#TGS2014 Pernikahan Sejenis Segera Dilegalkan di Eorzea

Eorzez di Final Fantasy XIV: A Realm Reborn... Plus, juga ada detail Shiva, Rogue dan Ninja...

#TGS2014 Pernikahan Sejenis Segera Dilegalkan di Eorzea

#TGS2014 Pernikahan Sejenis Segera Dilegalkan di Eorzea

Meskipun sempat gagal di tahun 2010 lalu, namun Square Enix masih memiliki persediaan “Phoenix Down” yang cukup besar untuk membangkitkan game MMORPG mereka, Final Fantasy XIV, melalui Final Fantasy XIV: A Realm Reborn. Game ini sudah dirilis untuk PC Microsoft Windows, Sony PlayStation 3, dan PlayStation 4 pada 27 Agustus 2013 lalu, dan mengambil setting dunia fiksi Eorzea, lima tahun setelah event game aslinya.

Di bawah arahan Naoki Yoshida, yag sebelumnya juga berhasil menyukseskan Dragon Quest XFinal Fantasy XIV: A Realm Reborn memperbaiki banyak fault prekuelnya dengan engine baru, struktur server yang lebih baik, perbaikan interface dan gameplay, danm juga tentu saja jalan cerita yang baru. Dan meskipun A Realm Reborn berhasil mengatasi semua keluhan game sebelumnya, Square Enix sadar game online akan tetap bertahan dengan patch serta update baru.

#TGS2014 Pernikahan Sejenis Segera Dilegalkan di Eorzea

Patch konten terbesar pertamanya, "A Realm Awoken", dirilis 17 Desember tahun lalu, dengan fitur rumah untuk karakter, pertarungan arena player versus player, quest baru, dan raid 24-man pertama melalui Crystal Tower. Selanjutnya konten patch dirilis setiap 3 bulan.

Dan menjelang TGS 2014, tim developer game ini sudah menyiapkan patch baru, yaitu patch 2.4, dengan fokus class baru, job dengan Rogue dan Ninja, yang bakal tersedia akhir tahun ini. Sebelum, itu terjadi, mereka merilis patch 2.38, yang berisi pengaturan ulang PvP serta personal housing (dengan memperbesar luas Free Company), Saga of the Zodiac Weapons juga berlanjut dengan quest side story baru.

#TGS2014 Pernikahan Sejenis Segera Dilegalkan di Eorzea

Kemudian akhir pekan kemarin, bersamaan TGS 2014 berlangsung Square Enix melalui sang sutradara Naoki Yoshida memberikan streaming fitur apa saja yang akan mereka berikan ke dalam Final Fantasy XIV: A Realm Reborn melalui patch versi 2.4 yang berjudul "Dreams of Ice." Di sana, terlihat nanti para gamer game online ini akhirnya bisa melawan Shiva, ada tiga dungeon baru, dua dintaranya Sastasha dan The Sunken Temple of Qarn yang mendapatkan versi Hard Mode dan ditambahkan menjadi Espert Dungeon, sedangkan yang benar-benar baru Snowcloak (Lv. 50 Expert Dungeon di Coerthas). Lihat streaming tersebut melalui video di bawah:

[youtube id="7CmSIthX0ig"]

[youtube id="yFzxL8sunPw"]

Belum ada detail mengenai Shiva, namun sudah ada penampakan seperti apa wajah yang kita kenal sebelumnya sebagai monster summon ini dari dekat, serta arena dimana kalian akan bertarung dengannya, yaitu  Ahk Afah Amphitheatre, yang menjadi Hard Mode (scenario) dan Extreme Mode. Pada arena tersebut sepertinya kalian bisa berjatuhan dari platform, namun juga ada tangga menuju ke atas. Seperti Ramuh, Shiva memiliki mode Hard dan Extreme, serta juga memberimu senjata dan aksesoris. Musuh yang satu ini juga sekuat Ramuh, bahkan bisa membuat karakter tewas dalam dua gebrakan.

