Square Enix Mulai Menghitung Dengan Benar, Kini Dragon Quest II Dirilis Untuk Mobile

Nostalgia game RPG retro...

Square Enix Mulai Menghitung Dengan Benar, Kini Dragon Quest II Dirilis Untuk Mobile

Square Enix Mulai Menghitung Dengan Benar, Kini Dragon Quest II Dirilis Untuk Mobile

Kami memang sering menyindir Square Enix karena mereka justru lebih sering memberikan remake game klasiknya. Namun ketika yang diremake adalah salah satu serial RPG klasik yang dianggap menjadi pelopor genre tersebut, kita pun tidak kuasa menolaknya. Pertama mulai Mei lalu dengan merilis versi translasi Dragon Quest VIII, yang kemudian disusul dengan Dragon Quest IV hadir untuk iOS dan Android. Kemudian pertengahan September 2014 mereka menawarkan seri pertama dari RPG tertua di Jepang tersebut, yaitu Dragon Quest (baca: Kesempatan Ketiga Bagi Yang Belum Puas Membelah Slime Melalui Smartphone), dan kini gantian seri keduanya hadir.

Square Enix Mulai Menghitung Dengan Benar, Kini Dragon Quest II Dirilis Untuk Mobile

Setelah pertama, kini yang kedua. Sepertinya Square Enix mulai bisa menghitung dengan benar kali ini, dan memberi kemudian kita memainkan masterpiece kedua Dragon Quest tidak perlu melalui emulator. Game dengan judul lengkap Dragon Quest II: Luminaries of the Legendary Line ini awalnya dirilis untuk konsol 8-bit Nintendo Entertainment System (NES) akhir Januari 1987 silam, dan sangat sukses di Jepang. Tercatat penjualannya mencapai 2,4 juta unit.

Enix yang saat itu sebagai publishernya pun meremake game ini ke berbagai platform. Mulai MSX dan MSX2 pada tahun 1988, Super Famicom pada tahun 1993, Game Boy / Game Boy Color pada tahun 1999, ponsel pada tahun 2005, masuk ke Virtual Console-nya Wii pada 2011 lalu, dan akhirnya kita dapatkan di platform mobile melalui Android dan iOS, dengan pertama kali hadir versi Jepangnya pada 26 Juni lalu, dan versi translasinya kemarin dibuka aksesnya di pasar digital.

Square Enix Mulai Menghitung Dengan Benar, Kini Dragon Quest II Dirilis Untuk Mobile

Seperti remake Dragon Quest mereka lainnya, untuk versi Android dan iOS ini kalian mendapatkan revisi grafis, serta gameplay yang memungkinkan pengendalikan dengan satu tangan saja. Dibandingkan prekuelnya, seri kedua ini memungkinkan kalian mengendalikan bukan sekadar satu karakter yang memiliki karakteristik berbeda. Kalian bisa mengendalikan setiap individu, bukan sekadar sang hero, dan kemudian mekanis itu digunakan terus untuk seri-seri barunya. Selain itu, kalian juga bisa bertarung dengan banyak musuh sekaligus, atau menggunakan kendaraan yang membantu karakter selama berjalan di atas world map-nya yang luas.

Ceritanya masih mengambil universe yang sama seperti Dragon Quest pertama, tidak seperti Final Fantasy yang selalu berbeda (kecuali Fabula Nova Crystallis yang memang memiliki satu universe) series, namun event dimulai 100 tahun kemudian. Bahkan map dari game prekuelnya pun juga eksis dalam game ini. Kalian yang menyukai gaya art Akira Toriyama, juga masih bisa merasakan desainnya aslinya di sini, seperti semua Dragon Quest yang selalu ditangani olehnya. 

Berbeda dengan remake Final Fantasy untuk mobile yang harganya selangit, Square Enix tidak mematok harga yang tinggi. Kalian bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 57,272 di Android, dan sedikit mahal di iOS, yaitu Rp. 59 ribu.

  • Dapatkan Dragon Quest II versi iOS melalui Apple App Store. Membutuhkan iOS minimal versi 4.3 dan jatah storage setidaknya 45.1 MB.
  • Dapatkan Dragon Quest II versi Android melalui Google Play Store. Membutuhkan Android minimal versi 2.3.3 dan jatah storage setidaknya 43 MB.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU