Begini Rasanya Menjadi Satpam yang Punya Kendali Atas Semua Kamera CCTV

République-1

Republique merupakan salah satu proyek crowfunding ambisius di Kickstarter. Dengan nama besar seperti pengisi suara serial Metal Gear, Jennifer Hale (Naomi Hunter dan Emma Emmerich) dan David Hayter (Solid Snake), sekaligus juga budget jutaan dolar, game stealth action ini menjanjikan banyak harapan untuk episode yang akan datang (ya, karena memainkan dua episode pertamanya, kami hanya dihibur oleh gamepay-nya, dan tidak banyak aspek cerita dibeberkan). Grafis berkualitas konsol, cerita yang menarik minat kita untuk menunggu episode selanjutnya (dipasarkan seperti cara Telltale Games menawarkan gamenya), gameplay stealth-nya juga tergolong fresh, meskipun tidak akan sebaik tipikal game lain dengan kontrol fokus konsol.

Official Republique Launch Trailer

Begini Rasanya Menjadi Satpam yang Punya Kendali Atas Semua Kamera CCTV

Selama menyelamatkan Hope dalam Republique... Setelah iOS, kini hadir di Android!

Abaikan

Game yang dikembangkan Camouflaj LLC dan Logan Games menggunakan engine Unity ini awalnya hanya untuk iOS, namun kemudian juga berkembang untuk Mac OS X, Amazon Appstore, dan Windows. Episode pertamanya,  Exordium sudah dirilis di iOS 19 Desember 2013 lalu (dan episode keduanya menyusul 4 bulan kemudian), dengan OS X dan Windows dijadwalkan tahun ini, namun Android mendapatkannya lebih awal kemarin, meskipun baru eksklusif Amazon App Store saja.

République-3

Dalam République kalian mengendalikan Big Brother, dalam usahanya menyelamatkan Hope, wanita muda yang terjebak di dalam sebuah fasilitas bernama “Metamorphosis” di tengah negara distopia (masa depan yang kacau dibandingkan saat ini) yang totaliter. Baik Hope dan kamera pengintai dalam fasilitas tersebut bisa kalian kendalikan, memungkinkan kalian menentukan apakah melalui suatu area itu bakal aman, sebelum mengirim Hope melangkah dengan harapan membantunya tidak hanya keluar Metamorphosis, namun juga keseluruhan masayarakat distopia (disebut sebagai Prizrak) yang menyekapnya.

République-4

Kisah dipicu dari Prizak yang melakukan percobaan pada para “Pre-Cals”, orang-orang yang lahir dan dibesarkan di dalam fasilitas. Salah sati wanita Pre-Cal, Hope (disuarakan Rena Strober), berhasil menghubungi kalian melalui smartphone, dan meminta bantuan untuk meloloskannya dari dalam Metamorphosis. Hope diburu karena dalam bahaya, dia bakal dikalibrasi ulang (semacam dihapus ingatannya) karena telah menemukan beberapa catatan yang tidak seharusnya dia temukan. Kalian dan Hope akan dibantu oleh Cooper, seorang polisi Amerika yang menyamar di Metamorphosis. Karakter lainnya, Daniel Zager (disuarakan David Hayter), seorang revolusioner yang sudah tewas dan meninggalkan audio log (jadi semacam Otacon perannya) untuk Hope dan para pemain, serta Mireille Prideaux (disuarakan Jennifer Hale), yang memerankan penjaga Hope.

République-6

Ada nama dari Metal Gear di sana cukuo menjelaskan bagaimana République ini bakal dimainkan. Menggabungkan elemen stealth action dengan survival horror, dengan kalian terus berkomunikasi dengan Hope melalui smartphone atau komputer, untuk membantunya meloloskan diri. Dan untuk melihat bagaimana progress aksi Hope, kalian menggunakan kamera pengintai di fasilitas tersebut. Untuk membantu Hope, kalian dibekali software “OMNI View,” yang memungkinkan kalian untuk mengunci dan membuka pintu, mengalihkan perhatian musuh yang berpatroli, dan mendapatkan informasi. Kalian juga perlu meng-upgrade OMNI View ke versi yang lebih tinggi, dan mendapatkan akses area seta bisa membuka kunci keamanan yang lebih kuat.

République-7

Keseluruhan game ini dimainkan melalui sistem keamanan fasilitas tersebut, dan kalian sebagai Big Brother melihatnya dari kamera di semua sisi Metamorphosis. Karena memang dikembangkan untuk perangkat mobile, kontrol Republique begitu mudahnya. Kalian tinggal tekan tombol kamera di sisi kanan-atas layar untuk menghentikan game, dan kemudian bisa mengecek obyek apa saja yang bisa berinteraksi dengan sentuhan jarimu (ditandai dengan sebuah ikon, jadi kalian tidak akan susah menerka apakah obyek bisa disentuh atau tidak ala tipikal game adventure point-and-click). Demikian juga untuk menggerakkan Hope, kalian cukup sentuh satu bagian area, maka dia akan menuju ke sana, dan kalian tinggal sentuh kamera untuk melihatnya di lokasi yang baru.

République-2

Unsur survivalnya jelas ada, karen Hope di sini digambarkan sebagai wanita tidak berdaya, di tengah fasilitas modern, dan orang-orang yang jauh lebih kuat darinya terus memburunya. Memang ada beberapa trik bisa dilakukannya, seperti menebarkan merica, dan juga taser listrik. Namun item tersebut terbatas, dan dengan demikian terus menjaga agar Republique tetap menjadi game stealth tanpa banyak action frontal.

Hope juga bisa mencuri dari para penjaga, mirip seperti misi mengumpulkan dogtag dari Metal Gear Solid. Kalian bisa menjual data curian tersebut kepada “Data Broker” untuk mendapatkan data yang bisa digunakan untuk upgrade, seperti eavesdropping untuk ponsel, dan distraction hacks untuk membuat penjaga terus sibuk. Menariknya, Hope tidak bisa mati, karena jika tertangkap, dia bakal dikembalikan ke selnya. Dan dengan mudahnya, kalian kembali meng-hack sel tersebut.

République-5

Sementara ini memang masih perangkat Amazon saja yang bisa memainkannya, antara lain Kindle Fire HDX 7, Kindle Fire HDX 8.9, dan Amazon Fire Phone. Dan karena OS Amazon juga berbasis Android, kita bisa berharap banyak versi Android-nya yang lebih universal bakal segera hadir dalam waktu dekat ini, dan langsung lengkap dengan beberapa episode sekaligus, karena memainkannya tiap episode seperti sekarang sebenarnya kurang nyaman, dan konsep ceritanya yang menjanjikan seakan terpotong tidak sempurna.

République Episode 2: “Metamorphosis” — Official Launch Trailer

Begini Rasanya Menjadi Satpam yang Punya Kendali Atas Semua Kamera CCTV

Selama menyelamatkan Hope dalam Republique... Setelah iOS, kini hadir di Android!

Abaikan

Sumber: Amazon


SHARE
Previous articleCharacter Creation di Dragon Age Inquisition Bakal Membuatmu Lupa Waktu
Next articleAdapter Ini Memungkinkan Main Nintendo dengan Stick PlayStation
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.