Siapkan Duit Rp. 12 Juta Untuk Mainkan Game Virtual Reality Eksklusif Dari Samsung

Samsung-Gear-VR-2

Virtual reality atau VR resmi menjadi “the next big thing” dalam dunia video game setelah Oculus Rift serius mengembangkan headset yang mampu menawarkan pengalaman bermain game yang baru. Samsung yang mengendus tren tersebut langsung mengajak Oculus bekerja sama, dan membantu mereka memproduksi headset VR khusus untuk perangkat mobile melalui Samsung Gear VR.

Temple-Run-VR-3

Selama IFA 2014 kemarin, bahkan Samsung sudah siap dengan beberapa game yang bakal bisa langsung dinikmati ketika headset tersebut dirilis akhir tahun ini. Aksesoris smartphone yang menjadi kerja bareng antara Samsung dan Oculus tersebut dipercaya bakal menawarkan pengalaman bermain game mobile yang baru.  Dan salah satu yang sudah memastikan dukungannya adalah Temple Run yang diproduksi Imangi Studios.

Temple-Run-VR-1

Imangi Studios menyiapkan edisi spesial Temple Run VR, yang akan dirilis bersamaan ketika Gear VR dijual Samsung. Bisa dibayangkan seperti apa versi VR-nya nanti, karena selama ini kita mengendalikan karakter yang berlarian dari sudut pandang orang ketiga, maka dengan Gear VR maka seharusnya kalian yang seakan-akan berperan sebagai karakter tersebut, atau, makin terlihat nyata action-nya dengan tampilan first-person.

Temple-Run-VR-2

Bisa jadi nanti mekanisnya berubah, kalian tinggal menengok ke kiri atau kanan untuk berbelok arah. Berikut pernyataan co-founder Imangi Studios, Keith Shepherd sehubungan dengan antusiasnya terhada revolusi game mobile melalui perangkat VR-nya Samsung.

“Virtual reality opens up a whole new world of possibilities for us to create amazing experiences. We’ve truly been able to transport players to another world and let them viscerally feel the thrill of the chase.”

Land's-End

Game kedua yang sudah dipastikan mendukung Gear VR adalah Land’s End garapan USTwo, yang pasti kalian kenali jika doyan memainkan game mobile, karena studio tersebut yang menghadirkan salah satu game mobile terbaik dan banyak mendapatkan pengakuan tahun ini, Monument Valley. Tidak banyak detail diungkapkan mengenai Land’s End, hanya disebutkan akan menjadi sebuah “perjalanan surealis ke sebuah kepulauan di dunia yang terlupakan.”

The-Room-Three-1

Kemudian game ketiga yang akan mendukung Gear VR datang dari developer serial The Room, yaitu Fireproof Games. Bersamaan dengan mereka mengkonfirmasikan The Room Three untuk iOS dan Android, Fireproof juga mengungkapkan game khusus Gear VR ini. Sekali lagi, The Room juga bukan nama kemaren sore dalam dunia game mobile, dan merupakan fenomena tersendiri, setelah menjadi hit di iOS dan Android dalam kategori game puzzle 3D yang sangat kaya akan detail dan begitu cerdas ide-ide puzzlenya. Developernya, Fireproof Games mengkonfirmasikan jika game ketiganya bakal dirilis kuartal kedua 2015 mendatang.

Omega-Agent-1

Omega-Agent-2

Game tersebut sudah dalam proses pengembangan, bersama satu game eksklusif Gear VR, yang diberi judul Omega Agent. Game eksklusif Gear VR tersebut mengambil setting sebuah pulau terpencil dimana para mata-mata perag dingin mendapatkan pelatihan. Kalian mengendalikan karakter yang berbekal jetpack bertenaga nuklir, dan beterbangan di sekeliling kota sembari melakukan misi-misi berbahaya.

Galaxy-Note-Edge-2
Butuh perangkat seperti ini, yang harga awalnya sekitar 9-10 jutaan….

Untuk memainkan game-game yang akan tersedia melalui pasar aplikasi khusus Gear VR tersebut, kalian membutuhkan headset Samsung Gear VR, yang sampai saat ini hanya kompatibel dengan phablet Galaxy Note 4. Berapa kira-kira biaya yang perlu kalian alokasikan untuk menikmati pengalaman baru memainkan game mobile tersebut? Meskipun Samsung belum mengungkapkannya secara resmi, banyak sumber menyebutkan jika Samsung bakal menawarkan Galaxy Note 4 dengan harga US $299, atau sekitar Rp. 3,5 jutaan dengan kontrak operator, atau US $799, sekitar Rp. 9,5 jutaan tanpa ikatan operator selular.

Samsung-Gear-VR-1
… dan juga headset futuristis seperti ini, yang harganya kemungkinan besar berada di rentang Rp. 2,5 jutaan!

Lantas berapa harga headset Gear VR? Belum jelas juga, namun yang pasti berada di bawah standar nilai Development Kit-nya Oculus Rift yang senilai US $350, dan bisa diasumsikan Samsung bakal menawarkannya di harga US $200, atau sekitar Rp. 2,5 jutaan. Sehingga total untuk sebuah pengalaman unik memainkan VR secara mobile nanti, kalian membutuhkan dana mencapai Rp. 12 jutaan! Yah, tetap lebih murah dari sebuah iPhone 6. Bagaimana para gamer mobile / early adopter, apakah kalian rela merogoh kocek sampai 12 jutaan untuk mendapatkan kombinasi Galaxy Note 4 + Gear VR?

Spesifikasi Gear VR

  • Optical Lens: 96˚ Field of View
  • Sensor: Accelerator, Gyrometer, Magnetic, Proximity
  • Motion to Photon Latency: < 20ms
  • Focal Adjustment: Covers Nearsighted / Farsighted Eyes
  • Interpupillary Distance Coverage: 55 ~ 71 mm
  • Physical User Interface: Touch Pad, Back Button, Volume Key
  • Connection: microUSB 1.1 connection to the Galaxy Note 4
  • Dimension (Headset): 198(W) x 116(L) x 90(H)mm
  • Contents: Available through Oculus Store, microSD Card(16GB) in-box

Sumber: Facebook, Twitter