Apple Watch, Kini Pengguna iOS Tak Perlu Lagi Cemburu Dengan Android

Apple-Watch-1

UPDATE: Akhirnya Apple mengkonfirmasikan berapa harga Apple Watch mereka ini, yang bakal dirilis mulai 24 April mendatang. Kalian bisa mendapatkannya dengan harga mulai Rp. 4,7 jutaan, hingga yang termahal mencapai Rp. 225 jutaan!!

Selain iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, event Apple Live yang digelar Apple kemarin sekaligus menjadi kesempatan mereka memasuki pasar smartwatch yang semantara ini dikuasai oleh Android, melalui Apple Watch (sebelumnya dirumorkan sebagai iWatch).

Meskipun belum terbukti jika smartwatch menjadi bagian hidup sebagian besar pengguna gadget, namun Apple tetap ingin mengisi ceruk tersebut, dan memang sudah lama Apple Watch dirumorkan keberadaannya.

Apple-Watch-2

Seperti wearable device berwujud smartwatch lainnya, Apple Watch mempunyai fungsi utama untuk melacak semua aktivitas penggunanya. Untuk menggunakannya, kalian memerlukan minimal iPhone 5, dan dijadwalkan bakal hadir awal 2015 mendatang. Selain fungsi utamanya adalah melacak aktivitas fisik penggunanya, Apple Watch juga bisa terhubung dengan Apple Pay, layanan pembayaran yang juga dikenalkan Apple dalam event yang sama. Kemudian kalian juga bisa menggunakannya untuk mengendalikan Apple TV dan juga bisa bertindak sebagai semacam walkie-talkie atau viewfinder ketika kalian menggunakan kamera iPhone.

Dua ukuran Apple Watch
Dua ukuran Apple Watch

Berbeda dengan vendor lainnya dalam memprodukai jam tangan cerdasnya, Apple membagi Apple Watch ke dalam tiga jenis, dan masing-masing juga memiliki dua ukuran ketinggian, 38mm untuk wanita, dan 42mm untuk pria, serta bentuk layar yang sama, yaitu kotak. Total kalian bisa memilih hingga 34 model Apple Watch. Seperti smartwatch lainnya, interaksi interface dilakukan melalui layar sentuh yang dibuat sensitif tekanan jari, sehingga bisa membedakan ketika kalian menyentuh atau menekannya. Kalian pun bebas menambahkan gesture kustom, entah itu dengan sapuan atau tekanan jari.

Tiga model utama Apple Watch
Tiga model utama Apple Watch

Layarnya tiu sendiri juga tidak akan terus menyala, untuk menghemat baterai, yang sejauh ini masih diklaim hanya akan bertahan sehari saja — sama seperti klaim vendor Android Wear lainnya, seperti Motorola Moto 360, namun Samsung Gear Live and LG G Watch dan LG Watch R disebutkan mampu bertahan dua harian. Layar tersebut bakal aktif ketika kalian mengangkat pergelangan tangan. Kemudian disediakan fitur Glance untuk menampilkan sedikit informasi setelah layarnya aktif, dan kalian bebas menyapukan jari untuk menggeser informasi yang tampil, ala salah satu fiturnya Android Wear-nya Google.

Antar muka Apple Watch yang minimalis
Antar muka Apple Watch yang minimalis

Selain begitu banyaknya varian jam ini, kami juga menyukai antarmukanya, yang mengenalkan satu mekanis yang disebut dial bernama digital crown, dan diletakkan di sisi kanan Apple Watch. Dial ini akan berguna untuk membantu kalian selama navigasi UI, seperti ketika menggulirkan sebuah tampilan yang panjang, atau memperbesar apa yang tampil pada layar (seperti dalam aplikasi map). Sedangkan ketika ditekan, dial tersebut akan mengembalikan kalian ke home screen. Apple menyediakan tombol khusus untuk mengakses daftar kontakmu.

Apple Watch menggunakan Digital Crown untuk zoom in dan out Map
Apple Watch menggunakan Digital Crown untuk zoom in dan out Map

Asisten pribadi Siri tentu saja juga bekerja di sini, karena Apple Watch tidak akan memaksamu mengetik, dan bakal mengenali pertanyaan dari pesan masuk, serta menawarkan respon yang tepat. Atau, kalian cukup menggunakan Siri untuk mengetikkan pesannya. Jalur komunikasi lainnya adalah dengan emoji atau quick sketch melalui touchscreen. Mirip seperti Android Wear, notifikasi dari perangkat iOS-mu juga bisa di-push ke layar jam tangan ini. Apple juga sudah menyediakan WatchKit untuk membantu developer membuat aplikasi kustom untuk Apple Watch ini.

Lanjut ke halaman 2….

1
2

SHARE
Previous articleNintendo Kembali Membuat Dompet Kita Terancam!
Next articleApa Saja yang akan Kita Temui dalam FIKTIF?

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.