IFA 2014: Selangkah Lagi Untuk Bisa Mainkan Game PlayStation 4 Dimana Saja!

Xperia-Z3-Remote-Play-2

Internationale Funkausstellung Berlin 2014, atau IFA 2014 mulai digelar 5 – 10 September besok di Berlin, Jerman. Sudah banyak gadget baru dipastikan muncul dikenalkan pertama kali melalui event tersebut. Termasuk yang sudah sering menyapa dalam bentuk rumor adalah penerus flagship Sony, Xperia Z3, yang kali ini hadir langsung dengan semua varian levelnya melalui Z3 Series, yaitu versi mini Xperia Z3 Compact dan juga wujud “raksasanya,” Xperia Z3 Tablet Compact.

Ketika anggota keluarga Z3 Series tersebut bakal menjadi jajaran Android pertama di dunia yang bisa mengakses kemampuan Remote Play, yaitu men-streaming-kan game melalui jaringan Wi-Fi, ketika dipadukan dengan konsol now-gen PlayStation 4 mulai November 2014 mendatang di Jepang. Fitur yang saat ini baru dikuasai keluarga PS Vita saja itu akan membuat Xperia-nya Sony memiliki daya tarik tersendiri di mata gamer, khususnya mereka pemilik PS4. Di waktu bersamaan ketika fungsi Remote Play tersebut tersedia, Sony juga bakal menyediakan aksesoris dudukan untuk memasangkan gadget ke Dual Shock 4, sehingga kalian bisa menggunakan kontroler tersebut untuk mengendalikan gadget Android yang melakukan Remote Play.

Xperia-Z3-Remote-Play-3

 

Karena sejatinya kalian memainkan game-game PS4 melalui perangkat Android tersebut, maka untuk pengalaman yang setara, diperlukan kontroler standar Dual Shock 4. Kontroler tersebut bisa dibeli secara terpisah. Namun tentu untuk membuatnya lebih pas sebagai sebuah “remote play” yang logikanya dimainkan secara mobile, dibutuhkan sebuah perangkat tambahan agar kontroler dan Z3 Series menyatu dengan baik (semacam tandem antara Samsung Gear VR, yang sekaligus menjadi dudukan untuk Galaxy Note 4). Untuk itu, Sony bakal menjual perlengkapan yang berfungsi menyambungkan antara Dual Shock 4 dan Z3 Series, sekaligus berperan sebagai dudukan untuk Android tersebut.

Attachment tersebut akan berperang semacam beragam kontroler eksternal seperti MOGA. Jika sekadar untuk menyambungkan, seharusnya add-on aksesoris tersebut tidak mutlak diperlukan. Kalian tinggal mendudukkan Z3 Series di atas meja, dengan penyangga seadanya, sudah cukup untuk merasakan Remote Play. Namun jika mencari pengalaman Remote Play ala PS Vita, maka aksesoris tambahan tersebut memang menjadi keharusan. Sedangkan untuk Dual Shock 4, memang layar sentuh Z3 Series bisa sekaligus difungsikan sebagai kontroler (melalui on-screen controller), seperti terakhir diterapkan Sony melalui game-game untuk PlayStation Mobile. Akan tetapi tetap kenyamanan setara konsol hanya didapatkan ketika game-game tersebut dimainkan melalui Dual Shock 4.

Xperia-Z3-Remote-Play-4

Selama press conference Sony di IFA 2014, mereka mendemokan salah satu game eksklusif unggulannya untuk PS4, yaitu Driveclub, yang dimainkan secara remote dari sebuah PS4 dan di-streamingkan melalui Wi-Fi ke Xperia Z3 (Dual Shock 4 sendiri berhubungan dengan Xperia kalian melalui Bluetooth). Pastikan mengunduh aplikasi Remote Play dari Play Store ketika dirilis November mendatang untuk mendapatkan fungsi ini. Oh ya, sejauh ini Remote Play-nya hanya melalui jaringan Wi-Fi saja, karena jika kalian berpikir bisa main PS4 benar-benar secara mobile dimana saja menggunakan koneksi 3G atau 4G, sepertinya kecepatannya masih belum mumpuni untuk mengirim data game tersebut agar lancar di-streamingkan ke gadget mobile.

Sejauh ini juga belum diketahui apakah Sony bakal memberikan fungsi keren ini untuk Xperia lainnya, namun kalian gamer PS4 dengan smartphone dari vendor lain, sepertinya harus beralih brand. Dan bicara streaming, Sony juga punya layanan lain berbasis streaming, yaitu PlayStation Now, yang esensinya sebenarnya juga berbeda. PS Now memungkinkan kalian memainkan game-game dari brand PlayStation generasi terdahulu, dengan cara streaming karena keseluruhan game disimpan di dalam server cloud. Karena itulah PS Now juga bisa disebut sebagai pengganti fitur backwards compatibility yang hilang di konsol now-gen.

Kembali ke keluarga Xperia Z3, mengenai fungsi remote play itu sendiri sebenarnya juga bukan hal baru. Konsol Nintendo, Wii U, bisa melakukannya melalui GamePad-nya yang berwujud tablet. Kemudian nVidia dengan handheld Shield dan Shield Tablet juga sudah membuktikan bisa menjadi partner gamer PC / Steam dengan syarat GPU yang kompatibel. Fungsi ini sekadar untuk memperluas ekosistemnya Sony. Jika kalian memiliki PS4, dan kebetulan ingin Remote Play, maka cukup gunakan keluarga Xperia Z3, tidak perlu PS Vita. Sepertinya fitur baru ini juga menjadi strategi integrasi konsol dan mobile baru, setelah terakhir mereka rela mematikan platform PS Mobile.

Xperia™ Z3 – immerse yourself in an authentic gaming experience with PS4 Remote Play

IFA 2014: Selangkah Lagi Untuk Bisa Mainkan Game PlayStation 4 Dimana Saja!

... melalui fasilitas Remote Play-nya Xperia Z3 Series, yang mampu streaming game PS4 ke Android.

Abaikan

[cb type=”company”]Sony Mobile[/cb]

Sumber: Sony


SHARE
Previous articleNasib Tragis Xbox One di Negeri Matahari Terbit
Next articleMau Hidup 16 Tahun Lebih Lama? Main Game Saja!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.