Inilah Pengaruh Website Yang Ngebut Dalam E-Commerce

Penampilan atau performa suatu website, khususnya untuk e-commerce memang harus diakui  memiliki pengaruh yang signifikan. Website yang memiliki performa baik, terutama dalam kecepatan akan sangat menguntungkan pelaku e-commerce. Kecepatan suatu website selalu berjalan linier dengan performa penjualan. Nah, itulah mengapa speed suatu website menjadi sangat penting.

Namun, menurut Juli Chandra, Solution Development Manager PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin), sebelum berbicara soal meningkatkan performa website, yang harus dilakukan penjual online atau e-commerce adalah memiliki barang atau jasa yang unik dan bagus. Karena yang memicu pembeli pertama kali datang mengunjungi website adalah produknya.

Ada dua hal penting di e-commerce yang harus dioptimalkan untuk penjualan, yaitu produknya dan websitenya. Produk bisa berupa barang ataupun jasa dan harus memiliki keunikan serta harga yang kompetitif. Dengan produk yang baik dan aman, tentu menjadi jaminan datangnya customer dan bisa dikonversi menjadi penjualan.

airbnb

Setelah memiliki produk yang bagus, e-commerce bisa mengalihkan fokusnya untuk mengoptimalkan performa websitenya. Yup, e-commerce yang ideal adalah yang produknya bagus, update, dan cepat dalam mengakses websitenya. Ingat, dua hal ini (speed website dan produk) adalah sesuatu yang saling berkaitan. Sehingga kita tidak bisa hanya bicara kecepatan, tetapi juga produk yang baik.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa sebuah website harusnya dapat diakses setidaknya dalam 4 detik pertama, selanjutnya, untuk setiap 1 detik yang bertambah akan mengurangi pengunjung sebanyak 20%

Untuk masalah website, kita perlu untuk melihat trend website ke depan. Paling tidak one page load suatu website yang cepat tidak boleh mengesampingkan tampilan dan desain website. Misalnya saja untuk masalah gambar, dianjurkan untuk memakai gambar dengan ukuran minimal 2-2.5 MB. Sudah tidak zamannya lagi hanya menggunakan gambar dengan ukuran hanya sebesar 50kb atau 500kb.

banner

Salah satu contoh yang bisa kita ambil adalah Ikhram.com website yang mengklaim sebagai online marketplace paket umroh yang pertama di Indonesia. Yang websitenya dilengkapi dengan elemen e-commerce , seperti tombol pesan sekarang, fitur atau menu yang fleksibel, efek transisi image dan sliding juga menarik. Website tersebut menurut pengetesan kecepatan google responnya sudah dibawah 2 detik

Intinya adalah, bentuk inovasi yang perlu ditawarkan juga harus berevolusi, jika dulunya customer mau menunggu saat website di load, dalam waktu tidak terlalu lama akan ada jenis kastemer baru yang tidak mau menunggu terlalu lama. Yuk berveolusi supaya tidak tergilas jaman.


SHARE
Previous articleTips LINE Let’s Get Rich Yang Bikin Kamu Selalu Menang
Next articleMainin Game Ini Jadi Ingat Hobi Koleksi Kartu Basket Dari Tahun 90-an