Kenapa Website E-Commerce Semakin Menjamur

featured

Beberapa tahun belakangan ini, mulai banyak website e-commerce yang mulai menghiasi pariwara layar kaca kita. Mulai dari website yang menjajakan layanan pasar online sampai sekedar media online tidak sulit kita jumpai. Nah, dengan mulai tumbuhnya bisnis tersebut, tidak salah lah kalau kita menganggap banyak yang sudah mulai serius di bidang ini.

Kira kira apa saja yang menyebabkan hal tersebut ? haruskah kita termakan arus dan mulai mencoba website tersebut ? bagaimanakah memilih layanan online yang tepat buat kita?

Mudahnya Akses Internet

Beberapa tahun belakangan ini, akses internet menggunakan jaringan seluler semakin cepat dan murah. Jika 6-7 tahun lalu kita harus mengeluarkan uang beberapa juta rupiah hanya untuk sekedar membeli modem, saat ini harga modem hanya beberapa ratus ribu saja, bahkan gratis.

Biaya akses bulanan juga menurun, beberapa tahun lalu biasanya biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna, rata rata adalah sebesar 250-300 ribu rupiah per bulan. Sekarang, hanya dengan uang 40-50 ribu sudah bisa mendapatkan layanan dengan kecepatan data lebih baik.

Hal ini tentu tidak bisa dipisahkan dari suksesnya beberapa operator telekomunikasi seperti XL, Indosat dan Telkomsel yang berjibaku bersaing untuk memberikan pelayanan terbaik.

Semakin Melek Teknologinya Masyarakat

Sekarang, hampir semua elemen masyarakat juga telah mengenal adanya perangkat genggam cerdas (smartphone). Dengan adanya perangkat tersebut, masyarakat semakin mudah untuk mengakses internet.

Kondisi berbeda dapat kita lihat pada 6-7 tahun lalu, dimana hampir tidak ada perangkat genggam yang terkoneksi internet secara terus menerus. Selain mahal, perangkat yang bisa mengakses internet biasanya juga mempunyai fitur yang membutuhkan biaya bulanan tinggi.

Peran pemerintah dalam hal ini, terutama kementerian kominikasi dan informatika (kominfo) juga cukup dominan. 5 tahun terakhir ini saja kecepatan internet Indonesia naik 320% sehingga hampir sejajar dengan banyak negara asean.

Media Sosial Yang Semakin Menggurita

Dengan jangkauan media sosial yang semakin menggurita dan masuk ke sendi sendi kehidupan. Kehadirannya menjadi bagian yang terpisahkan dalam setiap aktivitas. Tanpa disadari masuknya media sosial ini menjadi pemicu orang menjadi terbiasa untuk terpapar konten secara kontinyu.

Dengan terpaparnya konten secara terus menerus. Orang biasanya akan lebih biasa untuk mengambil keputusan pembelian secara online. Bahkan tidak terkecuali pembelian barang yang secara online cukup mahal seperti paket umroh

Munculnya Website Perbandingan Harga

Dengan munculnya banyak website perbandingan harga, semakin banyak informasi yang bisa dilihat oleh masyarakat, salah satunya adalah pricearea.com yang membandingkan harga yang ditawarkan di website online. Di website tersebut, orang tidak perlu datang ke banyak website untuk mengetahui dimana harga yang paling murah

Bentuk lain website perbandingan harga ada di dunia ibadah yaitu umroh, salah satunya adalah ikhram.com, di website tersebut orang bisa membandingkan biaya umroh dari masing masing travel umroh yang ada di indonesia


SHARE
Previous articleSisakan 50 GB Untuk Mainkan The Evil Within
Next articleSeberapa Besarkah Besar Pasar Online di Indonesia