Kesempatan Ketiga Bagi Yang Belum Puas Membelah Slime Melalui Smartphone

Dragon-Quest-2

Dragon Quest makin sering terdengar namanya akhir-akhir ini, terutama setelah Dragon Quest Heroes dikonfirmasikan akhir Agustus 2014 lalu. Selain itu, Square Enix yang makin gencar melakukan port game RPG Jepang lama mereka ke ranah mobile, mulai Mei lalu juga memberi kejutan dengan merilis versi translasi Dragon Quest VIII, yang kemudian disusul dengan Dragon Quest IV hadir untuk iOS dan Android. Tidak berhenti di situ saja, akhir pekan kemarin Square Enix merilis satu seri lainnya, yang tidak lain seri pertama dari salah satu RPG tertua di Jepang, yaitu Dragon Quest.

Dragon-Quest-3

Seiring makin populernya platform mobile dan handheld, makin banyak RPG dari konsol yang di-port ke platform tersebut, serta mengubah sarana bermain game secara mobile tersebut surga yang baru bagi penggemar RPG. Selain banyak Final Fantasy, Chrono Trigger, dan The World Ends With You, sudah di-port untuk iOS dan Android, Square Enix juga membawa game klasik mereka lainnya, serial Dragon Quest. Yang ke-4 dan ke-8 mungkin masih sibuk kalian mainkan saat ini. Namun tidak menghalangi Square Enix menawarkan Dragon Quest pertama yang eksis dari tahun 1986 untuk NES ke Play Store, dengan harga Rp. 34,157 di Anderoid dan Rp. 35,000 di iOS.

Dragon Quest, atau yang awalnya dulu dikenal sebagai Dragon Warrior di Amerika Utara, awalnya dianggap sebagai rival terdekat Final Fantasy dari tahun 80 hingga 90-an, atau selama masa-masa keemasan RPG Jepang. Tidak seperti kebanyakan serial RPG Squaresoft yang selalu berbeda, Enix (sebelum bergabung dengan Squaresoft) memilih dunia dan karakter yang sama, serta plot cerita yang juga mudah ditebak. Walaupun sangat old-school, namun Dragon Quest tetap dianggap sebagai pelopor banyak mekanis RPG Jepang, seperti pertarungan turn-based, party selama bertualang, dan juga karakter yang desainnya dipengaruhi anime. Akira Toriyama, yang pasti kalian kenal melalui serial Dragonball, menjadi desainer karakter untuk keseluruhan serinya.

Dragon-Quest-4

Untuk port mobile ini, tentu saja ada penyesuaian, seperti art-nya didesain ulang, dan juga antar muka selama permainan dibuat vertikal, untuk mempermudah kita memainkannya dengan satu tangan saja, sekaligus juga bakal menghadirkan suasana klasik seperti ketika memainkan game-game RPG tersebut menggunakan handheld seperti GameBoy — layar sisi atas yang mengotak mensimulasikan tampilan kotak sebuah TV, dan separuh sisi bawah smartphone dikuasai tombol-tombol virtual. Jadi, siapkah kalian kembali bertualang selama puluhan jam bersama legendary hero Erdrick, dalam misi epic mengalahkan Dragon Lord, sambil membantai puluhan monster imut bernama Slime dalam game ini?

  • Dapatkan Dragon Quest I versi iOS melalui Apple App Store. Membutuhkan iOS minimal versi 4.3 dan jatah storage 25.5 MB.
  • Dapatkan Dragon Quest versi Android melalui Google Play Store. Membutuhkan Android minimal versi 2.3 dan jatah storage 29 MB.

SHARE
Previous articleKostum Istimewa dari Cherrybelle dan Cosplayer di Lyto Game Festival 2014
Next articleAksi Spider-Man yang Tidak Pernah Diminta, Justru Lebih Keren Dari Sebelumnya!

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.