#TGS2014 Penerus Shoot-em-up Legendaris Raiden V Dikonfirmasikan Eksklusif Microsoft

Raiden-V-3

Salah satu game arcade shoot-em-up (atau familiar juga sebagai shmup) legendaris adalah Raiden. Serial arcade shooter yang diciptakan Seibu Kaihatsu ini awalnya tersedia melalui arcade di Jepang, dan kemudian mucnul di negara lain, sampai akhirnya juga mendapatkan port ke konsol hingga platform mobile.

Seibu Kaihatsu mengembangkan franchise Raiden dan juga banyak spin-off-nya dari tahun 1990 hingga 1998. Dan kemudian lisensinya dibeli MOSS, dan mengawalinya dengan Raiden III pada tahun 2005 lalu. MOSS juga yang berjasa memberikan Raiden IV serta sekuel langsungnya, Raiden IV: Overkill eksklusif untuk konsol Microsoft. Karena itulah, kami tidak heran jika selama TGS 2014 ini, mereka mengkonfirmasikan seri barunya, Raiden V kembali eksklusif untuk konsol now-gen Microsoft, Xbox One.

Raiden-V-1

Sebenarnya seri baru Raiden ini sudah diumumkan Juni 2014 lalu, selama presentasi Xbox One, yang menampilkan apa saja game dari Jepang yang bakal dirilis untuk Xbox One, namun saat itu judul aslinya belum terungkap. Selama TGS 2014, MOSS mendemokan sebuah teaser trailer di booth Microsoft, dan rencananya Raiden V akan dirilis di Jepang tahun depan. Game ini juga menjadi bagian perayaan 25 tahun serial Raiden.

Raiden-V-4

Dirilis untuk Xbox One, Microsoft bisa saja berharap game eksklusif yang berselera Jepang semacam ini bisa memperbaiki nasib tragis mereka di Negara Sakura — dan seharusnya tidak perlu sampai menggugat ke MK. Di sana konsol Microsoft tersebut hanya terjual 30,000 unit dalam minggu pertamanya saja. Mungkin memang tidak akan menyelamatkan masa depan Xbox One, namun kotak hitam Microsoft tersebut memerlukan game semacam Raiden V ini untuk sedikit merubah pandangan publik, bahwa konsol tersebut juga cocok menjadi rujukan game dengan genre yang mungkin hanya lebih populer di Jepang.

Duniaku Network adalah media partner #TokyoGameShow untuk Indonesia.


SHARE
Previous article#TGS2014 Tak Perlu Lagi Impikan Penyihir Seksi Satu Ini, Dia Segera Playable!
Next article#TGS2014 Kenali Karakter Utama Dragon Quest Heroes, dan Bagaimana Mereka Beraksi

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.