Apple Kembali Mengulang Kebiasaan Lama (di Android) Untuk Sebuah Tren yang Baru

iPhone-6-1

Setahun setelah iPhone 5, Apple pun mengenalkan penerusnya, iPhone 6, melalui sebuah live event yang digelar di markasnya di Cupertino. Dan seperti biasanya, kita selalu bisa menebak apa yang ditawarkan Apple melalui smartphone barunya. Karena memang dengan lihainya mereka bisa merubah fitur tahun lalu, menjadi sebuah tren yang dianggap sebagai sesuatu yang heboh setahun ke depan. Namun apa yang mereka tawarkan kali ini ternyata lebih mainstream. Ya, kita kembali bisa mengatakan, itu sudah biasa ditawarkan vendor lainnya. Namun karena ini datang dari Apple, tetap saja dua tipe iPhone baru, dengan dua ukuran, dimensi layar, dan juga spesifikasi yang berbeda, dikembalikan ke pasar sebagai sebuah tren baru.

iPhone-6-2

Melalui event Apple Live yang digelar kemarin malam, Apple mengkonfirmasikan iPhone 6, iPhone 6 Plus yang lebih besar ukurannya, dan juga smartwatch pertamanya, Apple Watch. iPhone 6 diposisikan sebagai penerus langsung iPhone 5S, sekaligus menandai perubahan drastis ukuran fisik layar sebuah iPhone, sejak mereka juga memperbesar (atau lebih tepatnya, membuatnya menjadi lebih tinggi) layar iPhone 4 menjadi 4-inchi dalam iPhone 5 (dan terus dipertahankan untuk 5C dan 5S). Dibandingkan iPhone 5S, layar iPhone 6 membesar 0.7-inchi, menjadi 4.7 inchi, dan kali ini pun bukan sekadar semakin tinggi saja, namun layar barunya membuat iPhone 6 makin membesar. Dimensi layar yang sangat umum digunakan oleh flagship smartphone dari brand lain sekitar 2 tahun lalu.

iPhone-6-3

Keputusan memperbesar ukuran layar tersebut sebagai hasil makin menurunnya market share Apple di tengah pasar smartphone dibandingkan perusahaan lain yang sudah lebih dahulu memproduksi smartphone dengan layar lebar (seperti Samsung, yang populer melalui Galaxy S4, dengan layarnya yang berukuran 5-inchi). Selain itu, mulai awal tahun ini sudah banyak yang melaporkan jika Apple bakal membuat layar iPhone terbaru berukuran besar, 4.7-inchi, dan satu lagi dengan ukuran 5.5-inchi, untuk berkompetisi dengan vendor lainnya yang kita sendiri sudah familiar mengajukan versi mini dari flagship dengan layar berukuran di atas 5-inchi.

Lanjut ke halaman 2…

1
2
3
4
5

SHARE
Previous articleMulai Minggu Depan Kalian Bisa Belanja di “Steam” dengan “Rupiah”
Next article“Crazy Shooter Roadshow” Kelilingi 4 Pulau di Indonesia

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.