Ini Alasan Gamer Mudah Membangun Bisnis Sukses

Hey Gamer, buat kamu yang mulai berpikir masa depan. Selain bekerja mapan di perusahaan besar, membangun bisnis juga jadi salah satu pilihan yang tidak bisa dikesampingkan. Ditambah lagi sekarang juga sudah cukup banyak bisnis dengan pendapatan besar di bidang game.

Percayakah kamu kalau orang yang berlatar belakang gamer lebih berpotensi sukses dalam membangun bisnis ? Apa sih hubungannya main game dengan kesuksesan membangun bisnis ? Perbedaan apa sih antara gamer dan non gamer saat membangun bisnis nantinya ? yuk baca artikel ini sampai selesai.

Inilah 10 Alasan Kenapa Gamer Lebih Mudah Membangun Bisnis Sukses


1

Gamer Biasa Kerja Keras


kerja keras

Bikin bisnis identik dengan kerja keras tanpa henti, sabtu minggu bahkan hari besar pun tetap kerja kalau lagi on fire. Berbeda dengan orang “kebanyakan” yang hanya bisa kerja jam 8 sampai jam 5, gamer bisa didepan PC hampir 24 jam. Memang sih gamer di depan PC untuk bermain game dan bukan bekerja, tapi setidaknya dengan motivasi yang tepat, gamer bakalan bisa mudah mengubah kebiasaan itu.

Untuk kamu gamer yang sudah pernah kerja kantoran, pasti gak jauh beda kok…walaupun sudah penat seharian di kantor, masih bisa aja lanjut semalam suntuk untuk main game. Hebatnya lagi besoknya di kantor masih bisa kok mikir kerjaan

Yang perlu dilakukan hanya memberikan dirimu motivasi yang tepat, sehingga mengubah kebiasaan main game jadi hal yang lebih produktif untuk bisnis kamu.


2

Konsistensi Ada Di Dalam Diri Setiap Gamer


konsistensi dan bisnis sukses

Kalau ada yang pernah lihat gamer lagi serius grinding pasti ngerti apa yang dimaksud dengan konsistensi. Pada saat gamer lagi grinding dia seperti jadi mesin, bisa hapal momon yang bakal spawn, harus sweeping dari mana bahkan ngerti gimana caranya dapat loot paling banyak. Keahlian ini gak bisa didapatkan sehari dua hari bro…hanya konsistensi dan determinasi yang bisa menjadikan gamer sehebat ini.

Contoh sederhana bisa kita lihat pada game MMO, untuk jadi top player, pemain MMO bisa menghabiskan sampai 3.000 jam di dalam game. Padahal normalnya suatu startup yang sukses “hanya” membutuhkan 10.000 jam pengorbanan, tinggal kerja keras 3 kali lebih lama kan ?.

Karena terbiasa konsisten, tentu gamer bisa jadi sangat ahli dalam membangun bisnis. Asal diberikan waktu yang cukup, bukan tidak mungkin gamer jadi sangat ahli di bisnis apapun. Konsistensi ini penting pada saat bisnis mengalami perubahan kondisi, mungkin kebiasaan inilah yang mengingatkan untuk tetap konsisten maju berbisnis.


3

Gamer Tidak Berasumsi, They Act and Adapt


adaptasi dan bisnis sukses

Salah satu syarat suksesnya sebuah bisnis bukan pada bagusnya asumsi yang dibuat tapi lebih pada seberapa banyak tindakan dan koreksi yang dilakukan. Di wilayah inilah gamer sangat ahli….ribuan jam mengasah diri dengan bermain game mengajarkan kamu untuk bertindak cepat dan segera evaluasi hasilnya.

Selain bertindak cepat, gamer biasanya juga cepat belajar dari kesalahan. Kemampuan adaptasi tersebut tentu akan menjadi nilai tambah luar biasa dalam membangun sebuah bisnis. Yang perlu dipastikan adalah kamu perlu menemukan cara mendapat feedback benar dari langkah apa yang dilakukan.


4

Kerja Tim Itu Makanan Sehari Hari Gamer


kerja tim dan bisnis sukses

Kemampuan bekerja dalam tim merupakan salah satu prasyarat suksesnya suatu bisnis. Sayangnya pendidikan kita biasanya tidak mengajarkan bagaimana kerja tim yang baik. Di kampus kita hanya diajarkan membagi beban kerja sama rata sama rasa. Padahal inti dari kerjasama adalah kolaborasi, dimana kita menonjolkan keunggulan dan menutupi kelemahan satu sama lain.

Di dalam game online (khususnya RPG), kerja tim merupakan salah satu hal yang pasti. Dari awal pun kita dipaksa memilih suatu class yang unggul dalam suatu hal namun lemah dalam hal yang lain. Dengan dipaksa menyadari bahwa kita memiliki batasan maka kita biasanya akan membuat suatu tim saat menjelajah dunia. Kesadaran ini yang nantinya sangat diperlukan dalam membangun sebuah bisnis yang sukses.


5

Gamer Biasanya Adalah Orang Yang Jujur


jujur

Kamu pasti gak sadar kalau biasanya gamer itu orangnya jujur dan terbuka. Kebiasaan bicara jujur muncul dari keekspresifan dalam ruang chat di dalam game. Ucapan vulgar seperti nge*e atau ngen*ot adalah hal sehari hari yang ditemui jika melihat gamer lagi chatting.

