Peluncuran HUB.id, Direktori Terpadu Bagi Pelaku Startup Digital Indonesia

duniaku-hubid-1

Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia terus memberikan dukungan untuk dunia kreatif digital Indonesia. Hal ini terlihat dengan diluncurkannya sebuah program bernama HUB.id yang mereka inisiasi bekerja sama dengan para pelaku terkait di industri tersebut, baik dari sisi bisnis, industri, media dan juga komunitasnya. Tujuannya adalah satu, yaitu sebagai wadah untuk mempertemukan para pelaku ekosistem tersebut guna meningkatkan perekonomian dan industri di dunia kreatif digital tersebut.

Acara soft launching dari HUB.id ini sendiri dilaksanakanan 1 Oktober 2014 bertempat di Hotel DoubleTree Hilton, Jakarta Pusat. Secara umum, HUB.id ini dibentuk agar bisa menjadi sebuah direktori bagi para pelaku Startup digital di Indonesia. Selain itu, HUB.id juga diharapkan bisa menjadi sebuah rujukan bagi siapapun pelaku yang tergabung di dalamnya, baik Startup, pemerintah, media investor dan komunitas, untuk mendapatkan informasi dan fasilitasi sesuai dengan yang mereka butuhkan. Selain meluncurkan HUB.id secara resmi, acara ini juga diisi dengan talkshow yang menghadirkan empat pembicara, antara lain Pak On Lee (CTO dari GDP Ventures), Budi Budiansyah (ketua program dari HUB.id), Aria Rajasa (Founder Gantibaju.com dan TeesIndonesia), dan Bambang Heru Tjahjono (Dirjen Aptika).

duniaku-hubid-3

“Dengan adanya HUB.id ini diharapkan dapat menjadi penghubung antara Startup dengan dengan pihak lain yang terkait (investor, mentoring, forum diskusi, dan segala hal yang dibutuhkan oleh Startup) dalam suatu direktori, sehingga informasi yang didapat semua pihak dapat mudah dipahami dan diimplementasikan,” ungkap Budi Budiansyah selaku ketua program dari HUB.id seperti dikutip dari pernyataan resminya. “Sehubungan dengan hal tersebut, maka pemangku kepentingan (stakeholder) di industri kreatif digital bisa bertahan dan tumbuh bersamaan dengan berkembangnya teknologi di masa yang akan datang,” lanjutnya.

duniaku-hubid-4

Tahap awal yang dilakukan oleh HUB.id adalah untuk mendapatkan Startup yang siap agar terdaftar di website resminya. Untuk melakukan hal ini, HUB.id sudah melakukan roadshow ke berbagai kota seperti Bandung, Yogyakarta dan Malang dan bekerja sama dengan komunitas Startup yang ada di masing-masing kota tersebut. Meskipun roadshow di tiga kota awal tadi baru dalam tahap Pre-Soft Launching, namun antusiasme yang ditunjukkan oleh para Startup di tiga kota tersebut sangat tinggi.

duniaku-hubid-5

Melalui HUB.id ini, Kemenkominfo berharap bisa menyelesaikan program Digitalpreneurship yang mereka canangkan. Ada dua tujuan utama dari program tersebut, yaitu membantu mencapai target pemerintah yang membutuhkan hadirnya 4.18 Juta wirausahawan baru di Indonesia serta Sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia diperkirakan dapat mendongkrak perekonomian Indonesia untuk dapat mencapai peringkat 8 besar dunia pada tahun 2045 yang akan datang. Tetapi lebih dari pada itu, HUB.id sendiri juga memiliki harapan ke depannya bisa menjadi penghubung antara ekosistem kreativitas digital dan kolaborasi pemangku kepentingan terkait individu, komunitas, Startup, bisnis, industri dan media yang memiliki semangat kreatif dan berkarya.

Ingin tahu lebih banyak tentang HUB.id? Kamu bisa langsung kunjungi website resminya yang ada di alamat ini.


SHARE
Previous articleYuk Bernostalgia Lewat Gimbot Air Digital dari Developer Jogja!
Next articleCharacter Creation di Dragon Age Inquisition Bakal Membuatmu Lupa Waktu
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.