Kelasnya Isinya PS, 3 SKS Kuliahnya PS, UAS nya Tentang PS, Gak Ada Kuliah Pun Bisa Main PS!

kelas playstation (4)

Video game telah menjadi industri yang besar di masa kini. Hal ini dapat dilihat dari persaingan yang terjadi di pasaran video game. Di tingkat hardware, perang  konsol terjadi antara Sony, Nintendo, Microsoft, dan lainnya dengan berlomba-lomba menghadirkan konsol temutakhir. Tidak hanya konsol, persaingan hardware juga terjadi pada handheld, virtual reality, gadget dan lainnya. Belum lagi jika membahas persaingan software, dimana satu game dengan yang lainya bersaing menarik perhatian gamer, sembari melancarkan strategi bisnis untuk meraih keuntungan saat pre-sale, sale, hingga after sale.

Berkembangnya industri video game tentunya selaras dengan berkembangnya keilmuan yang terkait di dalamnya. Banyak hal yang bisa dikembangkan terkait dengan keilmuan video game, mulai dari hal riset, produksi, marketing, dan lainnya. Maka tak heran beberapa kampus di dunia mulai membuka jurusan atau kelas mengenai video game. Contoh halnya banyak kampus di Amerika Serikat yang membuka jurusan video game, seperti The University of the Arts di Philadelphia atau Art Institute of California, Los Angeles. Di Indonesia sendiri juga mulai membuka jurusan terkait video game, contohnya program S2 Teknologi Media Digital dan Game di Sekolah Teknik Elektro Insitut Teknologi Bandung.

Saat ini jurusan video game semakin serius dipandang oleh pelaku industri video game itu sendiri. Pada 4 September lalu, Sony Computer Entertainment Korea mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan pembangunan ruang kelas PlayStation di kampus Sangmyung University di Seoul pada tanggal 3 dan diharapkan akan memulai kelas pertama pada tanggal 5.

kelas playstation (1)

Kelas PlayStation dipersiapkan untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah terkait game sehingga mereka bisa mempelajari prinsip-prinsip konsol game di lingkungan yang menyenangkan. Dalam kelas, ada PlayStation 4 dan mesin PlayStation Vita terbaru, dengan meja-meja berbentuk seperti kontroler DualShock 4. Kelas ini juga dilengkapi dengan HDTV yang terhubung dengan PS4 dan PS Vita di setiap meja.

Kelas PlayStation bukan merupakan kelas khusus tapi menjadi salah satu kelas reguler dengan beban 3 SKS yang berlangsung 15 minggu dari tanggal 5 sampai 19 Desember. Siswa akan bertemu setiap Jumat pukul 04:00. Setiap minggu, dosen tamu khusus akan diundang untuk berbicara di kelas, termasuk komedian Yoo Min-sang pada minggu keempat.

“Saya senang untuk membuka program PlayStation di Sangmyung University, universitas pertama di Korea yang menciptakan departemen  game dalam perkuliahan software engineering. Kami di Sony akan melakukan yang terbaik untuk memberikan nilai bagi mahasiswa dengan berbagai cara”

– Shiro Kawauchi, Kepala Sony Computer Entertainment Korea

Jika tidak ada kelas, kelas PlayStation akan terbuka untuk umum antara Senin dan Kamis (pukul 3.00 sampai 5.30) sehingga siapa pun dapat memainkan demo game PlayStation. Berikut adalah silabus perkuliahan kelas Playstation di Sangmyung University.

Pertemuan

Tanggal

Materi Perkuliahan

1

2014-09-05

  SCE platform and PlayStation® About

2

2014-09-12

  Video game console history

3

2014-09-19

  Sangmyung Topics (Game Development Engine related lectures)

4

2014-09-26

  Artists Invited lecture (comedian yuminsang)–   information passed on Sports

5

2014-10-03

  Canceled (Foundation Day)

6

2014-10-10

  Console Games 100 times nightlife

7

2014-10-17

  Game music composer

8

2014-10-24

  Midterm

9

2014-10-31

  Sangmyung Topics (Game Graphic River)

10

2014-11-07

  Online and mobile, social game design & development

11

2014-11-14

  Indie Games A to Z

12

2014-11-21

  Game site visits

13

2014-11-28

  PS4 ™ game development practices

14

2014-12-05

  Sangmyung Topics (game marketing lecture)

15

2014-12-12

  Final Exam

16

2014-12-19

  SCE Lecture and class Possess a good command of the sagittal

Dapat dilihat pada jadwal, selain perkuliahan video game, tentu saja ada Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Tidak diketahui bagaimana bentuk ujian di kelas ini, apakah teori atau praktek.

Untuk saat ini sepertinya hanya menjadi mimpi untuk orang Indonesia untuk bisa memiliki kelas perkuliahan seperti ini. Mungkin pengadaan ruang kelas seperti ini dapat dianggap sebagai laboratorium praktek. Jika ada developer game dapat mensponsorinya, tentu keilmuan video game di Indonesia akan semakin maju.

kelas playstation (2)

kelas playstation (5)

kelas playstation (3)

Sumber :


SHARE
Previous articleOMEGA #130: Melihat Miniatur Industri Game di Indonesia
Next articleAldnoah/Zero Kembali Nge-PHP di Episode 10
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.