Gamer PC Kecewa, Square Enix Dianggap Gak Niat Porting FF XIII ke PC

Lightning - Final Fantasy XIII PC

Square Enix sempat membawa “angin surga” bagi para penggemar PC selama berlangsungnya TGS 2014 lalu. Pada saat itu, mereka mengkonfirmasikan bahwa trilogi Lightning dalam Final Fantasy (FF) XIII akan segera mereka rilis untuk PC melalui platform Steam (baca: Resmi! Trilogi Final Fantasy XIII akan Hadir di PC). Meskipun baru game pertamanya saja alias FF XIII yang mendapatkan konfirmasi jadwal rilis 9 Oktober, namun berita ini dianggap dengan suka cita oleh para penggemar FF, utamanya yang setia menggunakan PC sebagai platform bermain game mereka.

Namun kenyataan tidak semanis dengan janji yang dilontarkan Square Enix. Bukan karena Square Enix batal merilis game ini di PC, namun banyak gamer PC yang kecewa dengan bagaimana Square Enix melakukan porting game ini. Square Enix dianggap setengah hati melakukan porting ini, dengan ditunjukkan banyaknya isu yang melanda versi PC dari game ini. Sebagai informasi, untuk memainkan versi PC ini, setidaknya kamu harus memiliki 60GB space hardisk tersisa di PC-mu. Kenapa membutuhkan space yang begitu besar? Salah satu alasannya karena banyaknya cutscene yang ada dalam game ini.

Final Fantasy XIII PC

Bukan isu ukuran download yang terlalu besar yang membuat penggemar kecewa, melainkan isu-isu lain yang ada dalam game ini. Salah satunya, Square Enix ternyata mengunci resolusi dari game ini hanya di angka 720p saja. Bukan hanya itu, tidak adanya opsi setting video dalam game, opsi audio, hingga tombol ESC yang ternyata membuat langsung keluar dari game menjadi mayoritas keluhan para gamer yang sudah memainkannya. Bayangkan saja, untuk game sekelas FF XIII, ada lebih dari 500 review negatif yang muncul, atau hampir separuh dari review yang masuk hingga artikel ini ditulis. Berikut ini adalah beberapa komentar negatif mereka.

1

2

3

4

5

Bahkan saking kecewanya, salah satu gamer PC membuat sebuah petisi kepada Square Enix untuk memberikan opsi grafis kepada FF XIII di update atau patch selanjutnya.

6

FF XIII sendiri bisa kamu dapatkan di Steam dengan banderol harga Rp 150.000. Bagaimana menurut Citizen? Apakah Citizen juga termasuk salah satu gamer PC yang kecewa dengan kualitas FF XIII PC ini?

[Sumber: Steam]


SHARE
Previous articleCosplayer Dituduh Bikin Negara Bangkrut dan Tidak Paham Realita Hidup
Next articleNaruto Tamat. Apakah Karya Karya Ini Menjadi Idola Baru ?
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.