tentang mencetak gol,” tambah Bhatti. “EA Canada (developer FIFA 15) hanya mendesain game untuk memenuhi keinginan kebanyakan orang yang hanya ingin mencetak gol di setiap waktu,” ungkapnya lebih lanjut. Entah bagaimana reaksi para developer FIFA saat mendengar pernyataan ini, karena sampai saat artikel ini ditulis, belum ada reaksi apapun dari EA. Mungkin mereka menganut pepatah “Anjing menggonggong, kafilah tetap berlalu” mengingat jadwal perilisan FIFA 15 sudah semakin dekat. Daripada meladeni kritik-kritik ini, tentunya EA lebih memilih untuk memanfaatkan hari-hari tersisa untuk memoles FIFA 15 dan membuktikan bahwa pernyataan PES Productions tersebut salah.

PES Productions sendiri sudah beberapa kali menyebutkan bahwa mereka sangat percaya diri dengan PES 2015. Bahwa game ini dirilis lebih lambat dibandingkan FIFA 15, hal tersebut tidak sedikitpun menyurutkan rasa percaya diri mereka dengan judul ini. Konami sendiri ingin PES 2015 lebih menyerupai pertandingan sepak bola nyata, namun dengan tidak meninggalkan ciri khas gameplay yang menyenangkan ala PES 2015.

FIFA 15 sendiri menurut rencana akan dirilis pada 23 September 2014. Sedangkan PES 2015 akan dirilis sekitar dua bulan lebih lambat, 13 November 2014. Baik FIFA 15 dan PES 2015 akan hadir untuk PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One dan PC.

[Sumber: VG247/NowGamer]


SHARE
Previous articleFilm Kompilasi Attack On Titan Tampil Dengan Tambahan Cerita Tiada Duanya!
Next articleIde Kencan Hemat ala Gamer Cerdas
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.