Review Hercules: Semua yang Ada di Trailernya adalah BOHONG!

Hercules poster

Sudah tahu cerita Hercules? Mungkin akan lebih baik jika kalian kenal Hercules dari serial tv terdahulu saja atau versi kartun Disney, dibanding melihat film terbarunya kali ini dan juga film di awal tahun ini, The Legend of Hercules. Tapi untuk sebuah perbandingan kita tetap membutuhkan semuanya.

Hercules terbaru, merupakan film karya Brett Ratner dengan Dwayne “The Rock” Johnson sebagai sang putra Zeus. Wait, apakah kita kenal Hercules sebagai putra Zeus? Ya, tentu saja. Namun, tidak demikian dalam film ini. Sedikit spoiler, di sini Hercules tidak benar-benar diceritakan sebagai putra Zeus, ia hanya pria biasa dengan status mentereng karena berhasil menyelesaikan 12 tugas ajaib. Membuat namanya melegenda dan ditakuti orang banyak, namun tetap tidak ada yang tahu asal usulnya. Ketangguhannya dalam menyelesaikan tugas membuat beberapa orang yakin kalau setengah tubuhnya adalah dewa.

Hercules 5

Setidaknya hal itulah yang terus dibicarakan Amphiaraus (Ian McShane), salah satu dari kelima partnernya sebagai tentara bayaran yang juga memberikan semangat tersendiri bagi Hercules. Kisah heroik Hercules juga diceritakan oleh Iolaus (Reece Ritchie), ponakan Hercules yang membuat namanya benar-benar melegenda.

Hercules 2

Hercules yang dinaungi rasa bersalah karena kematian anak dan istrinya, memutuskan untuk tetap menjalani hidupnya dan menjadi tentara bayaran untuk orang yang tepat. Hercules dipekerjakan oleh Lord Cotys (John Hurt), orang yang ingin menghalangi Rhesus (Tobias Santelmann) menambah wilayah kekuasaan. Apa yang dilakukan Hercules untuk memenangi pertempuran dengan pasukan yang dikenal lemah? Ia berorasi, mencoba membangkitkan semangat prajurit dari Kerajaan Thrace ini, yang lantas membuat mereka berhasil membentuk pertahanan kuat untuk mengalahkan Rhesus.

Hercules 4 Hercules 1

Hercules yang terkenal one man show pun sedikit berkurang dalam film, kelima rekannya punya peran penting dalam setiap pertempuran. Atalanta (Ingrid Bolso Berdal) paling menarik dengan kemampuan panah yang luar biasa, tidak ketinggalan juga  Tydeus (Aksel Hennie) yang penuh semangat. Peran para pemain pembantu ini membuat adegan duel ala Hercules sangat minim.

Dan, dimana duel Hercules dengan Nemean Lion, Erymanthian Boar, dan Hydra seperti yang ditampilkan di trailer? Hanya ada di awal film, sebagai bagian dari cerita legenda dirinya. Setelah itu, mereka tidak menampakan dirinya lagi, yang tersisa hanya serigala berkepala tiga yang ternyata adalah halusinasi dari Hercules yang terus-menerus dihantui rasa bersalah akan kematian keluarganya.

Hercules 3

Padahal, dengan Dwayne Johnson sebagai Hercules, merupakan pemilihan yang tepat jika dibandingkan aktor di film sebelumnya. Akan lebih menarik jika banyak adegan satu lawan satu dirinya dengan musuh utama ataupun berbagai hewan buas lain. The Rock terlihat menyatu dengan karakter Hercules, selain karena proporsi tubuhnya. Dywane juga sudah dikenal sebagai jagoan yang tetap punya hati di beberapa film sebelumnya. Namun, memang Brett Ratner sendiri sempat mengatakan akan mengurangi unsur mitologi dalam filmnya kali ini.

Hercules 6

Pantas jika film yang akan tayang pada awal September 2014 di Indonesia ini hanya mendapat skor 6/10 walaupun disediakan versi 3D ataupun IMAX. Banyak ekspetasi orang yang tidak sesuai dengan filmnya dan perubahan plot cerita yang cukup signifikan pun membuat kita bertanya-tanya dengan kebenaran cerita Hercules. Satu lagi yang pasti, film ini menambah daftar kisah baru jagoan yang juga dikenal dengan nama Heracles.


SHARE
Previous articleResmi Bocor! Shulk Dipastikan Berlaga di Smash Bros.
Next articleAgnes Kembali Berlari-Lari di Trailer Bravely Second. Unacceptable!
Lulusan Politeknik Negeri Jakarta yang belum puas kuliah, tapi udah sering nulis di media online. Suka game dari kecil, tapi gak pernah fokus. Alhasil, cuma bisa nge-PES doang. Namun, dunia jurnalistik membawanya ingin mengetahui semua hal di dunia, terutama Game dan Sepak Bola. Dan sekarang, Ia coba mewujudkannya!