Popcon Asia 2014: Usung Tema “Be Pop, Be You”, Superhero Lokal Jadi Menu Utama

Popcon 2014

Popcon Asia salah satu festival pop culture yang cukup populer di Indonesia akan hadir untuk yang ketiga kalinya. Namun, khusus tahun ini ajang festival industri kreatif ini berpindah tempah ke Smesco Exhibition Hall, setelah tahun kemarin di Jakarta Convention Centre.

Sekitar dua minggu sebelum Popcon Asia 2014 berlangsung, pada 19-21 September 2014. Pihak panitia mengadakan perkenalan tentang apa yang akan ditampilkan di Popcon tahun ini, lewat Pre Event Popcon Asia 2014, pada 3 September 2014 di Toko Buku Kinokuniya, Jakarta. Popcon 2014 akan mengusung tema “Be Pop, Be You” yang menampilkan lebih dari 100 booth dari berbagai produk, seperti komik, film, mainan, dan animasi dari berbagai artist dan pekerja seni ternama dari dalam dan luar negeri.

Popcon 2014 pre event 1

“Kami ingin menjadikan Popcon sebagai wadah yang merangkul lebih banyak kalangan, baik umum maupun kreatif. Ajang ini bertujuan untuk meningkatkan rasa optimis bagi para pelaku industri kreatif lokal dengan memberikan apresiasi kepada mereka, sekaligus menunjukan kepada khalayak umum bahwa industri kreatif Indonesia tidak kalah dari Jepang, Amerika, dan negara lain di dunia,” kata Mayumi Haryoto, Program Director Popcon Asia 2014.

Mayumi juga menyatakan kalau tahun ini Popcon akan mengedepankan karya lokal yang belakangan mulai banyak digemari, salah satunya adalah superhero lokal. Nama-nama seperti Gundala, NusantaRanger, Bima X, Gatot Kaca dan Pendekar Tongkat Emas akan menjadi fokus utamanya.

“Popcon Asia ingin menampilkan Indonesia ke dunia luar. Bagaimana ikon dan kekayaan intelektual asli Indonesia punya kualitas internasional yang bisa diterima bukan cuma oleh konsumen dari dalam negeri, tetapi juga dari luar,” tambah Mayumi.

Popcon 2014 pre event 2

Meski fokus ke karya lokal, Popcon tetap tidak lupa memberikan ilmu tentang industri kreatif dari luar yang akan diisi oleh, Nakanari, artist dari Amerika Serikat, Harvey Tolibao dari Filipina, dan tidak ketinggalan Ardian Syaf, komikus DC dan Marvel Comics dari Indonesia. Dengan salah satu sesi yang cukup menarik yaitu, adu gambar antar dua artist.

Founder Popcon Asia, Grace Goh yang juga hadir kemarin, menyampaikan kalau tahun ini Popcon didukung pusat kebudayaan Perancis dan Korea dengan tujuan memperkaya wawasan dan mengetahui lebih dalam perkembangan pop culture negara mereka. Nama Ankama Studio dan Ubisoft sudah dijadwalkan akan hadir, serta Pororo dan Robo Car yang akan mewakili Korea.

Popcon Asia 2014 pun akan diisi oleh Kosasih Award, ajang penghargaan bagi para komikus lokal, serta Popbabes, pemilihan wanita yang nantinya bisa menjadi Ambassador Popcon Asia 2014 di Indonesia. Popbabes kali ini akan jadi yang pertama di Indonesia dan salah satu pencetusnya adalah Dennis Adhiswara.

 


SHARE
Previous articleDigital Life Mempersembahkan “Digital Play Park” Sebagai Expo Game di Indocomtech 2014
Next articleRobin Williams Akhirnya Diabadikan Sebagai NPC dalam World of Warcraft

Lulusan Politeknik Negeri Jakarta yang belum puas kuliah, tapi udah sering nulis di media online. Suka game dari kecil, tapi gak pernah fokus. Alhasil, cuma bisa nge-PES doang. Namun, dunia jurnalistik membawanya ingin mengetahui semua hal di dunia, terutama Game dan Sepak Bola. Dan sekarang, Ia coba mewujudkannya!