Terbukti ! Inilah 5 Cara Dapatkan IP Cumlaude Walaupun Nge-game Terus

gamer ipk cumlaude

Citizen pernahkah mengalami dilema ini, pengen banget ngegame tapi bingung kuliahnya, Di sisi lain, dulu waktu mau kuliah sudah janji ke ortu bakalan kuliah beneran, dapat IPK cumlaude, bawa menantu kaya raya dan jadi patriot bangsa dan negara. Jangan khawatir, duniaku memiliki beberapa tips untuk mencapai target IPK cumlaude walaupun tetap memelihara hobi ngegame.


5

Pahami Sistem SKS


 kebut sistem sks

Tahu kan artinya SKS ? yang jelas bukan sistem kebut semalam. SKS ini merupakan sistem di perguruan tinggi yang memungkinkan kita mengatur beban kuliah. Eit bukan berarti kalau kita pengen ngegame tapi mengurangi beban kuliah, biarkan saja beban kuliah itu. Yang perlu diatur adalah cara memanfaatkan sisa waktunya.

Sistem ini mendesain kita untuk hadir di kelas 50 menit, 50 menit tugas dari dosen dan 50 menit belajar mandiri dengan total 150 menit. Artinya jika citizen ambil 18 SKS maka hanya perlu mengalokasikan waktu 40 jam seminggunya. Asumsikan lagi bahwa dalam seminggu kita masih pengen jadi manusia normal  kita masih ada waktu main game 3,5 jam sehari.

Jika belajar sungguh sungguh sesuai waktu yang diwajibkan sistem ini menjamin kebanyakan mahasiswa akan mendapatkan IPK minimal cumlaude.


4

Ajak Teman Ikut Main


main game bareng temen

Sistem penilaian perguruan tinggi berbeda dengan pada saat di SMA dulu, kalau di SMA guru tidak wajib memberi nilai 9 atau 10 kalau memang tidak ada pintar sekali. Di kuliahan dosen harus melakukan normalisasi nilai supaya ada nilai A, Loh kok bisa ada aturan begitu ? mayoritas sistem akademik di perguruan tinggi menetapkan bahwa jika di kelas tidak ada nilai A atau mayoritas dapat nilai jelek, maka dosennya yang dianggap kurang cakap mengajar. Hal ini menyebabkan dosen terpaksa harus melakukan normalisasi jika mayoritas nilai kelas jelek.

Nah, implikasinya adalah ada 2 cara supaya kamu dapat nilai A, cara yang membosankan adalah nilai kamu lebih tinggi dari rata rata kelas, Cara yang lain adalah menurunkan nilai rata rata kelas. Gimana caranya ? yaa…ajak mereka main bareng terus terusan. Nanti kalau sudah keracunan ngegame tentu dirimu lebih gampang dapat nilai lebih tinggi dari rata rata kelas.


3

Ajak Dosen Main Game Bareng


dosen-ajak-main

Jangan dikira dosen itu makhluk super dari dimensi lain, kalau citizen cermati, mayoritas dosen itu suka ngegame juga-jadi bisa diajak main bareng. Biasanya dosen yang masih muda akan menanggapi ajakan tersebut dengan riang gembira. Nah setelah mau diajak main kuncinya adalah sering seringlah pura pura mengalah, tapi jangan ketahuan kalau mengalah nanti bisa kagak enak.

Loh apa hubungannya mengalah dengan IP bagus. Eit ini ada dasarnya loh, beberapa penelitian psikologi mengatakan bahwa semakin dekat seseorang maka semakin bias kalau mau memutuskan memberikan nilai kuliah jelek, ditambah lagi sudah pernah bikin kamu kalah di depan publik, pasti dia semakin ragu berikan nilai jelek. Jangan khawatir, tips ini sudah sangat teruji di jaman saya kuliah dulu.


2

Belajar Multi Tasking


 belajar multitasking

Ini yang banyak orang kurang paham, banyak yang meragukan bahwa manusia bisa melakukan multitasking. Kemampuan multitasking alias kerjakan banyak pekerjaan dalam waktu yang sama itu tidak lain merupakan keterampilan, seperti halnya membaca atau menulis. Artinya seperti banyak hal lain di dunia ini multitasking bisa dipelajari. Karena merupakan keterampilan, jika dilatih kita bisa semakin efisien mengerjakan beberapa tugas sekaligus. Pada saat kita sudah bisa menguasai keterampilan ini tentu tidak masalah jika belajar disambi main game.

Perlu dicermati bahwa game yang bisa dipilih hanya genre tertentu saja. Terutama game yang berbasis strategy dan turn based. Saya pribadi menyarankan game civilization atau heroes menjadi awal untuk belajar multitasking. Seiring bertumbuhnya kemampuan multitasking kamu, game yang membutuhkan waktu khusus tapi berbasis instance seperti ayodance bisa menjadi langkah selanjutnya.


1

Manfaatkan Multi Monitor


multimonitor

Tahukah kalian bahwa menggunakan beberapa monitor sekaligus dapat meningkatkan efisiensi sampai 30%. Dengan menggunakan hal ini, kita bisa main game di satu layar dan belajar di layar monitor lainnya. Dari efisiensi yang didapatkan dari multi monitor, setidaknya bisa menambah waktu main game 2 jam sehari.

Tentu penggunaan multi monitor ini membutuhkan biaya tersendiri. Tapi jika rasanya cukup worth it, tentu di harus dikombinasikan dengan kemampuan multitasking seperti yang dibahas sebelumnya. 

Jadi, inilah 5 cara dapatkan IP cumlaude (atau summa cumlaude) meskipun lagi aktif sekali main game. Jangan khawatir, cara ini sudah pernah dipraktekkan penulis waktu dulu melakukan studi, dan 100% terbukti (setidaknya di kampus penulis). Gak percaya ? ini buktinya