Kuasai Dunia Semudah Memainkan Jari Tangan Melalui Age of Civilizations

Age-of-Civilizations-1

Bagi kalian penggemar game board strategi klasik Risk (yang sejauh ini versi mobilenya hanya eksis di iOS), bisa menemukan alternatif selain game digitalnya yang sangat terbatas, melalui sebuah game baru untuk Android yang dirilis kemarin melalui Google Play, yaitu Age of Civilizations. Dalam game ini kalian bermain sebagai pemimpin negara, dengan tujuan utama adalah untuk mengambil alih dunia menggunakan kekuatan militer.

Akan tetapi sebelum menyebarkan pasukanmu untuk menginvasi wilayah lain, civilization atau negara lain juga menunggu untuk menyerang negara kekuasaanmu. Dan jika kalian tidak bisa mempertahankan ibukota selama lebih dari 3 turn, maka kalian akan kehilangan semuanya kepada mereka yang menginvasi.

Age-of-Civilizations-2

Meskipun game semacam ini sepertinya terlihat kompleks, namun ada banyak pemain yang menikmati memaikan aspek real-time strategy dari game seperti Risk, sehingga wajar jika game mobile ini muncul untuk memberi pilihan. Dan jangan harap menemukan grafis yang 3D yang detail untuk menggambarkan suasana pertarungan antar pasukan, karena semuanya murni adu strategi dan pikiran untuk merencanakan gerakan selanjutnya yang paling tepat untuk bertahan dan menyerang musuh.

Mekanisnya juga sama seperti tipikal game Risk. Sebelum setiap rounc, kalian memberikan perintah, bergantung pada Movement Points yang kalian miliki untuk round tersebut. Pasukan kemudian mengeksekusi perintah kalian sebagai peminpin, dan di awal setiap round, urutan gilirannya dibuat random.

Age-of-Civilizations-3

Ada dua jenis map di sini yang bisa kalian mainkan. Ada Earth dengan 324 province, dan Kepler-22b, dengan 404 province. Perintah Normal yang bisa kalian ajukan untuk para pasukan, seperti move, recruit, build, disband dan annex, sedangkan perintah Diplomacy berkisar seperti membuat aliansi, perjanjian, mendeklarasikan perdamaian atau perang atas sebuah negara. Untuk membiayai perang ini, kalian mendapatkan uang dari proses seperti menarik pajak, dan bergantung pada populasi yang dimiliki civilization, dan pekerjaan apa yang mereka lakukan.

Age of Civilizations sudah tersedia di Android, dan kalian bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 23,999 tanpa in-app purchase.

  • Dapatkan Age of Civilizations versi Android melalui Google Play Store. Membutuhkan Android minimal versi 2.3 dan jatah storage 18 MB.

SHARE
Previous articleMainin Game Ini Jadi Ingat Hobi Koleksi Kartu Basket Dari Tahun 90-an
Next articleBahkan Google Pun Ikut-ikutan Punya Fitur ala Galaxy Note 4
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.