Android dan Windows Phone Permalukan iPhone 6 Plus Melalui Uji #bendgate

Ambil hikmahnya, plastik tetap lebih baik dibandingkan aluminium!

Android dan Windows Phone Permalukan iPhone 6 Plus Melalui Uji #bendgate

Android dan Windows Phone Permalukan iPhone 6 Plus Melalui Uji #bendgate

Apple memang sukses dengan mengklaim berhasil menjual iPhone 6 dan iPhone 6 Plus hingga 10 juta unit hanya dalam 3 hari (baca:10 Juta iPhone 6 Terjual Hanya Dalam 3 Hari!), namun mereka juga harus berpikir keras bagaimana agar produksi smartphone iOS 8 tersebut bisa lebih kuat, karena banyak yang melaporkan iPhone terbaru tersebut dengan mudahnya bisa melengkung (baca: Hati-hati Jangan Mengantongi iPhone 6 di Saku Celana Terlalu Lama!).

Tidak lama setelah perilisan awalnya, dan banyaknya laporan sasis iPhone 6 Plus khususnya, yang rentan bengkok ketika mendapat tekanan dengan keras dalam waktu lama (tepatnya di bagian sekitar tombol volume), seperti ketika mengantonginya di dalam saku celana (iPhone 6 sejauh ini tidak mengalami masalah serupa), para netizen langsung menyebut cacat produk tersebut sebagai "bendgate." Mungkin kalian ingat, iPhone 4 juga sempat mengalami cacat produk yang sama (sampai diperbaiki dalam iPhone 4S), yaitu penerimaan sinyal yang buruk ketika digenggam dengan posisi tertentu, dan saat itu dikenal sebagai "antennagate" (juga sama, berhubungan dengan cela pada desainnya).

Android dan Windows Phone Permalukan iPhone 6 Plus Melalui Uji #bendgate

Apple merespon, dan PR-nya sigap memberi sanggahan jika saat itu mereka hanya menerima 9 komplain saja, dan iPhone 6 Plus yang berakhir bengkok tersebut juga suatu kejadian yang langka. Mereka menegaskan jika iPhone 6 dan 6 Plus sudah melalui serangkaian tes ketahanan untuk memastikan gadget tersebut aman digunakan sehari-hari. Dan khusus untuk mereka yang 6 Plus-nya bengkok, Apple menawarkan penggantian, dengan catatan sasis yang bengkok tersebut tidak disengaja.

Ya, penting bagi Apple memberikan catatan tersebut, karena pada kenyataannya, kami yakin ada pulihan iPhone 6 Plus yang begkok, karena juga ada banyak gadgeter iseng (dan juga sepertinya cukup borjuis) yang rela dengan sengaja membengkokkan iPhone 6 Plus, hanya untuk mengetes melalui uji #bendgate, ketahanan 6 Plus tersebut dengan gadget lain yang selevel.

Dan meskipun tidak sengaja, dengan mempertimbangkan kontur build-nya yang dilapisi aluminum, profil yang sangat tipis (lengkapnya, baca: Apple Kembali Mengulang Kebiasaan Lama (di Android) Untuk Sebuah Tren yang Baru), namun dengan permukaan yang lebar, sudah pasti ketika kita juga memasukkan hukum fisika di sana, dimana tekanan yang diberikan pada suatu bidang yang tipis dan lebar akan rentan membuatnya patah. Video uji #bendgate di bawah ini membuktikannya. Dan yang lebih menyedihkan, ada rivalnya yang sebenarnya hanya dibangun dari material plastik yang lebih fleksibel (seperti Galaxy Note 3m Galaxy S5), ternyata bisa lebih tahan dibandingkan aluminium pada iPhone 6 Plus... :(

iPhone 6 Plus Bend Test

[youtube id="znK652H6yQM"]

Bahkan Galaxy Note 3 bisa lolos tes tekukan maut ini, karena banyak menggunakan material plastik yang fleksibel, dengan mudah tubuhnya yang mulai tertekuk bisa kembali ke posisi semula.

Galaxy Note 3 Bend Test

[youtube id="FwM4ypi3at0"]

Hanya HTC M8 yang lapisan terluar layarnya sempat terbuka, namun keseluruhan masih aman. Apalagi Moto X dan Nokia 1020, yang dianggap sangat kuat kostruksinya. Dimensi layar yang lebih kecil juga membantu mereka bisa menahan tekanan fisik.

iPhone 6 Bend Test + HTC One M8, Moto X

[youtube id="IROcoJeVfSI"]

Sayangnya hanya tes singkat, namun Galaxy Note 4 dinilai sangat kuat, bahkan lebih kuat dari Galaxy Note 3.

Samsung Galaxy Note 4 Bend Test

[youtube id="nOE9I0xEBZM"]

Galaxy S5 pun mampu selamat dari deraan tes tekukan ini. Nyaris tidak ada bagian tubuhnya yang melengkung.

Samsung Galaxy S5 Bend Test

[youtube id="ROTcQ6M6tqM"]

LG G3 yang dimensi layarnya juga sama dengan iPhone 6 Plus juga aman.

LG G3 Bend Test

[youtube id="sRFDntaYOkU"]

Dan flagship terakhir Google, yang sebenarnya juga berbasis LG G2 ini pun, selamat dari uji tekukan. Entah apakah Nexus 6 (baca: iPhone 6 Plus Tidak Sendirian, Google Diduga Siapkan Nexus 6 Dengan Ukuran Jumbo) dengan layar 5.9 inchi juga mampu bertahan dengan bidang yang lebih lebar.

Nexus 5 Bend Test

[youtube id="2TJAxzZqmHY"]

Dan video terakhir ini yang paling menghibur, memperlihatkan jika #bandgate ini adalah memang salah satu fitur baru iPhone 6 Plus!

The new Apple iPhone 6 Plus feature "Introducing Bend"

[youtube id="VVO_aleen6E"]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU