TGS 2014: Shoot ’em Up Penuh Cewek Siap Hadir Untuk Mesin Sony!

Touhou-Project-PS4-Ann_001

Di Jepang, bila sebuah game diisi dengan karakter-karakter cewek, game tersebut cenderung menjadi game yang penuh dengan fan service yang mengumbar kemolekan tubuh para karakter di game tersebut. Namun ada satu game yang sangat dikenal oleh penggemar game buatan Jepang, terutama game indie, yang tidak mengumbar sisi fan service tersebut, dan justru banyak sekali karakter-karakternya memiliki pakaian yang cukup sopan namun masih sangat menarik untuk dilihat. Game tersebut dikenal dengan nama Touhou Project. Game dengan genre Shoot ‘em Up ini sudah lahir dari tahun 1996, di mana saat itu game ini digarap oleh grup Amusement Makers dan dirilis khusus untuk komputer Jepang seri NEC PC-9801. Namun game ini sendiri menjadi hits ketika ZUN keluar dari Amusement Makers dan membentuk tim Shanghai Alice yang beranggotakan dirinya sendiri dan meneruskan Touhou Project ke game OS Microsoft Windows pada tahun 2002.

untitled
Gameplay Touhou Project versi Windows Bisa kamu lihat di mana karaktermu dan di mana musuhmu?

Mengapa bisa menjadi hits? Karena selain karakter yang dapat citizen mainkan semuanya adalah perempuan, game ini juga memiliki tingkat kesusahan yang teramat tinggi dan membutuhkan skill bermain game Shoot ‘em Up yang tidak main-main. Tingkat kesusahan yang diatur sedemikian rupa oleh ZUN membuat para gamer sangat suka memainkannya, bahkan tidak sedikit yang mulai menyukai genre Shoot ‘em Up yang terkesan jadul gara-gara game ini.

Touhou sudah menjadi game yang sangat populer di Jepang, judul ini menjadi judul yang paling banyak di cosplay-kan selama bertahun-tahun di Jepang (sebelum Kantai Collection muncul) dan barang-barang yang sifatnya buatan fans juga banyak sekali dijual di sana-sini. Bertahun-tahun game ini menetap sebagai game untuk Windows, kini ternyata, Sony selaku pemilik konsol PlayStation 4 dan PlayStation Vita tertarik untuk mengajak game ini bergabung dengan mereka dengan mengumumkannya pada konferensi pers pra TGS 2014, SCEJA. Menurut Athira, Sony melihat pangsa pasar yang cukup besar dari game ini karena memang tidak hanya di Jepang, game ini pun terkenal di luar negeri, termasuk di Indonesia, meski lebih ke kalangan cowok yang menyukainya.

untitled

Berbahagialah para penggemar Touhou! Game ini akan segera dirilis tahun depan dan tentu saja dengan grafis yang sangat ditingkatkan dari game versi Windows-nya, karakter-karakter sentral seperti Hakurei Reimu dan Marisa Kirisame dipastikan akan hadir untuk game-game Touhou yang akan dirilis untuk kedua mesin tersebut. Jadi tidak sabar untuk menunggu informasi selanjutnya dari game ini ya!

Official Site: ZUN X PlayStation


SHARE
Previous articleTGS 2014: Capcom Tawarkan Kisah dan Karakter Baru dalam Resident Evil: Revelations 2
Next articleTGS 2014: Nokia Ternyata Beralih Profesi Menjadi Hacker di Cyberspace Digimon Story

Penggemar berat Roger Federer, Jouji Nakata, Sho Hayami, dan Suwabe Junichi. Wota iDOLM@STER dan juga seorang penikmat game yang memiliki karakter laki-laki 30 tahun ke atas. Silahkan lihat kegalauan saya di twitter: ryofucha