Tren Funding Game Melalui Kickstarter Tahun 2014 Menurun

Diprediksi terus turun hingga 50% di akhir tahun nanti. Ada apa?

Tren Funding Game Melalui Kickstarter Tahun 2014 Menurun

Tren Funding Game Melalui Kickstarter Tahun 2014 Menurun

Bagi developer indie, mendapatkan pendanaan dari jalur crowdfunding menjadi salah satu favorit untuk bisa mewujudkan ide mereka. Ada banyak website yang menawarkan sistem pendanaan "patungan" ini, seperti dua yang terbesar tentu saja Kickstarter dan IndieGogo. Namun banyak pengamat memprediksikan, bahwa tren crowdfunding utamanya melalui Kickstarter terus menurun dalam kurun waktu setahun terakhir.

Adalah Thomas Bidaux, analis dari ICO Partners yang mengemukakan hal ini. Dia mengungkapkan, bahwa di tahun 2014 ini jumlah uang yang disalurkan ke Kickstarter dalam rangka crowdfunding menurun lebih dari 50% dibandingkan tahun 2013 lalu. Pendapat ini bukan tanpa alasan, dimana Thomas menggaris bawahi bahwasanya dalam setengah tahun pertama 2014 saja, jumlah pendanaan yang disalurkan hanya US $13.5 juta. Bandingkan dengan 2013 lalu, dimana ada lebih dari US $58 juta dalam setahun yang disalurkan kepada developer melalui Kickstarter

Memang masih ada tiga bulan tersisa di tahun 2014 ini. Namun Thomas memprediksikan tidak mungkin untuk melebihi pencapaian tahun 2013 lalu. Secara kasar, diprediksikan akhir tahun 2014 ini jumlahnya hanya akan berlipat dua saja menjadi US $27 juta. Ada banyak alasan yang membuat nominal crowdfunding ini menurun dari tahun sebelumnya. Yang pertama adalah tahun ini baru ada tiga proyek saja yang mendapatkan pendanaan lebih dari US $500.000 yaitu Kingdom Come: Deliverance, Amplitude dan Unsung Story. Bandingkan dengan tahun lalu, dimana total ada 21 judul yang berhasil melebihi angka tersebut, seperti Mighty No.9, Torment: Tides of Numenera dan Dreamfall Chapters.

Tren Funding Game Melalui Kickstarter Tahun 2014 Menurun Unsung Story, berhasil mendapatkan pendanaan US $660.126 tahun ini[/caption]

Jumlah proyek yang berhasil didanai melebihi US $500.000 ini juga berbanding lurus dengan jumlah proyek yang berhasil mencapai target pendanaan di Kickstarter yang juga menurun. Tahun 2013 lalu ada 446 proyek game yang berhasil mencapai target pendanaan, sedangkan tahun ini dengan masih tiga bulan tersisa baru ada 350 game yang berhasil. Selain jumlah game berhasil yang semakin sedikit di Kickstarter, Thomas juga menyebutkan Steam Early Access sebagai "biang keladi" atas penurunan angka crowdfunding ini di Kickstarter. Dia mengungkapkan, banyak developer yang lebih memilih dan menyukai sistem dari Early Access karena mereka tidak terpaku dengan kampanye menggalang dana selama satu bulan penuh seperti di Kickstarter maupun website crowdfunding lainnya.

Bagaimana menurutmu? Apakah tahun depan tren crowdfunding akan terus menurun dibandingkan tahun ini? Share pendapat di kolom komentar ya!

[Sumber: CVG/VG247]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU