IFA 2014: Bukan Versi Mini, Namun Jelas Menjadi Penurunan Spec Dari Vibe Z2 Pro

Lenovo-Vibe-Z2-2

Lenovo pertama kali mengkonfirmasikan penerus seri flagshipnya melalui Vibe Z2 Pro, awal Agustus 2014 lalu di Tiongkok. Dan banyak yang menduga mereka bakal memboyongnya selama IFA 2014 kemarin. Ternyata meleset, justru Lenovo memperkenalkan seri Android kelas atas lainnya, yaitu Vibe Z2 bersama Vibe X2.

Jangan disamakan dengan Vibe Z2 Pro yang sudah kami ulas sebelumnya (buka melalui tautan berikut), karena Vibe Z2 ini tipe yang berbeda. Vibe Z2 merupakan smartphone pertama Lenovo yang menjalankan sistem 64-bit, dan diposisikan duduk diantara Vibe Z2 Pro dan Vibe X2. Dimensi layarnya 5.5-inchi, pada resolusi yang hanya HD 720p alias 720 x 1280-pixel, dengan tingkat kecerahan 520nit, membuatnya sebagai salah satu smartphone dengan tingkat kecerahan layar tertinggi yang pernah ada.

Di bawah layarnya, Lenovo memberikan mesin utama prosesor Snapdragon 410prosesor 64-bit pertama yang ditawarkan Qualcomm, dan core Cortex-A53 yang digunakan beroperasi pada kecepatan maksimal 1.2GHz. Prosesor yang tergabung dalam chipset Qualcomm 8916 tersebut juga didukung dengan memory 2 GB RAM dan GPU Adreno 306. Vibe Z2 menjalankan semua operasinya melalui baterai 3,000-mAh, dan juga memiliki internal storage 32 GB seperti kedua seri Vibe lainnya. Berkat chipset yang digunakan, Vibe Z2 juga mampu terhubung dengan koneksi data 4G LTE, serta juga mendukung dua slot kartu SIM GSM, sama seperti Vibe Z2 Pro dan Vibe X2.

Satu keunggulan Lenovo Vibe Z2 adalah kemampuan fotografi dari kamera sekundernya, yang mencapai 8-megapixel. Sekilas sepertinya terlalu besar untuk menghasilkan foto selfie, namun kami yakin ada banyak pengguna yang lebih percaya ukuran kualitas dilihat pada nominal megapixel tinggi. Sensor kamera untuk selfie tersebut juga dilengkapi lensa anti-distortion, dengan tujuan untuk menghasilkan foto selfie terbaik. 

Sedangkan untuk sensor utamanya di belakang, kalian temukan modul 13-megapixel, dan sama seperti Z2 Pro juga dilengkapi dengan optical image stabilization (OIS) serta lensa Sony EXMOR BSI, yang sudah teruji pada banyak smartphone lainnya mampu menghasilkan fotografi malam yang baik, termasuk digunakan dalam tipe tertinggi Lenovo Vibe Z2 Pro. Mendukung kamera depannya, Lenovo juga menyediakan fasilitas shutter tanpa menyentuh tombol, dan juga Instant On yang memungkinkan kalian memotret langsung dari kondisi standby — Sony dan Oppo sudah menerapkan fasilitas semacam ini sebelumnya. Internal storagenya 32GB, dan juga mampu beroperasi pada kanal data 4G LTE.

Sama seperti Vibe Z2 Pro, di sini juga digunakan material metal yang memperlihatkan kesan polesan aluminum di sisi belakangnya. Penampilan polesan aluminium tersebut digunakan juga untuk beberapa tipe Lenovo baru lainnyaa, dan makin menunjukkan kelasnya sebagai smartphone premium

Menurut press release, enovo bakal menjual Vibe Z2 pertama kali di Tiongkok mulai Oktober nanti, dan dilanjutkan dengan negara lainnya seperti Asia Pasifik. Lenovo menjualnya dengan harga US $429, atau sekitar Rp. 5 jutaan. Di Indonesia sendiri, dari pantauan kami hanya Vibe X2 dan Vibe Z2 Pro yang sudah diajukan sertifikatnya ke Ditjen Postel, bisa jadi untuk Vibe Z ini akan melewatkan penjualan di Indonesia.

Spesifikasi Lenovo Vibe Z2

Lenovo-Vibe-Z2-1

[cb type=”company”]Lenovo[/cb]

Sumber: Lenovo


SHARE
Previous articleIFA 2014: Baru Kali Ini Ada Kue Lapis Berwujud Smartphone Android
Next articleGame 18+ yang Dilarang, Tapi Tetap Bisa Dimainkan
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.