Bahkan Google Pun Ikut-ikutan Punya Fitur ala Galaxy Note 4

Galaxy-Note-4-3

Samsung mengenalkan fitur Multi-window melalui phablet keduanya, Galaxy Note II (baca: Galaxy NoteII), yang kemudian ditransfer ke smartphone mereka lainnya. Dan opsi multi-tasking tersebut juga kembali menjadi salah satu keunggulan fitur antar muka dalam Galaxy Note 4, yang bisa kalian lihat penerapannya melalui video di bawah ini. Inovasi Samsung tersebut akhirnya juga ditiru oleh vendor lainnya, seperti LG dengan aplikasi QSlide (atau Dual window, untuk yang lebih mirip dengan Samsung), Small Apps dalam keluarga Xperia terbaru, dan bahkan juga Google pun belakangan diketahui bereksperimen akan memasukkan fitur semacam multi-window ini ke OS Android mereka.

GALAXY Note 4 – Seamless Multitasking Feature Roundup

Bahkan Google Pun Ikut-ikutan Punya Fitur ala Galaxy Note 4

Samsung menjadi pencetus multi-window... dan makin keren dalam Galaxy Note 4!

Abaikan

Di atas merupakan penerapan multi-windownya Samsung pada Galaxy Note 4. Ada beberapa perbedaan dibandingkan multi-window yang diterapkan Samsung pada Galaxy Note 3 (baca: Galaxy Note 3). Seperti, kini kalian bisa mengakses langsung aplikasi yang ingin di-multi-windowkan melalui tombol Recent Task (tombol softkey kiri), bukanya menahan tombol Back (softkey kanan) seperti sebelumnya. Selain itu, sepertinya ada lebih banyak aplikasi yang bisa dijalankan bersamaan.

Google-Nexus-Multi-window

Samsung juga mengenalkan opsi multi-tasking lainnya, mirip seperti QSlide dan Small App, melalui fitur yang disebut Pop-up Screen untuk Galaxy Note 4. Dengan fitur ini, kalian bebas me-resize atau mengecilkan ukuran window suatu aplikasi, dan kemudian mengakses aplikasi lainnya dengan tampilan pop-up yang sama, serta bebas menarik, bahkan men-drag-and-drop content yang saling mendukung untuk dikopikan atau di-share antara keduanya. Kedua fitur tersebut tentunya akan mendukug produktifitas pengguna Galaxy Note 4, dan mampu memaksimalkan ruang layarnya yang memang sangat lebar.

Google-Nexus-Multi-window-2

Dan kini, bicara Google, sebenarnya sudah tercium sejak awal tahun ini jika mereka ingin fitur yang sama tersedia secara default di OS Android dan diterapkan untuk smartphone dan tablet, bukan sekadar multi-tasking melalui Recent Task yang bisa kalian akses dengan menekan tombol yang bersangkutan. Belum ada pengumuman resmi dari Google, namun bisa jadi mereka akan memasukkannya ke dalam Android 5.0 Lollipop nantinya.

Google-Nexus-Multi-window-1

Multi-window yang dikabarkan sedang digodok Google ini sesuai namanya, bisa menjalankan dua aplikasi bersamaan. Kalian juga bisa men-drag-and-drop antara keduanya. Kalian juga bisa membuka memilih aplikasi yang ingin di-multi-windowkan, dan cukup menyapukan jari entah ke sisi kiri atau kanan (untuk tablet) atau atas dan bawah (untuk smartphone) untuk menempatkan aplikasi tersebut ke sebagian layar, sementara aplikasi yang sebelumnya tetap berada di setengah layar lainnya, atau di sini adalah tampilan menu Recent Task / Apps.

LG-QSlide

Aplikasi yang menampilkan menu Recent Task tersebut akan tetap dan bekerja seperti biasanya, dan kalian bisa kembali menyapukan jari untuk menempatkan aplikasi lainnya ke sebagian layar. Juga ada indikasi, jika dua aplikasi yang dijalankan bersamaan tersebut, jendelanya juga bisa diperkecil ukurannya, sehingga memperlihatkan tampilan ala Pop-up Screen seperti Galaxy Note 4 di atas, atau tipikal aplikasi QSlide-nya interface LG.

Jika Google benar-benar akan menerapkan multi-window tersebut, maka sekali lagi Samsung berjasa karena sudah memberi ide brilian pada banyak vendor untuk memanfaatkan dimensi layar yang lebar, dan mempermudah pengguna mengoperasikan gadget dengan ukuran jumbo.

Sumber: Android Internal, Android Police


SHARE
Previous articleKuasai Dunia Semudah Memainkan Jari Tangan Melalui Age of Civilizations
Next articleTimor Timor Mau Balik Ke Indonesia, Yakin?!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.