Komikus DC Comics, Ardian Syaf Bikin Kode di Earth 2 : World’s End #1

Earth 2 Worlds End (2)

Ardian Syaf, komikus asal Desa Tenggur, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur hadir kembali menampilkan karya-karyanya bersama lini DC Comics. Dan salah satu karyanya sebagai penciler di Earth 2 : World’s End #1 akan segera terbit. Tentunya jika kamu fans Ardian Syaf, salah satu yang ditunggu dari karya-karyanya adalah subliminal message (pesan tersembunyi) yang sesekali diletakkan di tengah-tengah gambarnya. Contohnya adalah Monas di Gotham, “kepulauan Indonesia” di Green Lantern, ataupun truk Pertamina yang terbakar.

ardian syaf

Subliminal message ini kembali hadir di Earth 2 : World’s End #1. Komik yang kemungkinan mengisahkan kejadian hancurnya Earth 2 yang membuat Huntress (Robin Earth 2) dan Power Girl (Super Girl Earth 2) terlempar ke Prime Earth. Pesan tersembunyi ini dapat citizen lihat pada sketsa berikut ini.

Earth 2 Worlds End (1)

Apa citizen menyadari sesuatu yang “menarik”? Mungkin akan lebih jelas pada preview halaman final seperti pada gambar berikut.

Earth 2 Worlds End (3)

Pada fans page-nya, Ardian Syaf memberi petunjuk adanya unsur nusantara di halaman ini. Apakah kira-kira citizen bisa menemukannya? Jika kamu penasaran, kamu bisa lanjut membaca artikel ini.

Trivia:

– Unsur nusantara terdapat pada panel ke-8 (pojok kanan bawah). Di panel ini, kamu bisa melihat dengan jelas, antara lain:

  • Garuda Pancasila di dalam lemari kaca
  • Topeng yang sepertinya berasal dari Suku Dayak

Earth 2 Worlds End (4)

  • Bayangan patung, diduga bayangan patung ini adalah… Caroq! Caroq sendiri adalah salah satu komik Indonesia yang pernah dikerjakan oleh Ardian Syaf.

CAROQ_is_back_by_ardian_syaf

– Ada perbedaan antara sketsa dan pewarnaan final yaitu pada panel ke-6. Tapi setidaknya subliminal message nya tetap dapat terlihat. Karena beberapa subliminal message bisa jadi gagal muncul di pewarnaan final.

Earth 2 : World’s End #1

Penulis

Daniel H. Wilson, Marguerite Bennett, Mike Johnson

Gambar

Ardian Syaf, Sandra Hope, Danny Miki, Jorge Jimenez ,Eddy Barrows , Eber Ferreira , Paolo Siqueira , Cam Smith , Scott McDaniel

Pewarnaan

Dezi Sienty

Teks huruf

John Kalisz, Allen Passalaqua, Jason Wright

Cover

Ardian Syaf, Jaime Mendoza, Tomeu Morey, Yanick Paquette , Nathan Faibairn

Publisher

DC Comics

Tanggal Terbit

Rabu, 8 Oktober 2014

sumber : Comic Book Resources


SHARE
Previous articleAtlantica Online Update Lv 170: Lahirnya Kekuatan Baru!
Next articleSinister Six, Spider-Man Bakalan di-Reboot (Lagi?!)
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.