TGS 2014: Game-game Indie Kembali Menjamur di Panggung Internasional

TGS-2014-2

Seperti yang pernah kami laporkan tahun lalu, event game tahunan di Jepang, Tokyo Game Show akan kembali berlangsung pada tanggal 18 hingga 21 September 2014. Seperti sebelumnya, Duniaku kembali mendapat kehormatan sebagai salah satu media resmi Tokyo Game Show 2014 (TGS 2014), dan kami akan melaporkan salah satu event game bergengsi tersebut langsung dari Makuhari Messe.

TGS-2014-1

Tokyo Game Show 2014 masih sama akan diadakan oleh Computer Entertainment Supplier’s Association (CESA) yang bekerjasama dengan Nikkei Business Publications. Dua hari pertamanya seperti sebelumnya akan menjadi Business Day untuk para peserta, sedangkan dua hari selanjutnya menjadi Public Day, dimana masyarakat umum bisa masuk ke dalam dan melihat apa saja yang dipamerkan oleh studio game dari Jepang khususnya, dan bahkan studio game Indonesia, yang sudah menunjukkan keikutsertaannya mulai TGS 2012 lalu.

Duniaku akan kembali terbang ke Jepang untuk melaporkan langsung TGS 2014.
Duniaku akan kembali terbang ke Jepang untuk melaporkan langsung TGS 2014.

Redaksi Duniaku kembali mendapatkan press release dari Tokyo Game Show 2014, yang menunjukkan bagaimana TGS berevolusi sebagai bagian globalisasi dan memperlebar empat proyek internasional melalui Indie Game Area, SENSE OF WONDER NIGHT 2014, Asia New Stars Area dan International Party + Indie Night.

Salah satu catatan penting selama TGS 2013 lalu adalah untuk pertama kalinya Indie Game Area dibuka. Dan melihat antusias pengunjung atas game-game indie tersebut, tidak heran jika tahun ini pihak penyelenggara masih menjadikannya sebagai salah satu rujukan. Indie Game Area menjadi ruang untuk para developer game dari seluruh dunia. Ada 310 developer yang sudah mendaftarkan namanya untuk masuk di area ini. Namun setelah diseleksi, hanya 68 developer game independen dari 17 negara/wilayah yang bisa memamerkan produknya selama TGS 2014. 

TGS-2013-Gree-9

SENSE OF WONDER NIGHT 2014, atau biasa disingkat SOWN 2014, merupakan ajang yang sudah berlangsung sejak tahun 2008 lalu. Tujuan dari SOWN adalah untuk mencari ide game baru yang bukan hanya mampu mengejutkan dunia, namun juga bisa merubahnya melalui sebuah “Sense of Wonder”. Duniaku mendapatkan kesempatan menjadi salah satu yang pertama melihat langsung seperti apa ide dan konsep tersebut diungkapkan. Dan untuk SOWN tahun ini, atau tahun ketujuh, jumlah yang mendaftarkan iden dan konsepnya mencapai 136. Namun yang terpilih hanya 10 finalis saja, dan empat negara berbeda yang akan menunjukkan presentasinya selama TGS 2014. Finalis tersebut sebagai berikut:

  • 8BitMMO – Archive Entertainment
  • Chained – DigiPen student team “Those Guys”
  • DubWars – MURA Interactive
  • Expand – Chris Johnson and Chris Larkin
  • FILL – Yo1 Komori Games
  • Lurking – Digipen Singapore
  • Miegakure – mtb design works
  • Picolecitta – Teco
  • Push Me Pull You – House House
  • Speedrunners – tinyBuild Games

Asia New Stars Area yang diadakan mulai tahun 2012 menjadi rujukan bagi kita untuk mencari perusahaan-perusahaan baru yang berasal dari Asia, dan mulai berkiprah di industri game. Untuk tahun ini, sudah ada 67 perusahaan dari 10 negara yang membuka ruang khusus di tengah TGS 2014. Indonesia sendiri mengirimkan beberapa studio gamenya, dengan dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Studio game yang akan ikut serta antara lain, Anantarupa Studios, Kidalang, Artoncode dan juga Touchten.

duniaku-tgs2013-2
Booth studio game Indonesia selama TGS 2013

Dan bagian proyek internasional TGS adalah ajang International Party, yang digelar sejak tahun 2007, serta Indie Night. Yang satu ini ditujukan untuk para peserta dari luar Jepang, untuk mengisi Indie Game Area dan SOWN 2014.

Selain itu, proyek internasional lainnya seperti “Cyber Games Asia” dan “Cosplay Collection Night @ TGS” juga tetap akan diadakan selama TGS 2014.

Sampai akhir Agustus, jumlah peserta yang terdaftar mencapai 417, dan 204 diantaranya dari luar Jepang. Dan itu sudah melampaui rekor tahun sebelumnya, yang mencapai 162 peserta. Dengan jumlah tersebut, CESA percaya bahwa tahun ini TGS 2014 akan memecahkan rekor baru dengan 417 peserta yang menunjukkan 731 game. Keseluruhan jumlah tersebut 75 persen lebih banyak dibandingkan tahun lalu, dan jumlah game yang didemokan juga meningkat dua kali lipat.

Diantara ratusan game tersebut, ada sekitar 80 diantaranya merupakan game Indie yang bisa dilihat di Indie Game Area. Headset virtual reality yang sempat kami coba selama TGS 2013 lalu pun akan kembali hadir di lantai TGS tahun ini.

Duniaku akan melaporkan langsung event tersebut dari Jepang, jadi pastikan untuk terus memantau kami untuk informasi lebih lanjut.


SHARE
Previous articleIFA 2014: Wearable Baru Sony Ini Untuk Mereka yang Pede Ngobrol Dengan Pergelangan Tangannya!
Next article4 Alasan Kenapa Indonesia Butuh Game Rating Sendiri
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.