iCloud “Membantu” Hacker Mengalahkan Mystique dan Black Widow

icloud mystique jennifer lawrence

Sebuah kabar tidak terlalu mengenakkan hadir dari pemeran karakter Marvel, Jennifer Lawrence. Mystique dalam film X-Men ini mendapat serangan dari seorang hacker yang tidak dikenal. Serangan tersebut berupa penyebaran foto-foto syur dirinya. Sang hacker bahkan menyatakan ia masih memiliki beberapa foto lain yang lebih menghebohkan dari beberapa foto yang sudah diposting.

Dengan nada mengancam hacker tersebut mengatakan, dari foto topless sampai sebuah video seksi Jennifer Lawrence bisa ia sebarkan dengan mudah lewat situs 4chan yang bahkan bisa terarah juga ke Reddit. 4chan sendiri adalah forum berbasis gambar dimana pengguna dapat mengirim foto dan video secara anonim, serta komentar pada posting orang lain.

jennifer-lawrence_77257-1920x1200

Saat dikonfirmasi, juru bicara Jennifer Lawrence membenarkan jika foto-foto yang sudah diposting tersebut adalah foto J-Law. “Ini sebuah pelanggaran privasi. Pihak berwenang telah dihubungi dan akan menuntut siapa pun yang mem-posting foto-foto dari Jennifer Lawrence,” kata si juru bicara dikutip dailymail.co.uk.

Setelah diselidiki, dicurigai sang hacker ternyata mendapatkan foto-foto tersebut dari akun iCloud korban. Menurut salah satu sumber, aplikasi Apple’s Find My iPhone yang membantu hacker mendapatkan semua foto dan data Jennifer yang tersimpan rapih di iCloud.

Ternyata ini bukan pertama kalinya iCloud mendapatkan reputasi buruk. 2011 iCloud berhasil diretas oleh hacker asal Florida yang sukses mengutak-atik akun dari beberapa selebritis termasuk salah satu jagoan Marvel lain, Black Widow. Akun di ponsel pribadi Scarlett Johansson berhasil dimanipulasi sang hacker, setelah menembus sistem keamanan Apple iCloud.

Black-Widow

Menanggapi berita soal Jennifer Lawrence ini, kabar terbaru menyatakan pihak Apple mengatakan akan menjaga pivasi pengguna dengan sangat serius dan terus menyelidiki kasus ini terkait terlibatnya iCloud yang disinyalir menjadi penyebab tersebarnya foto-foto tersebut. Apple juga telah mengupdate tools iBrute untuk membatasi orang menebak-nebak password pengguna iCloud.

Karena sang hacker pun dicurigai menggunakan iBrute, tools yang memanfaatkan script Python untuk menebak-nebak password pengguna iCloud. iBrute bisa didapatkan secara gratis melalui situs berbagi ilmu GitHub.


SHARE
Previous articleTGS 2014: Tecmo Koei Siap Rilis Dead or Alive 5 (Lagi), Kini Dalam Versi HD
Next articleTGS 2014: Summer Lesson, Bisa-bisa Jepang Benar-benar Punah!
Lulusan Politeknik Negeri Jakarta yang belum puas kuliah, tapi udah sering nulis di media online. Suka game dari kecil, tapi gak pernah fokus. Alhasil, cuma bisa nge-PES doang. Namun, dunia jurnalistik membawanya ingin mengetahui semua hal di dunia, terutama Game dan Sepak Bola. Dan sekarang, Ia coba mewujudkannya!