IFA 2014: Cukup Sebuah Galaxy untuk Nikmati Teater Pribadi!

duniaku-gearvr-1

Rumor yang berhembus sekian lama akhirnya menjadi kenyataan. Lewat konferensi pers Samsung Unpacked 2014 Episode 2 yang digelar bersamaan dengan IFA 2014 di Berlin, Samsung mengkonfirmasikan kerja sama mereka dengan Oculus untuk menghadirkan sebuah device Virtual Reality (VR) yang akhirnya diberi nama dengan Samsung Gear VR. Konferensi pers ini sendiri selain dihelat di Berlin, juga digelar serentak di dua kota lainnya, Beijing dan New York. Secanggih apa Samsung Gear VR ini?

duniaku-gearvr-2

Tidak seperti Oculus Rift, Gear VR dilengkapi dengan dua tali melingkari kepala dari samping dan atas untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik saat digunkan. Samsung sendiri menjanjikan bahwa kualitas dari Gear VR ini belum ada yang menandingi di ranah mobile. “Samsung Gear VR memberikan pengalaman menonton yang tiada duanya dengan layar 5.7 inch Quad HD Super Amoled dari Galaxy Note 4 yang memberikan visual terbaik yang bisa diberikan perangkat mobile,” ungkap Samsung dalam pernyataan resminya.

duniaku-gearvr-5

Saat ini, Samsung tengah bersiap untuk merilis Innovator’s Edition yang merupakan versi awal dari Gear VR. Meskipun masih versi awal, namun dengan Innovator’s Edition ini kita sudah bisa merasakan pengalaman menggunakan Gear VR seutuhnya. “Dengan menggunakan Innovator’s Edition, pengguna bisa merasa duduk di tempat terbaik dalam sebuah teater, bisa merasa satu panggung dalam sebuah penampilan dengan menggunkaan teknologi 360 3D video, dan bisa menikmati gaming seperti yang tidak pernah dialami sebelumnya,” janji Samsung.

duniaku-gearvr-6

Gear VR dikembangkan sangat mobile, dan nantinya akan menjadi add on dari Note 4. Kamu bisa menyambungkan Note 4 langsung di bagian depan Gear VR menggunakan port micro usb, tanpa menggunakan kabel tambahan atau tethering terlebih dahulu. Selain itu untuk menjaga agar bobotnya tetap ringan, Gear VR tidak menggunakan baterai tambahan, melainkan menggunakan baterai smartphone itu sendiri. Note 4 yang tersambung ini jugalah yang menyuplai konten kepada Gear VR, namun saat pembelian Gear VR kamu juga akan mendapatkan sebuah micro SD berkapasitas 16 GB berisi berbagai macam konten seperti video 3D dan trailer film yang bisa langsung kamu nikmati. Gear VR juga menyediakan tombol volume, tombol back, serta touchpad untuk kemudahan navigasi.

Sampai artikel ini ditulis, Samsung dan Oculus sudah menyiapkan empat pengalaman yang bisa kamu nikmati melalui Gear VR antara lain:

– Oculus Home, adalah sebuah antarmuka yang akan terkoneksi dengan Oculus Store untuk membeli dan men-download konten-konten baru Gear VR.

– Oculus Cinema. Mungkin ini adalah salah satu fitur yang menarik bagi penikmat film, dimana kamu akan diajak untuk menikmati film baik film 2D maupun 3D dalam sebuah teater virtual. Yang menarik, kamu akan merasa tengah berada dalam teater saat menoleh ke kanan dan ke kiri, serta kamu bisa memilih lingkungan teater seperti apa yang kamu inginkan.

– Oculus 360 Videos dan Oculus 360 Photos, dua fitur yang memungkinkanmu untuk memainkan konten video dan gambar panorama.

Oculus Cinema
Oculus Cinema

Dukungan dari pihak ketiga untuk Gear VR ini pun terus mengalir dalam hal konten. Beberapa konten yang sudah dikonfirmasikan akan hadir untuk Gear VR antara lain konten eksklusif Avengers: Age of Ultron di mana kamu bisa menjelajahi laboratorium Tony Stark, beberapa film Hollywood dari IMAX untuk dinikmati dalam teater virtual, serta konten Pacific Rim Jaeger Pilot yang akan menempatkanmu langsung di kokpit Jaeger yang siap beraksi! Selain itu, beberapa game juga dikonfirmasikan akan hadir untuk Gear VR seperti Darknet dan Protocol Zero yang dikembangkan oleh DeNA.

Oculus Home
Oculus Home

Samsung mengkonfirmasikan bahwa Gear VR Innovator’s Edition akan hadir dalam warna putih Frost White dan akan segera dipasarkan tahun ini juga. Namun sayang, Samsung belum mengkonfirmasikan secara pasti berapa banderol harga yang akan disematkan dalam device yang nantinya hanya bisa digunakan khusus untuk Note 4 ini.

Spesifikasi Samsung Gear VR

  • 96˚ Field of  View
  • Accelerator, Gyrometer, Magnetic, Proximity
  • 198 mm (lebar) x 116 mm (panjang) x 90 mm (tinggi)

[Sumber: Samsung/Polygon/AndroidCentral]