PewDiePie Kecam YouTube dan Menutup Kolom Komentarnya

pewdiepie youtube 2

Apa yang kita harapkan saat kita memposting sesuatu di social media? Komentar. Tepat sekali! Orang-orang pasti mengharapkan sebuah komentar atas apa yang sedang dirasakan atau dilakukan, sekalipun itu komentar kritis.

Tapi, apa yang dilakukan Felix Kjellberg ini cukup mengejutkan. Youtuber paling populer ini akan menutup kolom komentar di Channel Youtubenya. Dengan kata lain, PewDiePie tidak akan peduli dan melihat komentar dari siapa pun di kolom tersebut.

“Saya lihat kolom komentar dan sepenuhnya berisi spam, orang-orang mengiklan diri mereka, orang-orang yang coba saling memprovokasi dan orang lain membalas semuanya, hanya itu yang diberikan pada saya, itu sama sekali tidak berarti apa-apa. Saya tidak peduli soal itu. Saya tidak ingin lihat itu. Saya tidak peduli,” kata PewDiePie di salah satu video terbarunya berjudul Goodbye Forever Comments.

PewDiePie Kecam YouTube dan Menutup Kolom Komentarnya

Masalah ini sudah lama terjadi dan PewDiePie sangat kesal!

Abaikan

Video tersebut menandakan mulai saat itu, PewDiePie resmi menutup kolom komentarnya. Ini bukan berarti ia tidak peduli lagi dengan fansnya yang sering diajak berinteraksi. Tapi PewDiePie menyarankan untuk menggunakan Twitter dan Reddit untuk tetap mengomentari setiap video yang dibuatnya.

Ia juga menyebutkan, setiap hari dirinya membuat video itu karena para fans setianya yang sering disebut “brofist” dan mengucapkan terima kasih kepada 30 juta subscribersnya selama ini. Namun, hal ini sudah terjadi terlalu lama, PewDiePie memutuskan langkahnya sendiri, setelah tidak ada reaksi pasti soal komentar spam ini dari pihak Youtube.

“Ini sudah menggangu saya sejak lama, saya juga sudah mencari solusinya, saya harap ini akan lebih baik. Saya harap Youtube juga mencoba mencari jalan keluarnya, tapi itu tidak terlihat dan saya sudah muak,” katanya.

cover-pewdiepie

Masalah komentar spam memang sering terjadi di social media ataupun forum, namun beberapa sudah mengatasinya dengan beragam cara, seperti banned akun, langsung menghapus komentar tersebut, sampai melakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum komentarnya terposting. Tapi sepertinya Youtube belum melakukan hal tersebut. Maka sekarang kalian tidak akan melihat dan tidak bisa berkomentar lagi di video-video terbaru dari PewDiePie.


SHARE
Previous articleTernyata PKSPiyungan adalah Fans Berat Duniaku
Next articleTGS 2014: Bandingkan Voice Acting Jepang dan Inggris Pada Resident Evil HD Remaster
Lulusan Politeknik Negeri Jakarta yang belum puas kuliah, tapi udah sering nulis di media online. Suka game dari kecil, tapi gak pernah fokus. Alhasil, cuma bisa nge-PES doang. Namun, dunia jurnalistik membawanya ingin mengetahui semua hal di dunia, terutama Game dan Sepak Bola. Dan sekarang, Ia coba mewujudkannya!