Justru karena hal itulah gamer biasanya jujur dan ngomong jujur apa adanya di dalam perusahaan bisnis. Dengan ini kamu sudah memenuhi satu persyaratan punya startup yang langgeng yaitu keterbukaan.


6

Gamer Sangat Bisa Diandalkan


bisa diandalkan

Kalau kamu kira gamer gak bisa diandalkan, itu salah besar !!. Mayoritas gamer itu proaktif dan berusaha jadi yang solusi kalau lagi ada sesuatu yang salah. Mindset ini terbentuk karena di dalam game tidak ada penghargaan untuk yang ketinggalan.

Walaupun kadang gamer tidak memiliki kemampuan teknis untuk menjawab segala sesuatu, dia pasti menjadi orang yang mengeluarkan effort yang paling besar. Pastinya dengan usaha yang cukup tidak ada hal yang tidak mungkin bisa dicapai oleh gamer. Kebayang kan gimana cerahnya masa depan bisnis kamu punya kemampuan ini ?


7

Tantangan Adalah Candu Bagi Gamer


tantangan

Pernahkah kamu mengetahui kata bijak ini “When Life Got Harder You’ve Just Leveled Up” ? Itu adalah mindset yang tertanam dalam setiap gamer. Gamer percaya saat tantangan semakin sulit, dia sebenarnya sudah naik level.

Seperti halnya naik level di game, tantangan hidup sebenarnya juga semakin berat. Kalau waktu kuliah kita hanya perlu mengurus diri sendiri, nanti saat lulus seakan kamu sedang memikul beban dunia.

Kultur kompetisi di dunia gamer juga merupakan lingkungan yang keras, sedikit saja kita berhenti berevolusi, kompetitor akan jauh meninggalkan kita. Bayangkan kamu yang begitu kompetitif membangun bisnis, pasti tantangan apapun saja bisa dihadapi!!


8

Gamer Itu Anti Status Quo


anti status quo

Gamer pasti memiliki mindset untuk berani mencoba yang hal baru. Berbeda dengan orang kebanyakan yang seringkali takut dengan resiko, pemain game melihat resiko sebagai syarat utama dari kesuksesan.

Mindset ciamik ini tentu tidak lepas dari kebiasaan pemain game mengambil resiko untuk sebuah keputusan didalam game. Gamer tentunya sangat anti dengan comfort zone dan selalu berusaha untuk mempertanyakan status quo. Seseorang yang berani mempertanyakan status quo pasti sangat nyaman dengan keputusan baru kan ?

Saat kamu memutuskan membuat bisnis, bukankah kalian harus siap dengan segala perubahan  ? Itulah kenapa karakter gamer sangat cocok untuk membangun bisnis yang serba kompetitif.


9

Mayoritas Gamer Itu Smart Loh


status quo

Jangan dikira main game itu bikin bego. Game merupakan salah satu cara paling smart untuk jadikan pemainnya tahu tentang segala sesuatu. Saking hebatnya, dalam banyak kasus pengetahuan yang didapatkan dari game jauh lebih hebat dari yang didapatkan dari bangku sekolahan. Saya sendiri merasa bahwa game mengajarkan kemampuan berbahasa asing lebih baik dari kursus terbaik sekalipun.

Karena terpapar media digital sejak lama, biasanya gamer terbiasa membaca website ilmu pengetahuan seperti wikipedia dan quora sebagai menu sehari hari. Tidak diragukan lagi dengan kebiasaan baik ini kamu bakalan jadi role model yang baik buat bisnis yang dibangun.


10

Gamer Tidak Takut Salah


tidak berbuat salah

Pernah dengar kan istilah bahwa kesalahan terbesar bukanlah salah bertindak tapi tidak bertindak sama sekali. Sayangnya walaupun banyak yang pernah mendengar ungkapan tersebut, tidak banyak yang benar benar memahami artinya.

Banyak yang masih menganggap bahwa kesalahan adalah hal yang buruk, bahkan di dalam pendidikan, kita selalu diajari bahwa jika mendapatkan nilai buruk maka harus dihukum.

Tanpa disadari juga hal ini terbawa sampai kita di dunia kerja, banyak dari kita yang takut berbuat karena takut salah. Parahnya lagi biasanya setiap organisasi selalu menghukum karyawan yang berbuat salah. Mungkin inilah yang menjadikan mayoritas orang takut berbuat.

Untungnya, gamer cenderung tidak takut berbuat salah, karena di dalam game kita diajarkan bahwa selalu ada kesempatan lain. Tentu saja, biasanya gamer cenderung sigap beradaptasi dan tidak berbuat kesalahan yang sama di kemudian hari. Sikap inilah yang jadi prasyarat utama sebuah bisnis agar menjadi sukses.


Tentunya saja selain memanfaatkan potensi tersembunyi ini, kamu tetap harus bekerja keras, mau belajar dan terus berdoa dalam membangun bisnis nantinya. Share artikel ini ke semua gamer yang kamu temui ya, agar nantinya semua bisa membangun bisnis yang sukses.