Ini Sebabnya TV Online Bakal Kiamat di Indonesia

online tv

Beberapa tahun belakangan ini mulai tumbuh website yang menawarkan streaming TV lokal nasional melalui internet. Layanan tersebut muncul karena internet di Indonesia mulai memadai. Awalnya hanya ada 1 website penyedia TV online yang serius di Indonesia, sekarang tidak kurang dari 5 website berlomba untuk menyediakan channel TV yang paling beragam.

Nah, karena tidak perlu membuat acara televisi sendiri, bisa jadi penyedia layanannya meraup untung besar. Hal tersebut bisa dilihat dengan laman website tersebut yang dipenuhi iklan dimana mana. Di website yang menjadi pioneer penyedia layanan tersebut, tidak kurang dari 1 juta orang menggunakan layanannya tiap bulan. Diperkirakan tidak kurang dari 200 juta pendapatan bisa diraih sebulannya.

Seperti banyak bisnis internet lainnya, aturan main layanan seperti ini tidak begitu jelas. Mungkin karena masih menayangkan iklan, stasiun televisi nasional masih tidak keberatan. Hal tersebut bakalan berubah di masa mendatang. Jika melihat kondisi di negara lain yang sudah maju seperti di Amerika, dulunya juga banyak penyedia tv streaming illegal. Namun beberapa tahun belakangan ini sudah hampir tidak ada lagi yang menyediakan layanan serupa.

Pemicu berhentinya layanan tersebut tentunya gugatan dari jaringan TV kepada penyedia layanan tv streaming online. Kasus terbaru adalah Aero yang digugat oleh FOX Corporation karena menyiarkan konten jaringan tersebut tanpa ijin. Tidak aneh kalau nantinya, website penyedia layanan online di Indonesia akan digugat oleh stasiun televisi nasional jika dirasa merugikan kepentingan mereka.

Tanpa gugatan dari stasiun televisi nasional pun, tahun 2017 teknologi televisi digital bakal mempersulit website tv online untuk melakukan restreaming konten secara online. Kalau sekarang website tv online tinggal menyadap siaran analog yang tidak tersandi, nantinya stasiun televisi bisa menerapkan teknologi persandian untuk mengamankan penyiarannya.

Jadi, kapan ya siaran online seperti netflix bisa diakses di Indonesia ? Neftlix dan Hulu sini dong !!

 


SHARE
Previous articleHTC One M8 Belum Juga Eksis Setahun, Sudah Mendapatkan Upgrade!
Next articleDiskon Humble Bundle Gak Main-main! Game 300 Ribu Jadi Cuma 40 Ribuan!