Dokumentasi JGJ48 #Merdeka: Serunya Rayakan Kemerdekaan dengan Membuat Game!

cover-jgj48

Setelah sukses dalam menyelenggarakan Jogja Game Jam 48 Hours (JGJ48) pada September 2013 lalu dan menjadi salah satu inisiator terselenggaranya Global Game Jam 2014 di beberapa kota Indonesia, komunitas game developer Jogjakarta atau yang lebih dikenal dengan Gamelan kembali menyelenggarakan sebuah game jam. Kali ini, mereka menyelenggarakan JGJ48 bertema kemerdekaan untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2014 silam.

duniaku-jgj48-1

Seperti pelaksanaan JGJ48 sebelumnya, dalam JGJ48 #Merdeka kali ini peserta juga berkolaborasi satu dengan yang lainnya untuk mengembangkan game dalam waktu 48 jam. Peserta yang terdaftar terbagi menjadi beberapa tim yang dibentuk sesaat sebelum game jam dimulai. Acaranya sendiri dimulai pada 15 Agustus pukul 17.00 dan berakhir tepat pada perayaan hari Kemerdekaan, 17 Agustus 2014 pukul 20.00.

duniaku-jgj48-8

Dari peserta yang terdaftar, akhirnya terbentuk delapan tim yang masing-masing berhasil menelurkan game dalam waktu 48 jam pelaksanaan. Kamu bisa mencoba game-game yang sudah mereka hasilkan dengan mengunjungi halaman Tumblr resmi mereka. Selain itu, jika kamu penasaran dengan bagaimana suasana serunya mengembangkan game selama 48 jam ini, pihak panitia sudah membuat video dokumentasi yang bisa kamu simak di bawah ini.

Dokumentasi JGJ48 #Merdeka: Serunya Rayakan Kemerdekaan dengan Membuat Game!

.. kamu juga bisa mencicipi game yang mereka buat!

Abaikan

Pelaksanaan JGJ48 #Merdeka ini juga meninggalkan kesan positif bagi para pesertanya. “”Kenapa Ikut GameJam?? Hal yang paling penting yang saya rasa menjadi alasan saya untuk ikut game jam adalah pengen banget untuk nambah temen, dan link serta belajar dengan para peserta lain yang telah lama berkecimpung didunia game ini,” ungkap Ramadhany Candra, salah satu peserta yang tergabung dalam tim Bhineka seperti dikutip dari akun Tumblr resmi JGJ48. “Harapanku ikut JGJ adalah untuk me-refresh ritme sehari-hari, yang aku anggap mulai sedikit hambar, dan yang jelas juga adalah untuk bereksperimen! Alhamdulillah hal-hal itu aku dapetin di edisi Merdeka ini. Aku dan tim merasa seolah ‘limiter’ kinerja kami lepas dan teringat akan  potensi kami sebenernya,” ungkap peserta lainnya, Damas Nawanda yang merupakan salah satu kru Amagine Interactive.

Bagaimana, seru bukan nge-jam bareng bersama teman-teman baru yang memiliki passion sama? Nantikan pelaksanaan Game Jam berikutnya baik di Jogjakarta maupun di kota-kota lain ya!


SHARE
Previous articleSetelah Menyiarkan Tournament Dota 2, ESPN Sebut e-Sports Bukan Olahraga
Next articleLytogame, Razer dan Lyto Mobi Menghadirkan Event Kolaborasi untuk Menyambut LGF 2014

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.