#TGS2014 Cloud Gagal Hancurkan Shinra, Kini Mereka Berniat Kuasai Dunia Game

Shinra-Technologies

Square Enix memang jagonya menyedot nostalgia para gamer. Selama TGS 2014 ini, mereka mengumumkan didirikannya Shinra Technologies, sebuah perusahaan cloud gaming yang bermarkas di New York dan kantor di Tokyo serta Montreal, dan dikepalai mantan presiden dan CEO Square Enix, Yoichi Wada. Dan kami pun langsung penasaran, apakah bentuk gedungnya nanti akan sama seperti Shinra Headquarters dalam Final Fantasy VII… hehe!

Melalui teknologi cloud butan Square Enix, Shinra ingin merubah ekosistem insdustri game dengan menawarkan pengalaman bermain game yang baru melalui layanan cloud mereka. Layanan ini akan menjalani masa beta di Amerika Serikat serta Jepang awal 2015 mendatang. Square Enix melengkapi Shinra dengan “optimized datacenter environment,” dan kerjasama dengan studio game untuk mengembangkan pengalaman game yang baru, dengan tujuan untuk menjadi pusat komunitas cloud (lagi-lagi nama yang mengingatkan kami pada Final Fantasy VII) bagi para gamer.

Kami penasaran, apakah markas Shinra Technologies ini sama seperti Shira yang kita kenal itu... :)
Kami penasaran, apakah markas Shinra Technologies ini sama seperti Shira yang kita kenal itu… :)

Shinra menambahkan jika teknologi komputer super virtual mereka memungkinkan pengalaman yang tidak mampu ditawarkan PC atau bahkan konsol. Saat ini mereka tengah melakukan negosiasi dengan para developer game besar dunia dalam mengembangkan proyek Shinra, dan di dalamnya disebutkan sudah ada nama Ubisoft yang terlibat. Shinra juga bekerjasama dengan developer Just Cause Avalanche Studios, yang berlokasi di New York, untuk mengembangkan game dan teknologi.

Ubisoft sendiri melalui CEO-nya, Yves Guillemot tertarik dengan arah yang dituju Shinra Technologies, Inc., karena pihaknya selalu percaya bahwa cloud akan berperan penting dalam mendukung perkembangan dunia game. Pihaknya berharap segera melihat apa yang mampu diberikan arsitektur dan teknologi yang ditawarkan Shinra.

Yoichi Wada ketika mengunjungi Surabaya pertengahan tahun 2013 lalu dalam rangka peluncuran Square Enix Smileworks.
Yoichi Wada ketika mengunjungi Surabaya pertengahan tahun 2013 lalu dalam rangka peluncuran Square Enix Smileworks.

Saat versi betanya nanti, Shinra akan menawarkan tech demo Agni’s Philosophy, game engine Square Enix yang diperkenalkan pada E3 2012 lalu, dan nantinya untuk Shinra akan bisa dimanipulasi secara real-time. Juga bakal dimasukkan dalam versi betanya nanti adalah Space Sweeper, game baru yang dikembangkan Kenko Nakajima, sekaligus game lainnya yang pernah diterbitkan Square Enix, seperti Final Fantasy VII, Deus Ex: Human Revolution, Hitman Absolution dan Tomb Raider, dan semuanya nanti jelas akan dimainkan secara streaming, tanpa membutuhkan mesin game yang cukup kuat. Judul untuk beta-nya nanti tersebut bukan sebagai indikasi lineup layanan Shinra.

#TGS2014 Cloud Gagal Hancurkan Shinra, Kini Mereka Berniat Kuasai Dunia Game

Dengan menawarkan layanan cloud berwujud supercomputer virtual yang diperkuat engine Agni's Philosophy.

Abaikan

Sumber: Shinra


SHARE
Previous article#TGS2014 Dalam Bloodborne, Senjatamu Bisa Berubah Bentuk!
Next article#TGS2014 Chaos Rings 3 Trilogy Terbaru dari Square Enix!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.