New Nintendo 3DS FAQ. Ada Petunjuk Update Fitur Baru 3DS Lawas

N3DS-3

Setelah Nintendo mengkonfirmasikan New Nintendo 3DS, banyak pertanyaan yang mungkin belum terjawab dari semua presentasi Nintendo Direct. Memang bisa menunggu sampai TGS 2014 berlangsung, namun jika kalian sudah penasaran seperti apa handheld baru Nintendo ini, mereka memberikan FAQ yang di website resminya. Dan berikut beberapa poin pentingnya:

Q: Aplikasi apa saja yang sudah ter-install di dalamnya dari awal?

A: Berikut aplikasi yang sudah termasuk di dalam sistemnya.

  • Health & Safety Information
  • Nintendo 3DS Camera
  • Nintendo 3DS Sound
  • Mii Maker
  • StreetPass Mii Plaza
  • Nintendo eShop
  • AR Games
  • Face Raiders
  • Activity Log
  • Nintendo Zone
  • Download Play
  • System Settings 

Q: Apakah ada perubahan dari aplikasi tersebut?

A: Internet browser kini bisa memutar video. File media kini bisa dipindahkan dari handheld dengan PC tanpa perlu melepaskan kartu microSD. Layar belakang Home Menu, ikon, folder, efek musik dan suaranya kini bisa diubah (itu juga akan diterapkan Nintendo untuk Nintendo 3DS/3DS XL nanti)

Ya, 3DS lawas akan mendapatkan update custom theme seperti N3DS. Kalian pengguna 3DS lawa akan mendapatkannya melalui update sistem yang bakal bergulir Oktober 2014 nanti. Saat itu, 3DS Home Menu bisa dihiasi dengan berbagai theme, yang juga sekaligus merubah background menu, ikon, folder, musik dan efek suaranya. Namun theme terssebut tidak gratis, Nintendo bakal menjualnya melalui “Theme Shop” yang ditambahkan ke dalam Home Menu. Lihat gambar di bawah ini sebagai contohnya!

Nintendo 3DS Home Menu Theme

Q: Kenapa fungsi fiter Internet Browser langsung aktif dari awal?

A: Untuk mencegah anak-anak mengakses website yang berbahaya, maka diaktifkan dari awal.

Q: Kapan kartu microSD resmi Nintendo dirilis, apakah ada kartu microSD lainnya yang bisa digunakan untuk New Nintendo 3DS/New 3DS XL?

A: Kartu microSD berikut kompatibel:

  • SanDisk Extreme: 16GB (SDSDQX-016G-J35A)
  • SanDisk Extreme: 32GB (SDSDQX-032G-J35A)

[Nintendo juga menyebutkan jika produsen di atas bisa jadi akan merubah kartu microSD mereka nanti, sehingga bisa saja kemudian tidak beroperasi di handheld.]

Q: OS PC apa yang bisa digunakan untuk mengakses kartu microSD melalui wireless LAN?

A: Yang sudah dikonfirmasikan adalah Windows 8.1 dan Windows 7.

Q: Apakah kita bisa memindahkan data tertentu dari kartu SD seperti software atau data save?

A: Tidak bisa.

Q: Bisakah memindahkan data software dari Nintendo 3DS/3DS XL?

A: Data bisa dipindahkan dari Nintendo 3DS/3DS XL ke New Nintendo 3DS/New 3DS XL (namun data daru New Nintendo 3DS/New 3DS XL tidak bisa dipindahkan ke 3DS/3DS XL)

Q: Apa yang diperlukan untuk memindahkan data melalui PC?

A: Koneksi internet, atau cara untuk menghubungkan kedua handheld secara lokal. Kedua handheld juga perlu memiliki cukup sisa baterai selama proses. Karena kartu SD tidak muat di slot microSD New Nintendo 3DS/New 3DS XL, maka kalian perlu menggunakan entah itu koneksi wireless atau secara manual memindahkannya dari PC.

Q: Apakah tombol wireless yang ada pada 3DS/3DS XL dihilangkan?

A: Tombol fisik tersebut tidak ada lagi, namun kalian bisa megaktifkan wireless on/off melalui Home Menu.

Q: Bisakah adaptor AC untuk Nintendo 3DS/3DSXL/DSi/DSi XL digunakan untuk New Nintendo 3DS/New 3DS XL?

A: Bisa.

Q: Apakah New Nintendo 3DS kompatibel dengan Nintendo Wi-Fi USB Connector?

A: Kompatibel.

Q: Bisakah memainkan semua game Nintendo 3DS dan Nintendo DS?

A: Tidak bisa memainkan cartridge game yang memerlukan koneksi tertentu ke slot cartridge, seperti game yang membutuhkan slot cartridge GBA pada DS Lite dan DS. Game lainnya, seperti Pokémon Tretta Lab, yang membutuhkan tambahan hardware yang pas dengan bentuk dan ukuran 3DS sebelumnya, juga tidak kompatibel.

Selain itu, Nintendo juga mengatakan jika paket New Nintendo 3DS dan New Nintendo 3DS XL tidak lagi termasuk charger, seperti pada paket pembelian Nintendo 3DS XL di Jepang dan Eropa. Namun untuk wilayah lainnya, seperti Amerika Utara, Australia dan Korea Selatan, paket 3DS XL juga masih termasuk charger.

Sumber: Nintendo


SHARE
Previous articleIde Kencan Hemat ala Gamer Cerdas
Next articleBukan Hanya Prosesor Saja, Memory New Nintendo 3DS Juga Ikut Terdongkrak
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.