TGS 2014: Summer Lesson, Bisa-bisa Jepang Benar-benar Punah!

20140901_010046_thumb

Jadi Summer Lesson adalah game untuk PlayStation 4 dan Morpheus, kacamata virtual reality milik Sony, dimana pemain akan ditempatkan dalam suatu kamar tidur dan ruang belajar milik seorang siswi virtual. Di ruang ini pula pemain harus berinteraksi dan bersosialisasi dengan sang gadis. Dari informasi yang tersebar, gameplay yang sempat ditunjukkan hanya seputar sistem gestur sederhana, seperti berkomunikasi dengan anggukan dan gelengan kepala sang pemain. Game ini dikembangkan oleh orang-orang di balik Tekken.

20140901_010016-1

TGS 2014: Summer Lesson, Bisa-bisa Jepang Benar-benar Punah!

Summer Lesson benar-benar menjadi ancaman serius bagi populasi Jepang. Bagaimana bisa demikian?

Abaikan

Game ini mungkin terlihat sangat realis dan grafisnya mengingatkan saya mengenai game Love Plus yang sempat populer di Nintendo DS. Saking populernya Love Plus sampai ada yang menikahi karakter mereka secara simbolis persis seperti pernikahan dunia nyata. Game yang rencananya akan dapat dimainkan di perhelatan Tokyo Games Show (TGS) 2014 pada tanggal 18 September mendatang ini sepertinya sedikit mengundang ketakutan. Mungkin kalau kalian sudah merasakan langsung bagaimana ‘seram’nya Morpheus milik Sony di AFAID lalu, bisa memprediksi kenapa saya mengatakan demikian mengenai potensi Morpheus dan Summer Lesson ini.

howtoaskforthisatgamestop

“Bisa-bisa orang Jepang sana akan lebih suka bermain dengan wanita virtual daripada wanita-wanita asli yang lebih rumit dan susah dipahami,” mungkin seperti itu tanggapan pribadi saya. Sudah sangat terancam dengan jumlah populasi manusia-nya yang terus merosot, tetapi game-game seperti Summer Lesson dibiarkan melebarkan sayapnya di Jepang. Saya pribadi jadi benar-benar takut akan potensi dari Virtual Reality kedepannya. Bayangkan misal negara Jepang dengan ratusan judul Visual Novel-nya yang selalu rilis tiap tahun ini berpindah mengembangkan Virtual Reality game dengan tema cinta layaknya game VN. Akankah kaum lelaki mencintai cewek virtual mereka daripada harus susah-susah mencari jodoh mereka? Semoga saja tidak!

Game ini juga dipastikan akan kembali muncul selama Tokyo Game Show 2014 yang berlangsung 18 September 2014 mendatang. Duniaku akan melaporkan langsung event tersebut dari Jepang, jadi pastikan untuk terus memantau kami untuk informasi lebih lanjut.