Yuk Bernostalgia Lewat Gimbot Air Digital dari Developer Jogja!

Masih ingat dengan mainan ini?
Masih ingat dengan mainan ini?

Bagi kamu yang besar di era 90-an tentu mengenal game yang saya tunjukkan gambarnya di atas. Entah apa nama resmi dari mainan ini, yang jelas kita semua mengenal game yang satu ini dengan nama gimbot air, game watch air, game air atau apalah itu. Permainannya sederhana, kamu hanya perlu memasukkan semua cincin-cincin ke dalam dua atau tiga tongkat yang ada. Tanpa menggunakan baterai, tanpa menggunakan listrik, hanya menggunakan udara yang bisa kamu atur dengan menekan tombol yang tersedia.

Nah ini versi digitalnya..
Nah ini versi digitalnya..

Dewasa ini mungkin cukup susah untuk mencari penjual mainan yang masih menjual mainan “legendaris” ini. Namun bagi kamu yang ingin bernostalgia dengan mainan ini jangan khawatir. Komunitas developer game Jogjakarta atau yang dikenal dengan Gamelan sudah membuat versi digital-nya yang bisa kamu mainkan di smartphone-mu (tanpa menggunakan air tentunya) dengan nama Gimbot Air. Tidak banyak berbeda dengan gimbot air tradisional yang kita temui di masa kecil dulu, dalam game ini kamu akan menemukan beberapa cincin di dalam tanki air lengkap dengan tiga tongkat yang menjadi targetmu. Tugasmu tentu saja, memasukkan semua cincin tersebut ke dalam tongkat dengan menggunakan dua tombol besar yang tersedia untuk mengatur tekanan udaranya.

duniaku-gimbotair-3

Game yang dikembangkan oleh Agate Jogja (ide game dan art), Hinocyber (programming) dan 8ounds (musik) ini juga menawarkan satu mode menarik lain yang dibatasi oleh waktu. Ya, dalam mode ini kamu akan ditantang dengan seberapa banyak cincin yang bisa kamu masukkan dalam limit waktu tertentu. Jika dulu kamu harus “berhati-hati” saat membawa gimbot air untuk ditunjukkan kepada temanmu agar tidak mengubah posisinya, kali ini Gamelan memberikan satu fitur share yang lebih mudah dengan menggunakan media sosial. Menarik bukan? Hehe..

Selain memanfaatkan tekanan air, game ini juga memanfaatkan beberapa sensor yang ada dalam smartphone-mu seperti accelerometer. Ya, selain mengatur tekanan air dengan tombol yang ada kamu juga bebas menggoyag-goyang atau bahkan menjungkirkan smartphone-mu untuk mempermudah cincin masuk ke dalam tongkat. Meskipun sudah dibuat dalam bentuk digital, tetapi penulis mengapresiasi bagaimana developer berhasil menciptakan “nuansa air” yang benar-benar terasa seperti memainkan gimbot air aslinya.

duniaku-gimbotair-4

Sayangnya, ada satu hal yang tidak bisa kamu lakukan dalam Gimbot Air ini, yaitu bermain “curang” denga mengeluarkan semua air yang ada di dalamnya. Tapi setidaknya, kamu tidak perlu takut bocor atau basah saat memainkan Gimbot Air buatan teman-teman dari Jogjakarta ini bukan?

Ingin bernostalgia dengan Gimbot Air digital ini? Game ini sudah tersedia untuk platform Android dan bisa kamu unduh secara gratis di halaman ini.


SHARE
Previous articlePromosi Gadget 10.000an Bikin Vendor Smartphone Untung Besar!!
Next articlePeluncuran HUB.id, Direktori Terpadu Bagi Pelaku Startup Digital Indonesia
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.