Kalian Bebas Mencabut Jenggot Sakaguchi Hanya Dengan 2 Juta Unduhan!

Terra-Battle-2

Kita sudah mengetahui jika bapaknya serial Final Fantasy, Hironobu Sakaguchi akan segera muncul kembali bersama studionya, Mistwalker, yang saat ini tengah mengerjakan game mobile baru untuk smartphone berjudul Terra Battle. Melalui event PAX Prime 2014, beliau mengenalkan banyak screenshot baru, sekaligus trailer pertamanya.

Terra Batttle yang merupakan game RPG mobile ini mengisahkan sekelompok hero yang bertualang ke pusat dunia mereka untuk mengejar entitas misterius yang disebut sebagai The Maker. Di sebuah daratan yang berada di ambang kehancuran, Human memiliki populasi terbanyak, dilanjutkan LizardFolk dsan BeastFolk. Apa yang mereka percayai, The Maker berdiam di ujung terdalam underground. Selama perjalanan, mereka mulai mengetahui misteri yang menyelimuti The Maker. Terra Battle sendiri rencananya dirilis untuk iOS dan Android Oktober 2014 nanti sebagai game free-to-play dengan dukungan opsi in-app purchase sebagai monetasi. 

Terra-Battle-1

Menurut Sakaguchi, game ini sudah berada di tahap akhir pengembangan. Awalnya direncanakan rilis September, namun ditunda hingga Oktober nanti agar timnya bisa membuat banyak perbaikan. Timnya sendiri familiar bagi yang mengenalinya sejak lama. Seperti Nobuo Uematsu, yang sudah menyiapkan 20 track untuknya. Selain dengan Uematsu, Sakaguchi juga berencana berkolaborasi dengan kreator game lainnya untuk Terra Battle.

Terra-Battle-3

Selama PAX Prime, Sakaguchi memberi kejutan baru. Seperti yang kami prediksikan sebelumnya, game yang dikembangkan dengan engine Unity ini sangat mungkin untuk di-port dengan mudah ke konsol. Dan ternyata memang benar. Sakaguchi mengatakan jika game yang sistem pertarungannya akan dipenuhi mekanis strategi ini bisa saja hadir di platform selain mobile.

Terra-Battle-4

Keseluruhan Terra Battle memiliki cerita dengan 30 chapter, dan itu termasuk ending. Begitu kalian menyelesaikan game, bisa terus melanjutkan menaikkan level karakter dan melawan monster yang lebih kuat. Pertarungan terjadi di atas kotak-kotak isometris dengan ukuran 8 x 6, dengan tujuan menghabisi semua musuh yang muncul. Kalian mendapat waktu sekitar 4 detik untuk bergerak bebas di field pertarungan.

Kemudian untuk micro-transaction, ditawarkan melalui “Energy,” yang bisa digunakan untuk memulihkan stamina, atau membeli continue untuk kembali bertarung saat karakter kalah dalam pertarungan, atau bisa juga untuk membeli capsule. Tidak disebutkan apa itu capsule. Kami sendiri menduga di dalamnya kalian bisa membukanya untuk monster-monster recruitable dalam game. Mereka sangat kuat, seperti Bahamut, dan memiliki dungeon khusus. Untuk mempermudah, sepertinya akan sangat membantu jika kita bisa membelinya saja. 

Terra-Battle-2

Kemudian Sakaguchi juga menawarkan apa yang disebut “Download-starter,” sebuah mekanisme kampanye ala Kickstarter, yang dijalankan sendiri oleh Mistwalker. Tujuannya adalah untuk mendorong pengembang menambahkan fitur dan konten baru berdasarkan berapa kali Terra Battle diunduh. Berikut daftar yang bisa kalian harapkan dari kampanye Download-Starter:

  • 100,000 download – Musik baru dari Nobuo Uematsu
  • 200,000 download – Karakter baru dari Hideo Minaba (art director Final Fantasy VI, artistic supervision Final Fantasy Tactics, art director Final Fantasy IX dan Final Fantasy XII).
  • 300,000 download – Karakter baru dari Nakaba Suzuki (manga artist di Shueisha Weekly Shōnen Jump dan Shogakukan Shōnen Sunday)
  • 400,000 download – Karakter baru dari Hitoshi Yoneda (desainer karakter Phantasy Star dan Phantasy Star II)
  • 500,000 download – Karakter baru dari Manabu Kusunoki (Concept Art Blue Dragon, Original Designer & Setting, CG Production Panzer Dragoon Zwei dan Panzer Dragoon, desainer Sonic the Hedgehog)
  • 600,000 download – Karakter baru dari Kimihiko Fujisaka (desainer karakter ketiga serial Drakengard, Cry On – proyek Mistwalker yang dibatalkan, dan The Last Story) 
  • 700,000 download – Karakter baru dari Naoto Oshima (produser desainer karakter Away Shuffle Dungeon, produser Blue Dragon, produser Yoshi’s Island DS, art director The King of Fighters EX: Neo Blood, desainer karakter Nights dalam Nights into Dreams, desainer Phantasy Star) dan dimulainya pengembangan co-op battle mode
  • 800,000 download – Mulai produksi Terra Battle Strategy Guide
  • 900,000 download – Musik dari soundtrack Terra Battle gratis didunduh
  • 1 juta download – Live concert, mulai pengembangan VS battle mode, dan mulai pengembangan scene illustration
  • 1.1 juta download – Munculnya “Bearded Sakaguchi Boss”
  • 1.2 juta download – Lebih banyak musik dari Nobuo Uematsu
  • 1.3 juta download – Mulai produksi Terra Battle Art Book
  • 1.4 juta download – Mulai produksi Terra Batlte figure
  • 1.5 juta download – Karakter baru dari Yoshitaka Amano (pasti tahu lah siapa dia!) dan skenario oleh Yasumi Matsuno (dia ini mastermind-nya serial Final Fantasy Tactics dan Vagrant Story, jangan ada keraguan atas sentuhan pikirannya!)
  • 2 juta download – Mulai pengembangan versi konsol dari Terra Battle

Terra-Battle-5

Yup, kalian hanya perlu mendukung dimulainya proses pengembangan versi konsolnya dengan mengunduh game ini, sampai mencapai total 2 juta download di App Store dan Play Store. Oh ya, jangan lewatkan regirtrasi akun kalian melalui akun Twitter Terra Battle. Ketika game ini dirilis, akun tersebut bakal men-tweet kode serial yang bisa di-redeem dalam bentuk 5 energi dalam game.

Terra Battle: Official Trailer

Kalian Bebas Mencabut Jenggot Sakaguchi Hanya Dengan 2 Juta Unduhan!

... melalui kampanye Download-starter Terra Battle, Hironobu Sakaguchi muncul sebagai boss terkuat dalam game!

Abaikan

Sejauh ini kami belum mendapatkan konfirmasi resmi apakah game ini akan kembali didemokan selama Tokyo Game Show 2014 yang berlangsung mulai 18 September 2014 mendatang. Duniaku akan melaporkan langsung event tersebut dari Jepang, jadi pastikan untuk terus memantau kami untuk informasi lebih lanjut.

Sumber: Terra Battle


SHARE
Previous articleTGS 2014: Kalian Bebas Menginjak-injak Jepang Dalam Game Ini
Next articleMenkominfo, Situs Gini Harusnya Juga Diblokir Dong!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.