Inilah Cara Menjual Melalui Internet !

Inilah Cara Menjual Melalui Internet !

Inilah Cara Menjual Melalui Internet !

Bagi pebisnis offline maupun online pasti ingin membuat brand produknya lebih terkenal. Internet adalah salah satu media yang sangat efektif untuk membangun brand dan membuat website bisnis kita dikenal banyak orang. Yup, salah satu bentuk internet marketing yaitu promosi online. Kita sebagai internet marketer bisa mempromosikan bisnis melalui media internet dengan opsi-opsi berikut;

1. SEO (Search Engine Optimization) , banyak disukai karena gratissss. Namun, SEO membutuhkan keahlian khusus, perlu proses dengan waktu yang tidak sebentar. Itulah sebabnya kadang owner website rela mengeluarkan uang untuk menyewa jasa SEO. Iya, membuat situs bisnis mereka masuk dalam halaman utama hasil pencarian search engine.

2. PPC Advertising (PPC Ads) , ditujukan bagi para Advertiser/ pengiklan yang ingin mempromosikan bisnis dimana pengiklan harus mengeluarkan uang agar pihak perusahaan penyelenggara PPC Ads menampilkan iklan kita di jaringan situs publisher mereka. Tentu saja kita bisa mengatur harga iklan yang sesuai dengan budget yang ada. Misalnya, Google Adwords .

3. Mobile Advertising atau layanan pengiklanan melalui perangkat mobile, ini sangat efektif untuk media promosi karena smartphone pasti dibawa kemanapun pengguna pergi. Beberapa model mobile ads melalui SMS, MMS, Banner Ads, Games, dan lain-lain.

4. Email Marketing , sudah jelas dari namanya, pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan email sebagai alat bantu. Bermacam sih jenisnya, ada direct email, retention email, dan beriklan di email orang lain.

Cukup efektif karena sales letter bisa langsung dikirimkan kepada pemilik akun email. Asal kita tidak melakukan SPAM saja, Karena akan mengganggu orang lain, dan pastinya merugikan kita sendiri, si pemilik email bisa melakukan unscribe atau memasukkan email kita ke dalam daftar SPAMMER. Oh no, jangan sampai ya!

5. Social Media Marketing, sama dengan SEO yang dapat dilakukan dengan gratis. Pengguna situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, Google+, YouTube, dan blog/ website jumlahnya sudah sangat banyak. Oleh karenanya promosi ini juga termasuk efektif. Contohnya, bursa umroh di Indonesia, ikhram.com . Jika dibandingkan dengan travel umroh lain, mereka tidak bisa menyediakan pengemasan informasi yang lebih detail tentang paket umroh.

6. Pemasaran Melalui Forum

Saat ini sudah ada banyak sekali forum-forum yang dibuat khusus untuk membahas topik-topik tertentu. Contohnya adalah Kaskus.co.id . Forum ini membahas berbagai topik mulai dari politik, bisnis, nasional, serta ada sub forum di Kaskus khusus untuk para pedagang online yang ingin memasarkan produk mereka melalui Kaskus.

Adapun di bidang agama, seperti Ikhram.com yang menyediakan media untuk mencerdaskan dan menginspirasi umat.

Memang ada banyak cara untuk mendukung internet marketing, namun pilih saja beberapa yang dirasa memang efektif dan cocok untuk memasarkan produk atau jasa yang ingin kita promosikan ya.

ARTIKEL TERBARU