Menkominfo, Situs Gini Harusnya Juga Diblokir Dong!

tiffy

Tau kan, kalau situs Indonesia banyak yang diblokir, katanya bahkan lebih dari 800.000 situs. Kebijakan unik ini konon katanya diterapkan untuk menekan jumlah konten negatif yang menyebar di Indonesia. Nah, kira kira apa sih konten yang disebut negatif itu? Menurut Permenkominfo ini yang disebut konten negatif adalah:

  1. Melanggar Privasi
  2. Pornografi Anak
  3. Kekerasan
  4. SARA
  5. Muatan lainnya yang berdampak meresahkan masyarakat.

Nah, peraturan yang  bertujuan baik tersebut biasanya tidak diikuti dengan pelaksanaan lapangan yang memadai sehingga kita masih sering menjumpai situs yang melanggar masih dapat diakses. Berikut ini daftar situs dirasa melanggar beberapa peraturan tersebut namun belum ditindaklanjuti oleh Kominfo dengan pemblokiran.


PKSPIYUNGAN.ORG


pkspiyungan

Disclaimer: Oh,kami sama sekali tidak anti partai tertentu. Tulisan ini hanya menunjukkan bagaimana bagian mana yang rasanya dilanggar oleh website ini!

Mungkin citizen cukup “terhibur” oleh beberapa berita yang dicantumkan di website tersebut, dengan pendekatan citizen journalism dari grassroot partai yang didukung, website ini cukup digemari oleh masyarakat, terbukti dengan ranking 193 nasional yang disematkan oleh Alexa ke situs tersebut.

ranking-alexa

Namun kita harus cermat, website ini cenderung membiarkan adanya konten konten yang… ehm meresahkan masyarakat ditulis oleh para kontributornya, seperti ini:

1

Kalau kita melihat kembali definisi kata meresahkan, kata kata ini sangat berkaitan dengan beberapa kondisi lain, seperti menggelisahkan dan merusuhkan. Kondisi yang sangat jelas menggambarkan dampak dari konten yang ditulis web tersebut.

visual_meresahkan

Alangkah bijaknya jika yang diceritakan adalah pencapaian dan inspirasi yang dapat menjadi penyejuk seperti:

positif

Sebenarnya masih banyak situs yang cukup mengandung konten yang meresahkan, namun rasanya situs ini termasuk yang paling mencolok.

Kategori yang dilanggar:

1

SEMPROT



semprot

Ah, ini sih klasik, website mesum yang menyediakan konten-konten dewasa, dan saya yakin banyak sekali mengandung konten pedofilia, sayangnya website yang jelas jelas melanggar ini kenapa masih saja dibiarkan berkeliaran. Memang sih sekarang domainnya sudah diblokir, namun hanya dengan menggunakan kata kunci nama websitenya saja banyak sekali forum yang menjelaskan bagaimana memasuki website tersebut. Harusnya ada upaya sangat sistematis untuk menutup website dan membawa pemiliknya ke jalur hukum.

Anehnya, website ini masih cukup digemari oleh masyarakat, dibuktikan dengan tingginya ranking alexa yang dicapai.

alexa-semprot

Kategori yang dilanggar:

 2


4CHAN.ORG


4chan

Website image sharing ini ketenarannya sudah mendunia, pengguna pengguna di website ini juga sering menjadi trend setter dunia dengan menciptakan meme yang luar biasa unik dan lucu, salah satu yang paling terkenal adalah pedobear. Situs ini berisi jutaan gambar luar biasa yang dalam banyak hal – termasuk seni, sains, budaya dan teknologi. Baru baru ini, situs ini juga menjadi tempat dipostingnya gambar hasil retasan dari beberapa selebriti paling terkenal didunia.

board

Sayangnya situs ini juga memberikan kesempatan untuk memposting gambar gambar mesum yang diwadahi oleh beberapa board nya. Memang sih, pengguna diminta untuk menyetujui semacam peraturan yang membebaskan pemilik situs dari kewajiban hukum pada negara masing masing. tapi kan rasanya masih termasuk dalam lingkup peraturan kominfo tersebut.

 Kategori yang dilanggar:

 3


9gag.com


9gag

Siapa sih yang tidak kenal website ini, situs dengan tampilan super minimalis ini sangat populer di seantero dunia. Dengan tagline : your best source of fun website ini memang menyajikan micro konten dengan pendekatan crowdsourcing. Di website ini  mayoritas netizen dunia mulai mengenal meme- sebuah gambar bertulisan yang menggambarkan sifat orang atau tindakan tertentu.

Dari sekian banyak konten positif dan menyenangkan yang ada di situs ini, ada meme yang sering sekali digunakan untuk menggambarkan tindakan cewek (pacar?) yang kurang ajar. Pengguna 9gag biasanya menggunakan meme bernama scumbag stacy (NSFW) yang menampilkan gambar cewek seksi dengan pakaian minimalis.

Masalahnya adalah si empunya, Amber Stratton tidak setuju bahwa gambarnya digunakan untuk melambangkan kondisi negatif tersebut. Dia bahkan meminta gambarnya tidak disebarkan pada website KnowYourMeme.

meme builder

Kebijakan 9gag yang masih memperkenankan penggunaan gambar tersebut dalam fitur meme builder rasanya sudah jelas jelas melanggar privasi

4

Demikian ini, beberapa situs yang rasanya melanggar peraturan yang dicetuskan kominfo tersebut, walaupun melanggar peraturan, penulis sendiri tidak setuju dilakukan blokir untuk situs yang ditengarai melanggar. Lebih baik kita berikan peringatan setiap kali pengunjung mau masuk website sehingga siap dengan jenis konten yang akan dihadapi.

Implementasi yang bijak bisa meniru plugin WOT yang memberikan informasi komprehensif mengenai kualitas konten dari masing masing website sehingga pengguna bisa memutuskan untuk meninggalkan situs tersebut.