“Mainan Hidup” Amiibo Menampakkan Wujudnya, Bersama Puluhan Game Eksklusif Nintendo!

Amiibo-2

Selama Nintendo Direct yang berlangsung akhir pekan kemarin, Nintendo memastikan banyak lineup game mereka untuk target rilis masa liburan akhir tahun 2014 ini. Super Smash Bros. yang pasti, dan kemudian figurine Amiibo, tentu saja ada Pokémon, dan juga bundle hardware baru untuk Wii U dan 2DS yang tergabung dalam Nintendo’s Holiday Lineup yang sangat masif.

Amiibo-7

Kita mulai dengan “mainan hidup” Amiibo, figurine yang meamng memiliki unsur interaktif karena bisa menyimpan data dan statistik permainan kalian. Nintendo mengkonfirmasikan 12 Amiibo yang sudah tersedia untuk dipesan awal dengan harga masing-masing hanya $12.99, atau sekitar Rp. 150 ribuan untuk setiap figurine, menurut kami lebih advance karena bisa menyimpan data karakter yang terhubung dengan masing-masing game yang bisa berinteraksi dengannya. Figurine yang masuk dalam batch awal tersebut antara lain Mario, Peach, Link, Samus, Yoshi, Donkey Kong, Pikachu, Kirby, Fox, Marth, Villager and Wii Fit Trainer, dan lebih banyak lagi lainnya menyusul nantinya.

Bayonetta-2-1

Berikut daftar menu Nintendo selama holiday season:

• Super Smash Bros.: Super Smash Bros. for Nintendo 3DS dirilis 3 Oktober, dan Super Smash Bros. for Wii U menyusul selama liburan akhir tahun nanti (belum ada tanggal pastinya). Mereka yang mendaftar versi Wii U dan Nintendo 3DS di Club Nintendo akan menerima Super Smash Bros. for Nintendo 3DS & Wii U: Premium Sound Selection dan soundtrack CD.

• Pokémon: Pokémon Omega Ruby dan Pokémon Alpha Sapphire dirilis retail dan melalui Nintendo eShop untuk Nintendo 3DS pada 21 November.

• Interactive amiibo Figures: Usaha Nintendo masuk ke bisnis mainan hidup dimulai dengan 12 Amiibo figure yang bisa dipesan awal melalui retailer yang ditunjuk. Super Smash Bros. for Wii U akan menjadi game pertama yang mengintegrasikan fungsi Amiibo. Game lainnya yang nanti juga mendukung seperti Mario Kart 8, Captain Toad: Treasure Tracker, Mario Party 10 dan Yoshi’s Woolly World, dan lebih banyak lagi akan dikonfirmasikan. Detail fungsi Amiibo untuk setiap game akan dikonfirmasikan lebih lanjut. Itulah hebatnya Amiibo dibandingkan figurine lainnya, seperti dari Activision dan Disney, karena memiliki chip khusus dan menyimpan data untuk setiap game tersebut. Berikut 12 Amiibo yang siap untuk dipesan.

• Bayonetta 2: Akhirnya mendapatkan jadwal rilisnya, yaitu 2 Oktober. Masih dengan gameplay stylish, senjata yang liar, dan ada wujud perubahan barunya, yaitu ular memungkingkannya bergerak di dalam air. Bayonetta 2 dirilis sebagai bundle bersama game pertamanya, lengkap dengan beberapa opsi cosplay karakter ikonik Nintendo sebagai bonus.

• Hardware Bundle: Ada tiga hardware bundle diumumkan Nintendo untuk dirilis akhir tahun ini:

– Super Mario 3D World Deluxe Set: Mulai dijual pertengahan September, Wii U Deluxe Set berisi Wii U dan juga kopi game Super Mario 3D World dan Nintendo Land dengan harga hanya $299.99, atau sekitar 3,5 jutaan.

– Walmart Exclusive Mario Kart 8 Deluxe Set: Mulai dijual pertengahan September, retailer Walmart menawarkan edisi spesial Wii U bundle berisi konsol tersebut bersama kopi Mario Kart 8 dan Nintendo Land dengan harga $299.99.

– New Nintendo 2DS Bundles: Mulai dijual awal Oktober adalah bundle baru Nintendo 2DS, yang berisi 2DS dengan pilihan warna Electric Blue, Crimson Red atau Sea Green Nintendo 2DS bersama kode untuk mengunduh Mario Kart 7 dari Nintendo eShop. Bundle ini dijual dengan harga $129.99, stau sekitar 2,4 jutaan.

• Captain Toad: Treasure Tracker: Belum dikonfirmasikan tanggal rilisnya, namun aksi solo teranyar Toad dari kerajaan jamur ini bisa kalian nikmati selama musim liburan akhir tahun ini.

