iPhone 6 Plus Tidak Sendirian, Google Diduga Siapkan Nexus 6 Dengan Ukuran Jumbo

Nexus-6-2

Pertengahan tahun ini sempat muncul kabar jika Google membatalkan proyek pengembangan Nexus 6 (baca: Nexus 6 Dibatalkan Untuk Android Silver, Kini Google Juga Siapkan Nexus 9?). Namun rumor yang berkembang sebulan belakangan justru berbeda. Dan makin kuat indikasi jika smartphone Nexus terbaru Google bakal mengajukan layar dengan ukuran 5.9-inchi serta diproduksi Motorola. Seperti sebelumnya, ukuran layar tidak menjadi patokan Google memberikan nama, dan sepertinya akan tetap disebut sebagai Nexus 6 (sementara itu, Nexus 9 juga dirumorkan masih dalam tahap pengembangan bersama HTC, dengan rencana peluncuran pertengahan Oktober 2014). 

Memang belum ada penampakan resmi seperti apa Nexus 6 (yang juga disebut dengan kode Shamu) ini, namuan detail spesifikasi, dan juga perkiraan seperti apa penampakannya sudah bisa kita nikmati. Menurut berbagai sumber, disebutkan jika nantinya Nexus 6 tidak lain sekadar Moto X (baca: Motorola Moto X) yang membesar ukurannya. Ada beberapa hal yang membedakannya, seperti penempatan dua speaker di sisi depan, di atas dan bawah layarnya, serta tombol power dan volume-nya diposisikan di bagian pinggir agak ke bawah, untuk tetap memudahkan jangkauan pengguna, mengingat besarnya ukuran layar.

Nexus-6-3

Kemudian Nexus 6 ini juga akan menjadi yang pertama yang menerapkan desain ikon-ikon baru untuk antar muka launcher Google (masih dugaan juga, langsung menerapkan Android 5.0 L), adanya folder khusus untuk aplikasi Google Drive di layar Home, kemudian juga dugaan dikembalikannya aplikasi Messaging, dan bisa jadi kita tidak akan bergantung pada Hangouts saja untuk melakukan SMS.

Di sisi eksternal, setiap pinggir smartphone bongsor ini juga sama dilapisi lapisan aluminium seperti Moto X terbaru. Bahkan modul kameranya pun sama, yaitu sensor 13-megapixel yang didukung optical image stabilization, alias OIS, serta konfigurasi dual-flash ring. Di balik layar, ada baterai setidaknya 3200 mAh mentenagainya, serta layarnya sendiri juga mengajukan resolusi Quad HD, dengan kerapatan pixel 496-ppi. Kamera depannya, akan tetap sama 2-megapixel.

Nexus-6-4

Beberapa fitur lainnya yang banyak dirumorkan bakal hadir untuk Nexus 6 ini seperti mendukung opsi turbo charger dari Motorola untuk men-charge baterainya dengan sangat cepat (sebelumnya, 15 menit charge saja bisa membuat Moto X bertahan digunakan 8 jam).

Bagaimana menurut kalian, apakah bisa menerima Nexus baru menjadi smartphone raksasa, yang sepertinya akan menyusahkan ketika digunakan dengan satu tangan, seperti Nexus sebelumnya? Kita tunggu saja konfirmasi resmi dari Google, dan berharap mereka juga memberikan varian yang lebih kecil dari Nexus 6, seperti bagaimana Apple menawarkan iPhone 6 dengan dua ukuran.

Nexus-6-5

Spesifikasi Sementara Nexus 6

  • Layar 5.92-inchi QHD (498-PPI)
  • Baterai 3200-mAh
  • Kamera utama 13-megapixel, kamera depan 2-megapixel
  • Prosesor Snapdragon 805
  • Memory 3GB RAM
  • Storage 32 GB

Sumber: 9to5Google, AndroidPolice


SHARE
Previous articleOne Piece dan Naruto Akan Punya Kisah Spinoff Baru!
Next articleFakta-Fakta Teenage Mutant Ninja Turtles Yang Kamu Tidak Tahu!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.