TGS 2014: Pertarungan Digimon Story: Cyber Sleuth Bisa Ditebak, Seperti Biasanya!

Digimon-Story-Cyber-Sleut17

Desember 2013 lalu, penggemar Digimon bergembira karena Namco Bandai Games mengkofirmasikan game barunya untuk PS Vita, yang berjudul Digimon Story: Cyber SleuthGame ini rencananya dirilis untuk PS Vita di Jepang pada tahun 2015 mendatang, Digimon Story: Cyber Sleuth mengambil setting Jepang di masa depan. Kamu bisa melihat beberapa lokasi yang benar-benar ada di dunia nyata, semisal kota dan stasiun.

Digimon-Story-Cyber-Sleut14

Setting yang digunakan memang di dunia nyata, dan ketiga Digimon yang akan menemani protagonis beraksi itu juga eksis di dunia nyata. Tepatnya, Jepang di masa depan, di mana teknologi internet telah berhasil menciptakan Cyberspace yang disebut Eden, semacam dunia kedua untuk umat manusia. Tapi hal ini juga meningkatkan jumlah para hacker. Para hacker tersebut membuat virus yang mulai berevolusi sendiri di Eden, dan virus spesial tersebut kemudian dikenal dengan sebutan “Digital Monster”.

Seperti ini interface pertarungan Digimon Story: Cyber Sleuth. Di sebelah kiri kalian melihat daftar command yang ditampilkan dalam ikon bulat, di sekelilingnya ada command untuk Attack, Skill, Guard, Escape, Item dan Change. Mode Auto juga diberikan agar Digimon bisa otomatis menyerang berdasarkan command yang sudah di-set sebelumnya. Sementara itu di sisi kanan ada daftar giliran Digimon dan musuh yang akan beraksi. Dengan visual tersebut, kalian bisa mengatur strategi, seperti dengan menyerang musuh yang akan segera mendapatkan gilirannya agar ter-stun dan batal bergerak.
Seperti ini interface pertarungan Digimon Story: Cyber Sleuth. Di sebelah kiri kalian melihat daftar command yang ditampilkan dalam ikon bulat, di sekelilingnya ada command untuk Attack, Skill, Guard, Escape, Item dan Change (mengganti Digimon). Mode Auto juga diberikan agar Digimon bisa otomatis menyerang berdasarkan command yang sudah di-set sebelumnya. Sementara itu di sisi kanan ada daftar giliran Digimon dan musuh yang akan beraksi. Dengan visual tersebut, kalian bisa mengatur strategi, seperti dengan menyerang musuh yang akan segera mendapatkan gilirannya agar ter-stun dan batal bergerak.

Sebelumnya kami sudah menjelaskan siapa saja karakter penting yang bakal kalian temui selama permainan, termasuk protagonisnya yang kini untuk pertama kalinya (mungkin juga atas permintaan penggemar agar “mirip” dengan Pokémon) bisa dipilih cowok atau cewek. Kemudian untuk pertarungannya, yang memang juga belum banyak diungkapkan oleh Namco Bandai Games, setidaknya sudah ada gambaran bakal seperti apa gameplay-nya.

Digimon-Story-Cyber-Sleut15

Seperti tipikal sistem pertarungan beberapa game Digimon sebelumnya, Digimon Story: Cyber Sleuth masih mengajukan battle system turn-based yang biasa. Kalian cukup memberi perintah kepada Digimon, dan monster tersebut yang statusnya tercepat akan beraksi lebih awal. Serangan yang mereka lancarkan bisa men-stun musuh, sekaligus bisa juga menghentikan gerakan mereka dengan efek Break.

Digimon-Story-Cyber-Sleut16

Satu fitur uniknya adalah kalian bisa memadukan Digimon dengan nilai affinity (friendship level) tinggi berdampingan untuk melancarkan serangan combo spesial. Cukup dengan mendekatkan giliran mereka satu-sama-lain, maka serangan yang akan mereka keluarkan selanjutnya bisa lebih kuat lagi. Bayangkan jika ketiga Digimon kalian giliran serangannya berurutan, maka combo tiga Digimon yang kuat bisa dilancarkan! Selain serangan-serangan biasa, semua Digimon dibekali dengan gerakan khusus yang mewakili karakteristik mereka.

Namco Bandai Games juga sudah memasukkan game ini sebagai salah satu menu mereka untuk Tokyo Game Show 2014 yang berlangsung 18 September 2014 mendatang. Duniaku akan melaporkan langsung event tersebut dari Jepang, jadi pastikan untuk terus memantau kami untuk informasi lebih lanjut.