Terbukti! Bermain Game Bisa Mempercepat Anak Belajar Bahasa Inggris

duniaku-anak-1

Mungkin sudah seringkali kita dengar berbagai dampak positif bermain game, mulai dari mempertajam daya ingat, mengasah ketangkasan, hingga membantu anak kecil yang lambat dalam belajar. Kali ini muncul sebuah penelitian baru, yang menyebutkan bahwa game, utamanya MMO sudah membantu banyak anak kecil untuk mempelajari bahasa Inggris lebih cepat dibandingkan belajar di sekolah ataupun kursus sekaligus!

Penelitian ini dilakukan di Swedia, tepatnya di University of Gothenburg dan Karlstad University. Dua universitas tersebut menguji beberapa anak di tingkat sekolah dasar (rata-rata berusia 10-11 tahun) untuk mencari tahu bagaimana mereka berinteraksi di luar lingkungan edukasi. Hasilnya, anak-anak yang bermain game yang menggunakan bahasa Inggris memiliki perbendaharaan kata yang lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak bermain atau hanya bermain sebentar saja.

Mengenai game yang paling cepat memberikan dampak, para peneliti menemukan bahwa game MMO menduduki peringkat pertama. Salah satu faktor yang menyebabkan adalah karena dalam game MMO seringkali anak terlibat interaksi dengan pemain dari negara-negara lain. Karena bahasa Inggris adalah bahasa yang global, tentu anak mau tidak mau harus mempelajari berbagai kosakata agar interaksi mereka dengan pemain lain berjalan dengan lancar.

Liss Kerstin Sylvén, salah satu professor Universitas Gothenburg yang terlibat dalam penelitian ini
Liss Kerstin Sylvén, salah satu professor Universitas Gothenburg yang terlibat dalam penelitian ini

“Sebagai seorang pemain, secara simpel kamu harus bisa memahami apa yang dikatakan pemain lain, bisa membaca bahasa Inggris, dan bisa berinteraksi baik secara tulisan maupun ucapan dalam bahasa Inggris,” ungkap Liss Kerstin Sylven, salah satu peneliti yang akhirnya mempublikasikan hasil penelitian ini dalam sebuah jurnal berjudul ‘Focus on Young L2 English Learners in Sweden’. Di akhir jurnalnya, Liss juga mengungkapkan sangat penting bagi seorang anak untuk belajar bahasa Inggris di luar sekolah untuk mempercepat kemampuannya.

Penelitian ini melibatkan 76 anak laki-laki dan perempuan. Fakta unik lainnya, para anak laki-laki menghabiskan waktu untuk “belajar” bahasa Inggris via game lebih lama dibandingkan anak perempuan, yaitu rata-rata 11.5 jam per minggu. Sedangkan anak perempuan hanya menghabiskan rata-rata 5.1 jam perminggu. Para anak perempuan justru lebih tertarik untuk berlama-lama di aktivitas online selain bermain game, yaitu 11.5 jam per minggu yang sebagian besar dihabiskan untuk membuka Facebook.

Sebelumnya hanya sekedar mitos atau kepercayaan, kini sudah terbukti bukan bahwa bermain game bisa mempercepat belajar bahasa Inggris? :D

[Sumber: Polygon/Phys/Multiplemayhem]


SHARE
Previous articleAgnes Kembali Berlari-Lari di Trailer Bravely Second. Unacceptable!
Next articleFilm Kompilasi Attack On Titan Tampil Dengan Tambahan Cerita Tiada Duanya!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.