IFA 2014: Samsung Membuktikan, Yang Berada di Pinggiran Belum Tentu Tidak Berpengaruh

Galaxy-Note-Edge-2

Internationale Funkausstellung Berlin 2014, atau IFA 2014 mulai digelar 5 – 10 September besok di Berlin, Jerman. Sudah banyak gadget baru dipastikan muncul dikenalkan pertama kali melalui event tersebut. Dan yang paling ditunggu-tunggu adalah kemunculan Samsung dengan Galaxy Note 4 mereka. Bukan hanya satu, Samsung langsung memberikan dua Galaxy Note! Dan khusus untuk Galaxy Note Edge, layarnya yang melengkung otomatis penyedot antusiasme tertinggi di booth Samsung selama IFA 2014.

Galaxy-Note-Edge-3

Galaxy Note 4 memang tidak terlalu mengejutkan, karena kita sudah banyak mengetahui bakal seperti apa penampilannya. Lain halnya dengan Note Edge, yang mengajukan layar melengkung di sisi kanan. Dimensi layar phablet ini memang lebih kecil. Pada 5.6-inchi, kalian masih mendapatkan resolusi Quad HD. Sedangkan bagian layar melengkungnya bisa difungsikan sebagai lokasi jalan pintas aplikasi, atau untuk mengakses notifikasi tanpa perlu menyapukan jari dari ujung atas layar. Oh ya, karena layar melengkungnya berada di sisi kanan, otomatis tombol Power Note Edge pun harus dipindah, dan bisa kalian temukan di sisi atasnya.

Menurut Samsung, konsep Note Edge adalah memungkinkan kita menjalankan aplikasi atau akses notifikasi tanpa harus mengganggu layar utamanya (biasanya untuk masuk notifikasi, swipe dari atas layar, dann tampilan kalian saat ini akan tertutup jendela notifikasi). Sehingga ketika kalian sedang menikmati film misalnya, bisa diatur satu layar penuh, sementara untuk kontrol seperti Pause, Forward dll, mengetahui adanya SMS atau email yang masuk, dan status sistem lainnya, bisa dilakukan / diketahui melalui bagian layar yang melengkung, tanpa harus membuat kalian menginterupsi mode full screen, pause, dan baru melihat ada notifikasi baru apa.

Galaxy-Note-Edge-11

Karena pada dsasarnya sama, Note Edge pun sama seperti Note 4, mendapatkan polesan cat metal di bagian pinggirnya seperti Galaxy Alpha. Sementara itu ada plastik bertekstur di sisi belakang, berperan ganda sebagai penutup kompartemen baterai yang bebas kalian bongkar-pasang. Keseluruhan selain layarnya yang melengkung, eksternal Note Edge serupa dengan Note 4. Demikian juga dengan hardware di dalamnya. Kamera 16-megapixel dengan OIS, chipset Snapdragon 805 atau Exynos 5433 (bergantung wilayah, namun Indonesia biasanya mendapatkan versi Exynos), dan S Pen yang di-update dengan sensitifitas yang lebih baik. 

Galaxy-Note-Edge-4

Lebih detil mengamati layar melengkungnya, ternyata kalian bisa mengkustomisasi tampilannya. Bisa menunjukkan ikon-ikon berbeda, warnanya, dan juga latar belakangnya pun berbeda dari layar utama. Navigasi di bagian layar tersebut dilakukan dengan sapuan jari di semua bagiannya, dan interface-nya dibuat simpel, memanjang, dan berputar sesuai arah sapuan jarimu pada layar melengkung tersebut. Samsung juga sudah menyediakan SDK untuk third-party developer menyentuh area layar melengkung itu dan memanfaatkan fungsinya, menambah aplikasi mereka sendiri ke sana. Dan Samsung sendiri juga akan menawarkan case khusus untuk melindungi Note Edge, namun dengan tetap membuarkan layar di sampingnya terbuka untuk diakses.

Galaxy-Note-Edge-12

Bagian melengkung tersebut melahirkan beragam gimmick menarik. Samsung sudah menunjukkan pada kita apa saja bagaimana seharusnya layar tersebut dimanfaatkan. Seperti misalnya, menampilkan jam alarm dari samping, ketika kalian menempatkan Note Edge di atas meja. Hanya bagian layar melengkung itu saja yang aktif menunjukkan jam dan alarm, sementara layar utama tetap padam, untuk menghemat baterai. Atau, bisa saja sekadar menampilkan notifikasi masuk yang terkumpul, tanpa perlu menghidupkan layar utama. Kalian bisa langsung melihat ada notofikasi apa di sana, dan memutuskan jika memang penting, baru dibuka dengan mengaktifkan layar utamanya. Jalan pintas aplikasi itu pun bukan sekadar 1 ikon saja, karena kalian bisa menumpuknya dan membuat folder di bagian layar melengkung tersebut. Atau, kalian bisa membuatnya menampilkan catatan singkat yang biasanya muncul di lock screen interface TouchWiz-nya Samsung. Berikut beberapa contoh penerapan fungsi layar melengkung pada Note Edge.

Berbeda dengan Note 4, Note Edge hanya disediakan dalam dua pilihan warna, Charcoal Black atau Frosted White saja. Dan jika Galaxy Note 4 sudah dipastikan hadir Oktober 2014 mendatang, untuk yang satu ini, Samsung masih belum bisa memastikan kapan, apalagi berapa harganya. Jika Note 4 sebelumnya diperkirakan beradsa di angka 9 jutaan, bisa jadi untuk Note Edge bakal seperti Galaxy Round atau LG G Flex (dua smartphone pelopor layar melengkung) ketika pertama kali dijual, yaitu di angka 10-12 jutaan!

Samsung GALAXY Note 4 – Official Introduction

IFA 2014: Samsung Membuktikan, Yang Berada di Pinggiran Belum Tentu Tidak Berpengaruh

... karena layar Galaxy Note Edge yang berada di pinggir / sisi kanannya menyimpan banyak opsi yang menarik!

Abaikan

[cb type=”company”]Samsung Electronics[/cb]

Sumber: Samsung