Keluarga Asus ZenFone Dapatkan Update Android 4.4 KitKat

ZenFone-4

Lengkap sudah, semua keluarga smartphone Android Asus yang sapai saat ini masih banyak diburu di Indonesia, yaitu ZenFone, telah mendapatkan update Android 4.4.4 KitKat. Yang kami sukai, ZenFone 4 sebagai tipe terendah justru mendapatkannya lebih awal, yaitu 1 Oktober kemarin. Selain versi OS yang meningkat, Android 4.4 KitKat juga menambah beberapa fitur untuk smartphone mungil tersebut, diantaranya Call Guard dan efek filter ketika proses perekaman video.

Saat ini ZenFone 4 batch terbaru yang dipasarkan di Indonesia sudah mengadopsi baterai dengan kapasitas 1600-mAh, yang seharusnya mampu menambah daya tahan baterainya yang sebelumnya sempat dikeluhkan sangat boros. Dan ditambah dengan update KitKat ini, semoga saja ada perbaikan pada manajemen baterai dan para penggunanya bisa menikmati ZenFone 4 lebih lama. Selain dua fitur di atas, juga ada opsi reply Call-in kartu SIM, yang memugkinkan kita untuk otomatis melakukan panggilan ke kontak menggunakan kartu SIM yang tepat (biasanya, berdasarkan intensitas kita meleneleponya, atau terakhir kali kontak tersebut melakukan panggilan ke salah satu SIM tertentu. Kemudian juga ada opsi Dual standby untuk kedua karti SIM tersebut. Selain itu, Asus juga memberikan mode “do not disturb.”

ZenFone-5

Kemudian untuk ZenFone 5 dan ZenFone 6, Asus baru mengudarakannya kemarin. Ada beberapa fitur spesifik wilayah dan SKU tertentu. Namun keseluruhan, dalam update Android 4.4 ini, ZenFone 5 dan 6 bisa menikmati dukungan Miracast yag kebih baik. Protokol itu yang akan digunakan untuk menstreamingkan konten media ke perangkat yang kompatibel, seperti TV atau set-top box. Mengenai streaming, ZenFones kini juga mendukung DLNA, protokol lainnya yang biasa digunakan untuk terkoneksi dengan suatu server media, atau juga konsol game.

Fitur barunya, seperti ZenFone 4, ada mode Do Not Disturb agar kalian bisa otomatis men-silence smartphone ini dalam kondisi tertentu. Dan khusus untuk pengguna di China dan Taiwan (ini kalian dapatkan juga jika memiliki ZenFone dari distributor tidak resmi, selain Asus), mendapatkan fitur baru Call Guard. Kemudian yang memiliku dua slot kartu SIM, kini kedua SIM akan terus aktif, meskipun ada panggilan masuk pada salah satu SIM. Plus, juga ada fitur Reply via Call-in, yang otomatis mengeser SIM yang tepat ketika membalas pesan atau panggilan.

ZenFone-6

Sayangnya, bukan mendorong firmware tersebut secara OTA (over the air), dan mempermudah Citizen mengunduhnya dari ZenFone, kalian justru harus mengunduhnya secara manual melalui tautan berikut ini (ZenFone 4ZenFone 5, ZenFone 6), unduh ke PC, lalu kopikan ke folder root ZenFone, baru masuk ke firmware update di bagian Setting untuk melakukan proses upgrade secara manual.

Asus juga menegaskan agar Citizen mengunduh file update untuk versi yang tepat, karena jika kalian mengunduh untuk SKU yag salah, bisa-bisa ZenFone tersebut tidak mau booting. Menurut keterangan di halaman support mereka, setidaknya harus mencocokkan identitas SKU yang sama, seperti WW->WW, CN->CN, TW->TW, yang bisa kalian cek di bagian informasi software di menu Setting.

Sumber: Asus (ZenFone 4) (ZenFone 5), (ZenFone 6)