Captain-Toad-5

• Hyrule Warriors DLC: Ketika game ini dirilis 26 September nanti, juga ditawarkan akses unduh gratis mode baru, senjata baru, dan opsi untuk memilih musik kalian sendiri selama memainkan game ini. Kalian yang memesan awal melalui retailer tertentu juga mendapatkan kode unduh kostum alternatif untuk Link dan Zelda. Selain itu, kalian yang mendaftarkan game ini di Club Nintendo akan mendapatkan kode unduh kostum untuk Ganondorf. Semua tambahan kostum bisa dibeli nantinya di Nintendo eShop. Sayangnya harga kostum belum ditentukan.

• Pokémon Art Academy: Dirilis secara retail dan di Nintendo eShop untuk Nintendo 3DS pada 24 Oktober. Game ini mengajari dasar dan teknik advanced menggambar Pokémon favorit.

• Art Academy: Game baru di serial Art Academy yang akan memaksimalkan touch screen Wii U GamePad, juga dijadwalkan rilis akhir tahun ini.

• Ultimate NES Remix: Game Nintendo 3DS ini akan tersedia pada 5 Desember dengan harga $29.99, atau sekitar 350 ribuan. Kalian bisa bernostalgia dan memainkan kembali 16 game 8-bit pilihan Nintendo.

• NES Remix Pack: Untuk yang satu ini, ditujukan untuk Wii U yang ingin merasakan remake grafis 8-bit. Dirilis 5 Desember, dan didalamnya termasuk NES Remix original, dan NES Remix 2 untuk Wii U dalam satu paket, dijual dengan harga 350 ribuan.

• Fantasy Life: Dirilis secara retail dan digital melalui Nintendo eShop untuk Nintendo 3DS mulai 24 Oktober. Game yang mengajakmu menjalani kehidupan fantasi ini bisa dimainkans ecara Local dab online multiplayer. Sebuah downloadable content pack, Origin Island akan tersedia di Nintendo eShop mulai 24 Oktober, dan akan memperpanjang petualangan Fantasy Life. Origin Island menawarkan area baru yang menjadi kediaman peradaban kuni dan musuh yang kuat, konten cerita tambahan dan rank baru untuk dicapai di Life Classes, akses perlengkapan yang lebih kuat, dan juga dua variasi pet untuk diadopsi, yaitu burung dan naga.

• Dua game download Kirby: Yang sudah tersedia mulai saat ini di Nintendo eShop untuk 3DS dengan harga $6.99, atau 80 ribuan, kalian bisa memainkan Dedede’s Drum Dash Deluxe dan Kirby Fighters Deluxe, dua mini game yang pertama kali muncul selama Kirby: Triple Deluxe, diperbarui dengan fitur gameplay tambahan.

• Indie Game: Nintendo akan menawarkan lebih banyak game indie yang bisa diunduh melalui Nintendo eShop hingga akhir tahun ini.

Stealth Inc 2: Game yang menggabungkan antara puzzle solving, action platforming dan stealth dari Curve Digital ini akan dirilis akhir tahun ini untuk Wii U.

– Swords & Soldiers II, sebuah game side-scrolling strategy dari Ronimo Games, juga akan meluncur selama holiday season untuk Wii U.

Azure-Striker-Gunvolt-9

– Azure Striker Gunvolt dari Inti Creates dirilis akhir pekan kemarin eksklusif untuk Nintendo 3DS. Game yang membawa nama Keiji Inafune, pencipta serial Mega Man series, tersebut akan mengingatkan kalian pada si blue bomber. Dan untuk sementara waktu, kalian bisa mengunduh game tersebut bersama versi digital 8-bit Mighty Gunvolt.

• Themes baru untuk Nintendo 3DS HOME Menu: Seperti yang kami jelaskan dalam artikel New Nintendo 3DS, akan ada tambahan opsi theme untuk Nintendo 3DS HOME Menu. Theme bakal dijual melalui Theme Shop.

• Third-Party Games: Ada lebih dari 60 game third-party yang dirilis untuk Wii U dan 3DS hingga akhir tahun nanti. Daftarnya bisa kalian lihat pada gambar berikut.

Tahun 2015: Nintendo sudah menyiapkan banyak game yang menarik, seperti The Legend of Zelda baru, Splatoon, Xenoblade Chronicles X, Yoshi’s Woolly World, Kirby and the Rainbow Curse, Star Fox (working title), Mario Maker (working title), Project Giant Robot, Project Guard, Mario vs. Donkey Kong (working title), Mario Party 10 dan Devil’s Third. Sedangkan untuk 3DS di tahun 2015, kalian bisa menunggu datangnya NFC reader/writer yang membuat 3DS berinteraksi dengan Amiibo, sekaligus juga datangnya Code Name: S.T.E.A.M., Fossil Fighters Frontier dan Monster Hunter 4 Ultimate.

Sebagian besar game-game Nintendo ini akan ditampilkan selama Tokyo Game Show 2014 yang berlangsung mulai 18 September 2014 mendatang. Duniaku akan melaporkan langsung event tersebut dari Jepang, jadi pastikan untuk terus memantau kami untuk informasi lebih lanjut.