9 Cara Bikin Hobi Nge-Game Kamu Jadi Duit

gini caranya bikin hobi game jadi duit

Seringkali ditanya oleh orang tua, buat apa sih main game ? jadi apa kamu nanti kalau main game terus terusan atau pertanyaan lain yang mempertanyakan “hobi” yang terkait dengan dunia game.

Hal ini wajar karena jaman orang tua dulu memang industri game belum terbentuk sehingga tidak salah juga kalau ortu cenderung negatif. Namun, jaman sudah berubah, profesi terkait game semakin lama semakin banyak dan tentunya semakin populer. Yuk intip beberapa cara bikin hobi nge game mu jadi duit.


9

Streaming Game Play


streaming game, lewat twitch

Citizen mungkin pernah baca berita, tentang heboh heboh Twitch, Google dan Amazon yang diakhiri dibelinya twitch oleh Amazon seharga 11 trilyun. Apaan sih Twitch itu, kenapa sih begitu mahal ?. Salah satu penjelasannya karena gamer yang menayangkan game play nya di platform itu bisa dapat uang. Diperkirakan gamer bisa mendapatkan tidak kurang dari $10.000 dollar per bulan dari menayangkan video nya saja.

Yah tentu ada syaratnya, kamu harus bener bener populer di saluran tersebut, menyajikan show yang unik dan menarik sehingga menarik sponsor untuk masuk.


8

Ikut Turnamen Game


ikut turnamen game

Ikut turnamen game jelas bukan ide baru. Sejak tahun 1990 an akhir saja dulu sudah ada beberapa turnamen yang diselenggarakan di kota besar di Indonesia. Namun demikian popularitasnya baru benar benar naik 5 tahun terakhir ini dengan masuknya sponsor besar di industri ini.

Baru baru ini bahkan diselenggarakan turnamen Dota 2 yang berhadiah Total $10 Juta atau setara dengan 60 milyar rupiah. Dengan besarnya hadiah tersebut, bayaran turnamen E-Sport sudah setara atau lebih tinggi daripada olahraga paling mahal dunia seperti golf dan tennis.


7

Jadi Game Tester


game tester

Pekerjaan mapan lain yang bisa citizen pertimbangkan adalah game tester, tugas dari game tester ya…main game. Memang sih berbeda dengan cara kita main biasanya, tapi lebih kepada mencatat kekurangan dari game yang menjadi tugas kita.

Bayaran dari game tester di luar negeri bisa mencapai 550 juta rupiah setahun. Kabar baiknya adalah seringkali pekerjaan tersebut bisa dikerjakan di rumah dan bahkan tidak perlu pergi ke kantor.


6

Jadi Pro Gamer


jadi pro gamer

Salah satu opsi lain adalah menjadi pro gamer, persis sepertinya namanya pro gamer berarti pemain game profesional. Arti kata profesional ini mempunyai 2 maksud, di satu sisi kita mempunyai gaji bulanan, asuransi dan benefit lainnya tapi di sisi lain juga harus bekerja fulltime.

Hebatnya adalah gaji dari pro gamer ini cukup besar, jika kita termasuk pro gamer paling sukses tidak kurang dari $400.000 bisa kita kantongi setiap tahunnya. Gaji ini setara dibandingkan pekerjaan “mapan” lainnya seperti dokter atau pengacara di Amerika serikat.


5

Jadi Publisher Game


game publisher, ragnarok online indonesia

Pernah menyadari kan kalau salah satu Industri game paling berkembang di Indonesia adalah penerbitan game. Jika citizen kenal ragnarok online, ayodance dan pointblank semuanya diterbitkan oleh perusahaan yang ada di Indonesia. Di Indonesia sendiri sudah ada sekitar 20 game publisher dengan omset total tidak kurang dari 1,2 Trilyun rupiah setahunnya.

Pekerjaan publisher sendiri cukup sederhana, yaitu membeli lisensi game dari game developer lalu dipublikasikan di Indonesia. Untuk layanan tersebut publisher biasanya mengutip bayaran ke pengguna, baik dalam bentuk biaya langganan atau secara freemium


4

Jadi Game Master


game master, the matrix

Ini adalah pekerjaan yang biasanya cukup unik, tugasnya adalah jadi semacam “pemerintah” di dunia game. Sebagai game master biasanya kita melakukan pengawasan agar tidak terjadi hal hal buruk dan melanggar aturan permainan di dunia maya.

Beberapa game master biasanya direkrut dari pemain  veteran, sehingga sangat memahami apa proses yang terjadi didalam dunia game tersebut. Walaupun nampak seperti dewa didalam dunia maya, Game master biasanya diperlakukan sebagai pegawai kelas “rendahan” di perusahaan game dan tidak mendapatkan gaji yang cukup.


3

Jadi Game Developer


hideo kojima game developer

Pilihan menjadi game developer juga harus diperhitungkan, karena mayoritas orang ingin menjadi game developer karena awalnya suka terhadap game tertentu. Sebagai contoh, Arief Widhiyasa salah pemilik Agate salah satu alasan jadi game dev karena dulu suka main Ragnarok Online

Profesi menjadi game developer ini sangat patut diperhitungkan, karena gajinya sendiri cukup besar, untuk game developer bepengalaman, tidak kurang dari 900 juta rupiah bisa dikantongi per tahunnya.


2

Bikin Channel Youtube


pewdiepie streamer

Tahu PewdiePie kan ? Pemilik channel di youtube yang biasanya membahas game ini sering sekali disebut sebagai salah satu yang paling sukses. Pekerjaannya ? ya mereview game, tapi dia lakukan dengan gaya yang unik sehingga sangat disukai penonton. Diperkirakan dia mendapatkan penghasilan sebesar 4 Juta Dollar setahunnya. 10 Kali lipat dari gaji presiden Amerika Serikat.

Si Pewdiepie ini juga cukup berperan dalam suksesnya Dreadout, salah satu game Indonesia bergenre horror yang memilih jalan crowdfunding.


1

Bikin Media Game


1

Bisnis media juga salah satu pilihan menarik yang bisa diambil, berawal dari kesukaan bermain game, duniaku.net ada. Di dunia beberapa media yang cukup sukses diantaranya ign.com dan kotaku.com. Berdasarkan estimasi website pemeringkat, IGN sendiri dinilai tidak kurang dari 2,8 Juta dollar, yaitu sekitar 35 Milyar rupiah, Bahkan website di Indonesia seperti duniaku.net juga bernilai milyaran.

Tentu estimasi ini tidak mempertimbangkan kekuatan merk yang dimiliki, namun sudah cukup menggambarkan berapa nilai sebuah media game yang populer.

Ini Alasan Kenapa Gamer Mudah Membangun Bisnis Sukses

Gamer dimana-mana dianggap sebagai pemalas dan orang "gagal". Padahal dengan dorongan tepat, gamer mudah membangun bisnis sukses. Inilah 10 alasan pendukungnya
Baca Juga

Membangun media juga cukup menantang, karena dengan ini kita akan banyak menulis, salah satu cara paling efektif untuk menjadi orang sukses di abad konten digital ini.


Gamer, itulah 9 pilihan profesi yang bisa dilakukan untuk menjadikan hobi main game kamu jadi masa depan. Memang sih itu baru populer di negara maju, tapi rasanya adalah keniscayaan tren tersebut akan datang ke Indonesia.

Tentu saja semua harus dilakukan secara serius, seperti semua pekerjaan lainnya. Tapi setidaknya kalian  dari awal sudah menyukai bidang pekerjaan ini. sukses selalu ya.