11 Tren 90 an yang Sekarang Masih nge Hits

Citizen yang lahir tahun 80-90 an awal pasti pernah mengetahui hal yang ngetren tahun 90an. Alih alih meredup dan jadi bagian nostalgia masa lalu, beberapa hal yang dulunya ngetren sekarang masih cukup ngehits dengan menemukan bentuk baru. Yuk intip beberapa hal yang sekarang masih ngehits tersebut


11

Gaya Rambut Undercut / Slick


kim jong un
Memang pantas untuk si Majin Buu ini…

Selain rambut gaya piak tengah ala Andy Lau, gaya rambut undercut ini cukup terkenal pada saat 90an, selain karena mudah mudah membuatnya, cukup cocok dengan sebagian orang Indonesia yang berambut lurus. Bahkan sekarang model rambut seperti ini diwajibkan untuk rakyat negara tertentu.


10

Dangdut


rhoma
Entah kenapa kok sepertinya mata bang rhoma gak memandang kameranya…

Walaupun sempat menjadi musik arus utama pada jaman Bang Rhoma tahun 1970an, Tahun 90an musik dangdut ini populer di segmen masyarakat yang berbeda yaitu lebih ke kelas bawah dan di daerah pedesaan.

Beberapa tahun belakangan ini musik dangdut kembali menjadi arus utama karena sukses dikolaborasikan dengan goyang joget dan ditaruh di prime time televisi nasional.


9

Iklan Duka Cita


duka-cita

Waktu kecil halaman pertama yang saya baca pada saat membaca koran adalah iklan duka, hal ini cukup menarik kita bisa membandingkan usia yang wafat dan mencari yang paling tua. Seingat saya pernah ada iklan duka cita yang mencantumkan usia 120 tahun, sayang tidak dicatat oleh Guiness Book of Record.

Nah walaupun sudah sedikit memudar, kebiasaan mencantumkan iklan duka cita ini masih cukup ngehitz, terutama di beberapa koran lokal di daerah.


8

Biro Jodoh


Jaman 90 an selalu ada kolom biro jodoh di koran yang kita baca, kadangkala karena iseng, sesekali saya membaca beberapa iklan yang agak lucu lucu misal seperti ini.

iklan biro jodoh lucu
PM for info lengkap gan!

Walaupun bentuknya sudah agak berubah menjadi media online seperti match.com  layanan biro jodoh ini sekarang malah semakin ngehitz. Mungkin karena semakin banyak orang yang sulit cari pasangan kali ya.


7

Dengerin Musik Pakai Portable Device


90 an keren

Mendengarkan musik pakai ipod atau smartphone sama sekali bukan hal baru. Tahun 80 an awal, Sony membuat walkman yang sempat menghebohkan dunia dengan terjual hampir 400 juta unit. Walaupun mendunia pada tahun 80 an, walkman baru benar benar booming di akhir 80 an dan awal 90 an di Indonesia.

Nah seperti halnya semua teknologi, mp3 menggantikan hadirnya walkman dan kemudian digantikan lagi oleh Ipod dan Smartphone. Rasanya selama orang masih suka dengerin musik, kebiasaan ini belum akan hilang


6

Rental Game di Sekolah


 

rental gimbot

Kalau dulunya kamu sering rental gimbot di abang abang depan sekolah, sekarang hal ini masih ada, cuma beda bentuk aja. Jadi rental tablet. Tapi hal nyebelinnya masih ada, biasanya tablet itu diikat sehingga mudah untuk ditarik jika masa pakainya telah usai.


5

Titip Salam Lewat Radio


radio

Tahun 90an semua radio punya program titip salam yang ngehitz banget, jadi caranya kita ngomong sama pembawa acaranya kalau kita titip salam ke seseorang. Nanti bakalan di sebutin salam kita itu di salah satu acaranya. Wih pokoknya keren bin heboh banget. Seringkali bahkan cara ini dipakai untuk nembak gebetan, hayoo sapa yang pernah coba ?

Walaupun sekarang hal ini kurang populer di kanal radio utama, hal ini masih cukup ngehitz di radio dangdut atau lokal atau komunitas. Sepertinya karena jaman social media terutama twitter, budaya “mention” lewat radio ini tidak lama lagi akan terkikis habis.


4

Pergi ke Game Center


timezone

Game center juga bukan sudah populer jaman 90an, cuma beda mesin game saja. Perbedaan lain adalah sistem bayarnya, kalau dulu mayoritas game center menggunakan sistem koin khusus yang bisa ditukar di counter, kalau sekarang lebih banyak menggunakan sistem top up.

Dulu juga kalau ada anak sendirian main tanpa ada orang tua, hampir dipastikan kalau ada orang tua datang pasti narik anak tadi itu untuk pulang. Kalau sekarang biasanya orang tua ikutan main sama anaknya jadi biasanya sama sama gak mau pulang.


3

Pergi ke Warnet


warnet

Mulai warnet beredar di Indonesia itu sekitar tahun 90an akhir, waktu itu mahal banget rentalnya, sampai Rp10.000 sejamnya. Bedanya adalah jaman dulu orang ke warnet ya cuma internetan doang, atau chatting pakai MIRC. Karena internet jaman itu masih pakai dial up modem, jadi lemot banget, seminggu belum tentu kelar download film. Web yang ngehitz pas itu seperti yahoo, altavista, geocities dan hotmail.

Sekarang walaupun masih cukup ngehitz terutama di daerah luar jawa, warnet agak berubah fungsi dari akses internet lebih ke main game online seperti ragnarok, ayodance atau dota.


2

Mejeng di Mall


mall

Yah, sebenarnya sih mulai dari jaman jebot sampai besok besok mejeng di mall itu ngetren, walaupun kadang gak beli apa apa. Enaknya jaman sekarang di Mall pasti ada Wifi, jadi mau berjam jam di Mall gak bakalan bosen.


1

Memanggil Nama Orang Tua


orang tua

Entah siapa yang dulu mulai kebiasaan biadab ini, dulu waktu penulis sekolah sering banget ada temen yang disebut nama bapaknya. Anehnya yang dipanggil merasa tersinggung dan akhirnya berujung dengan pembalasan atau pertengkaran. Kadang kadar olok oloknya lebih parah jadi ke Iibu atau bahkan ke kakek nenek. wkwkwkwk

Kapan hari itu saya kira olok olok nama orang tua seperti ini sudah musnah dari muka bumi, eh ternyata engga. Dengan jaman internet seperti sekarang ini, kadang bahan olokannya jadi semakin banyak, tinggal masukin aja nama orang tua ke google nanti sudah jadi bahan yang seru banget tuh!


SHARE
Previous articleIni Hal Yang Paling Dinantikan di Tokyo Game Show 2014!
Next articleBersama UniPin, Sexy Three Kingdoms Berikan Hadiah Berlipat Ganda