Inilah Rahasia Suksesnya Bisnis Online mu

bisnis online

Berkembangnya internet beberapa tahun terakhir ini menarik minat banyak orang untuk mulai bisnis online nya sendiri. Seperti halnya bisnis yang tidak dilakukan secara online, bisnis online juga memerlukan persiapan yang sangat matang. Nah, untuk anda yang tertarik untuk mulai berbisnis online, inilah beberapa persiapan yang harus dilakukan

Produk Yang Dibutuhkan

Anda harus mengetahui produk apa yang sekarang dibutuhkan oleh banyak masyarakat, misalkan pada musim hujan seperti ini tentu tidak cocok untuk berjualan produk yang lebih cocok disajikan menggunakan es. Beberapa produk yang biasanya selalu dibutuhkan adalah produk fashion, kosmetik dan aseksori nya. Saran kami adalah pilih produk yang sangat khusus sehingga nama bisnis anda akan mudah diasosiasikan dengan jenis tertentu.

Salah satu contohnya adalah produk hijab syari namun fashionable atau aseksoris tangan untuk hijaber. Oh ya, pastikan juga bahwa barang yang anda jual boleh untuk dijual di Indonesia. Salah satu contohnya adalah kewajiban adanya ijin BPOM untuk produk makanan. Opsi sertifikasi halal untuk kosmetik dan beberapa produk lainnya atau ijin import lainnya yang bisa dicek di kementerian perdagangan.

Cermat Memilih Media Promosi

Beberapa tahun terakhir ini media sosial mengalami beberapa perubahan yang kurang menguntungkan untuk pebisnis online. Contoh yang bisa kita pelajari adalah facebook, sempat menjadi primadona bisnis online karena newsfeed yang bergaya kronologi. Facebook mengubah kebijakan dengan menampilkan news feed yang populer dan “dibutuhkan” oleh pengguna.

Dengan kebijakan tersebut online seller yang memanfaatkan facebook akan lebih sulit mendapatkan pembaca. Saat ini media yang masih lebih bersahabat dengan online reseller adalah website, instagram dan path. Tentunya di masa mendatang

Kesiapan Layanan Pelanggan

Walaupun tidak bertatap muka langsung, pembelanja online juga semakin ingin dilayani dengan cepat selayaknya di toko biasanya. Kalau sampai menunggu, apalagi terlalu lama, bisa jadi peluang akan lepas ke tangan orang lain.

Dengan kebutuhan ini, bisnis online juga harus mempersiapkan customer line yang bisa menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat. Selain itu dengan semakin menjamurnya platform social chat seperti BBM, Line dan Whatsapp, pebisnis online akan dituntut untuk mengawasi semua jalur komunikasi tersebut.

Harga Yang Bersaing

Dengan semakin banyaknya pemain, maka pebisnis online harus semakin cermat memikirkan harga, apalagi dengan munculnya website perbandingan harga seperti pricearea atau kalau khusus untuk paket umroh ada ikhram.com. Dengan memanfaatkan website yang anda bisa mendapatkan harga yang murah, dan khusus untuk ikhram.com anda bisa mendapatkan biaya umroh yang murah

Kedua website tersebut merupakan contoh bagaimana produk yang ada bisa dibandingkan dengan lebih baik dan menyeluruh. Dengan adanya website seperti itu pebisnis online harus semakin cermat dan cerdas untuk menetapkan harga.

Kesimpulan

Walaupun banyak hal yang harus dipikirkan, berbisnis online itu sangat asyik dan menyenangkan. Tinggal pandai pandai aja memanfaatkan peluang yang ada dan bekerja cerdas. Salah satu buku rekomendasi kami untuk rekan rekan yang mulai berpikir untuk membuka startup bisnis online adalah lean startup karya dari Eric Ries


SHARE
Previous article#TGS2014 Gulat Bikini, Club Hostess, Bahkan Adu Tamiya Pun Ada Dalam Yakuza Zero
Next article25 Jawaban Lucu Dari Murid Yang Harusnya Masuk Kelas Aksel