#TGS2014 Pernikahan Sejenis Segera Dilegalkan di Eorzea

Sedangkan untuk class dan job baru, serangan dengan efek racun yang digunakan class Rogue akan berbeda dibandingkan tipikal serangan DOTs (damage-over-time) lainnya, dan bakal berbasis sistem baru. Tidak ada kondisi khusus yang dibutuhkannya untuk berubah menjadi Ninja nantinya, namun kalian memerlukan job apa pun pada level 10 untuk membuka Rogue, selain juga membuka sistem Armoury. Kemudian tidak seperti Ninja dalam game Final Fantasy sebelumnya, ninja dalam Final Fantasy XIV ini (yang begitu mirip dengan desain Shadow, ninja dari Final Fantasy VI) tidak bisa menggunakan command "Throw" yang memungkinkan mereka menggunakan equipment dan senjata secara random, untuk melukai musuh.

#TGS2014 Pernikahan Sejenis Segera Dilegalkan di Eorzea

#TGS2014 Pernikahan Sejenis Segera Dilegalkan di Eorzea

Sistem marriage yang dikenal sebagai Eternal Bond, saat ini juga disebutkan masih dalam proses pengerjaan, dan bakal mereka buka pada patch 2.45. Selain itu, berhubungan dengan sistem pernikahan yang menjadi perbincangan hangat di tengah komunitas gamer game ini, Yoshida juga menyinggung mengenai beberapa fitur yang bakal mereka implementasikan nantinya untuk sistem yang disebut Eternal Bond tersebut, seperti yang memungkinkan partner bisa saling teleport.

Sementara ini yang sudah dipastikan, pemain yang ingin menikah bisa melakukan pemesanan tanggal dan waktu pernikahannya, yang bakal dilakukan di “Sanctum of the Twelve” (cathedral di dekat Gridania) -- oh ya, kalian bebas menentukan siapa pasangan kalian di sini, termasuk jika itu karakter yang sejenis. Setiap pasangan menikah otomatis juga membuka Chocobo spesial yang bisa ditunggangi oleh mereka.

#TGS2014 Pernikahan Sejenis Segera Dilegalkan di Eorzea

#TGS2014 Pernikahan Sejenis Segera Dilegalkan di Eorzea

Beberapa hal lain yang akan diimplementasikan dalam patch mendatang, seperti pengaturan untuk Crystal Towers, agar waktu tunggu untuk bisa masuk ke dalam tidak terlalu lama. Item “Mirror of the Whorl” yang digunakan untuk meningkatkan item level senjata Leviathan, sebelumnya memiliki drop rate sagat rendah, dan bakal ditingkatkan kemungkinan drop rate-nya. Kemudian untuk PvP Frontline, Square Enix saat ini menyiapkan map baru dengan aturan dan sistem PvP rank (leaderboard) yang juga baru, sementara saat ini masih mengajukan 4-on-4 PvP di The Wolves’ Den, yang mendapat penyesuaian agar lebih menarik.

#TGS2014 Pernikahan Sejenis Segera Dilegalkan di Eorzea

#TGS2014 Pernikahan Sejenis Segera Dilegalkan di Eorzea

Untuk patch 2.40 ini sendiri akan diudarakan pada bulan depan. Belum lama ini Square Enix juga mengumumkan bahwa mereka membawa MMORPG ini ke Korea tahun depan, dan bakal diterbitkan oleh Actoz Soft. Lebih jelasnya mengenai apa saja yang bakal dihadirkan Square Enix dalam patch 2.4, bisa kalian lihat melalui trailer berikut:

Final Fantasy XIV: A Realm Reborn Patch 2.4 Trailer

[youtube id="NVKbhos6utY"]

FFXIV Rogue and Ninja Actions

 [youtube id="pFkLMDlYvoI"]

FFXIV New Dungeons

[youtube id="WHIHzXZKAf8&"]

FFXIV The Ahk Afah Amphitheatre

[youtube id="XdQMXinVahg"]

Duniaku Network adalah partner resmi dari #TokyoGameShow2014

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU