7 Sampul Komik Superhero Ini Dijamin Bikin Kamu Berpikir Mengapa Mereka Diterbitkan

Ada pepatah “Don’t judge the book by it’s cover” yang berarti bahwa kita tidak bisa menilai orang dari penampilan luarnya. Namun sepertinya, hal itu memang tidak berlaku untuk sebuah buku, apalagi sebuah komik, yang tentu saja dijual satu paket dengan sampulnya. Sebuah sampul, terutama sampul komik tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu alasan mengapa Citizen membeli komik, bukan? Terutama bila Citizen tidak kenal dengan pembuatnya, maka sampul menjadi penilaian pertama, baru Citizen melihat bagian belakang komik tersebut untuk melihat sinopsisnya.

Untuk komik-komik seperti komik superhero dari DC atau Marvel yang dikenal hebat dalam meramu cerita, rasanya sampul memang sudah menjadi hal nomor dua karena kepercayaan orang-orang terhadap mereka tinggi maka meskipun memiliki sampul tidak bagus, komik mereka tetap dibeli. Namun tidak bagus juga ada batasnya, berikut adalah 7 sampul komik superhero DC dan Marvel teraneh yang sudah Athira kompilasi, jangan heran bila kepalamu bergeleg-geleng sendiri saat melihatnya ya.


1

Spider-Woman

Awal bulan Agustus lalu, Marvel menyetujui sebuah sampul buku komik mereka untuk judul Spider-Woman yang digambar oleh Milo Manara. Setelah sampul ini muncul ke permukaan, banyak sekali kritik pedas dan guyonan yang mengejek tentang ilustrasinya (dan sampul ini jugalah yang menjadi alasan Athira untuk membuat artikel ini). Mengapa bisa begitu? Silahkan lihat di gambar yang ada di bawah ini:

vtr5khndkuznccdwgdxu

Ilustrasinya tidak jelek, warnanya juga tidak, namun pose dari Spider-Woman ini dianggap mengganggu oleh sebagian kalangan, terutama karena bagian belakangnya yang terlihat begitu “sensual”. Ada yang bahkan rela untuk membuat perbandingan pose ini dengan pose asli manusia saat ini:

SUPERHERO

Terlalu mengerikan. Namun ternyata ada juga pihak yang membela pose ini dengan memberikan perbandingan yang lebih manusiawi dan tidak seperti bentuk aneh di atas:

zvzqvaa2praecdapw1mkMuch better. Namun tidak menutup kenyataan bahwa sampul ini membuat banyak orang jengah dengan posisinya.

2

Deadpool

rgo79cp5a9adbi59pzeu

Kali ini giliran superhero kocak yang menjadi korban dalam sampul komiknya sendiri. Sampul ini memang menarik secara artistik, ditambang dengan ekspresi Deadpool dan Captain America yang sangat….ekspresif. Namun apa yang dilakukan di sampul ini menuai kritik. Mengapa harus menendang kemaluan Deadpool? Sudut pandang dari ilustrasi di atas juga tidak terlalu pas. Namun sampul yang satu ini memang lebih menarik dari yang pertama.

3

Green Lantern

6a00d8345158e369e200e54f79ed948834-800wi

Tidak perlu dijelaskan lagi mengapa sampul jadul yang satu ini masuk nominasi sampul teraneh bukan? Green Lantern, pohon yang berjalan, dan Doiby Dickles, sidekick dari Green Lantern. Dan pohon tersebut memukul pantat Doiby. Entahlah, Athira tidak paham kenapa Green Lantern tersenyum saat kriminal tersebut di pukul pantatnya.

4

Batman, Superman, Robin, idk

6a00d8345158e369e200e5536b24998834-800pi

Semakin ke bawah sampulnya semakin tidak jelas ya. Kali ini giliran superhero favorit Citizen saat masih kecil yang menjadi korban. Apa yang ingin disampaikan di sampul ini Athira juga tidak paham. Apakah ingin menyampaikan tentang rebel atau ingin mengatakan bahwa Superman dan Batman juga tertarik pada anak laki-laki yang umurnya jauh lebih muda dari mereka. Ambiguitas dalam sampul ini terlalu tinggi. Terutama karena Batman manggut-manggut dengan ajakan Robin yang sepertinya mengajak mereka berenang di tempat yang bertuliskan “No Swimming” ini.

5

Captain Marvel

6a00d8345158e369e200e55350806c8833-800pi

Be careful when you take a dip on a lake, Captain Marvel. Sepertinya hal inilah yang ingin disampaikan oleh sampul ini, dengan tagline “Captain Marvel’s Most Embarrassing Moment”  sampul ini terlihat begitu konyol karena superhero ini memakai tong untuk menutupi badannya, dan ia dengan hopeless meminta si penjahat untuk mengembalikan kostumnya. Mungkin dengan super powernya ia bisa mengambil kostumnya, namun mengapa tidak ia lakukan? Si kriminal pun dengan mengejek berkata “Ayo tangkap ini!” ditambah dengan kelinci di pojok kiri bawah yang bingung dengan apa yang mereka lakukan. Ayo tangkap aku bang~ begitu mungkin kalau di intonasikan dengan nada sekarang. Hati-hati kalau berenang di sungai ya, Citizen.

6

Wolverine

6a00d8345158e369e2011570170a03970b-450wi

Bisa dikatakan sampul ini adalah sampul teraneh yang pernah ada untuk Wolverine. Ilustrasinya bagus, warnanya juga menarik, namun ekspresi dan bentuk wajah dari superhero mengerikan ini tidak lagi tampak… tidak seperti Wolverine yang garang. Ilustrasi dari Das Pastoras ini sepertinya mengambil contoh dari mimik aktor Gary Busey.

6a00d8345158e369e201156f201d3c970c-450wiMirip bukan? Yah, Wolverine memang dikenal sebagai karakter yang sedikit tidak stabil penggambarannya, namun yang satu ini cukup melenceng dari Wolverine.

7

All Star Squardon

6a00d8345158e369e20115708c1e7f970b-800wi

Jeng Jeng Jeng! Atom, Starman, dan Wonder Woman siap mengajakmu berdansa. Itulah kesan yang Athira dapatkan dari sampul ini. Dengan beberapa super hero lain sebagai latar belakang dan sedang ternganga melihat mereka berdansa dengan indah. Apalagi tiga karakter di atas yang mukanya seperti melihat miracle di depan mata mereka. Entah mengapa Atom seolah berkata “Guys, jangan tinggalin gue plis, gue juga bisa nari kok.”



SHARE
Previous articleGratisan Kuliah Game Developer di PT Terbaik Dunia, Mau ?
Next articleJadi Jago Matematika Cukup dengan Main Game Ini Loh!!
Penggemar berat Roger Federer, Jouji Nakata, Sho Hayami, dan Suwabe Junichi. Wota iDOLM@STER dan juga seorang penikmat game yang memiliki karakter laki-laki 30 tahun ke atas. Silahkan lihat kegalauan saya di twitter: ryofucha